213 Orang Terobati

213 Orang Terobati

(UKWMS-16/4/2016) Masyarakat yang tinggal di sekitar Dinoyo berbondong-bondong menuju kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Dinoyo pada Hari Minggu, 3 April 2016. Mereka terlihat antusias dan semangat menghadiri kegiatan pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi. Di sela-sela menunggu antrian menuju ruangan dokter,  mereka diajak untuk mengikuti senam sehat. Meski beberapa sudah memasuki usia lanjut namun mereka tidak hanya berdiam, banyak yang ikut melakukan gerakan. Jika tak kuat berdiri mereka sempatkan melakukan gerakan sambil duduk nyaman di atas kursi.

Adalah Theodora Paskartini, ketua pelaksana kegiatan yang memaparkan bahwa kegiatan ini seharusnya dilaksanakan di Sukolilo. “Daerah tersebut merupakan wilayah binaan kampus UKWMS yang berada di Pakuwon City, tempat Fakultas Farmasi berada. Namun dengan adanya kegiatan lain di waktu yang bersamaan, yang bisa diikuti masyarakat di sana maka lokasi kegiatan lainnya jadi dipindah ke wilayah Dinoyo. Dengan demikian, malah menolong lebih banyak orang,” ungkapnya. Jumlah masyarakat yang ikut pengobatan gratis di Kampus UKWMS Dinoyo tercatat sebanyak 213 orang. “Kegiatannya bagus sekali, sangat membantu kami. Semoga kegiatannya bisa diadakan terus” kata Ibu Darna selaku salah seorang pasien yang hadir.

Tujuan utama kegiatan ini adalah mengaplikasikan nilai-nilai kefarmasian dan membantu masyarakat yang kurang mampu. Permasalahan yang ada dimasyarakat adalah kurang memprioritaskan kesehatan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Theodora juga berpesan, “bagi rekan-rekan pelajar, sebagai mahasiswa Fakultas Farmasi dengan nilai PeKA (Peduli, Komit dan Antusias) yang diterapkan UKWMS, mari peduli dengan kebutuhkan masyarakat, penuh komitmen semangat dan kasih untuk memberi apa yang ada pada kita melalui aksi nyata yang bernaung dalam nilai UKWMS dimana kita harus lebih PeKA lagi”. (Anggi Wedo/Red)