Nama Program : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Gelar : Sarjana Pendidikan (S. Pd.)
Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Status Akreditasi : Terakreditasi A pada 2018 (BAN PT, RISTEKDIKTI)

SK BAN-PT Number: 2370/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018

Lokasi : Jl. Kalijudan 37, Surabaya 60114, Jawa Timur, Indonesia
Bahasa Pengantar : Bahasa Inggris: untuk seluruh mata kuliah yang berasal dari program; Bahasa Indonesia: untuk seluruh mata kuliah yang berasal dari Universitas dan Sekolah Pendidikan.
Sebagai perwujudan dari visi dan misi program, PSPBI berusaha untuk menjadi tempat untuk belajar aktif dan untuk menciptakan suasana akademik yang meningkatkan kepedulian terhadap yang kurang beruntung, memperkuat komitmen terhadap profesi, dan merangsang antusiasme untuk mencapai yang terbaik dari setiap siswa.
Tujuan utama PSPBI adalah :
1. Untuk mempersiapkan guru bahasa Inggris yang berkualitas
2. Untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris para siswa
3. Menumbuhkan semangat Peduli, Komitmen, dan Antusiasme
4. Untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang dasar-dasar pendidikan guru bahasa Inggris.
5. Untuk mengembangkan soft skill siswa untuk kepemimpinan dan pemecahan masalah dalam praktik ELT.
6. Untuk mendukung pengembangan profesional dan karir para mahasiswa dan alumni.

Tujuan Program

PSPBI di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKWMS bertujuan untuk mempersiapkan guru dan pendidik Bahasa Inggris berkualitas masa depan di Tingkat Sarjana (Tingkat S1) yang reflektif dan kreatif, adaptif terhadap perubahan, dan mewujudkan agensi transformatif mereka untuk kemajuan masyarakat.

 

Capaian Program:

1. Lulusan dapat berkomunikasi tentang berbagai topik kepada berbagai audiens dalam bahasa Inggris lisan dan tulisan dalam berbagai konteks, dalam berbagai genre, dan untuk berbagai tujuan secara efektif.
2. Lulusan mampu menganalisis, merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi kurikulum pengajaran Bahasa Inggris dan instrumen pedagogis dan penilaian yang diturunkan dan mengajar bahasa Inggris sesuai dengan mengintegrasikan pendidikan karakter, keterampilan 21 C, keterampilan belajar seumur hidup, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
3. Lulusan mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan materi, proses belajar mengajar, penilaian, dan tujuan pedagogis lainnya.
4. Lulusan mampu menganalisis fenomena dalam linguistik dan sastra Inggris dan menerapkan pengetahuan dalam praktik PBI, pengembangan materi, dan penilaian.
5. Lulusan mampu merencanakan, merancang, dan melakukan penelitian pendidikan untuk menyelesaikan masalah pengajaran dan pembelajaran dalam pendidikan bahasa Inggris serta menyebarluaskan hasil penelitian melalui seminar dan publikasi dan untuk membangun praktik terbaik dalam pendidikan bahasa Inggris.
6. Lulusan mampu hidup dan bekerja secara profesional, reflektif, dan menjadi pembelajar seumur hidup, dan mampu hidup sebagai warga negara yang baik yang menjunjung tinggi ideologi negara Pancasila dan prinsip universal Katolik untuk kemajuan masyarakat Indonesia.
7. Lulusan mampu menjadi model pembelajar seumur hidup yang memotivasi peserta didik dan menginspirasi masyarakat umum untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris mereka sebagai alat penting untuk bertahan hidup di abad ke-21 dan berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan di masyarakat.