psiko-main

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan pengalaman manusia sebagai individu maupun kelompok, serta proses mental maupun fisiologis yang menyertainya.

Di Fakultas Psikologi, mahasiswa belajar teori dan praktik keilmuan psikologi yang bertujuan menolong manusia memecahkan permasalahannya sekaligus mencapai aktualisasi diri.

Apa yang dipelajari di Fakultas Psikologi ?

Belajar Psikologi merupakan gabungan antara science and art sehingga dapat menjadi pengalaman yang manarik. Berbagai bidang minat psikologi, yaitu : Psikologi Industri dan Organisasi; Psikologi Klinis; Psikologi Sosial; Psikologi Perkembangan dan Psikologi Pendidikan.

Bagaimana studi di Fakultas Psikologi?

Dengan metode experiential learning (belajar dengan mengalami) setiap proses perkuliahan disampaikan tidak hanya dengan model ceramah tetapi juga melalui model pembelajaran interaktif-kreatif, role play, diskusi, praktek, pembuatan projek kreatif, poster presentation, pemutaran film, study tour, atau menghadirkan praktisi dalam kuliah tamu. Pengalaman yang dialami mahasiswa dalam proses perkuliahan merupakan nilai tambah bagi lulusan ketika berusaha mencari atau menciptakan pekerjaan.

Apa dan dimana saja lulusan berkarir?

  • Psikologi Industri dan Organisasi

Dapat bekerja sebagai staf/manager HRD, Konsultan pengembangan Organisasi, Pelatihan/Trainer, Konsultan/Research Perilaku Konsumen. Lulusan Psikologi UKWMS dari bidang minat ini diantaranya bekerja di PT. Astra, PT. Djarum, PT. Pakuwon Jati, PT. Tjiwi Kimia, PT. Wing Surya, RCTI, Trans TV, BII, Bank Niaga, Bank Panin, Bank OCBC NISP, Sangrila Hotel, Mercure Hotel, JW Mariott Hotel, dll.

  • Psikologi Sosial

Dapat bekerja di Departemen Sosial atau departemen lain yang menangani kesejahteraan masyarakat (Kepolisian, Lembaga Pemasyarakatan, dll); Panti Sosial/Rehabilitasi Anak dan Remaja; Yayasan Sosial; LSM. Lulusan Psikologi UKWMS dari minat ini diantaranya bekerja di Konsulat Jendral RI-Perth Australia, United Nations Fund for Population (UNFP) Aceh, LSM Wahana Visi, dll.

  • Psikologi Klinis

Dapat bekerja sebagai asisten terapis di lembaga konseling, RSU, Rumah Sakit Jiwa, Pusat-pusat kesehatan, dll. Lulusan Fakultas Psikologi UKWMS dari minat ini diantaranya bekerja di Pusat Layanan Psikologi UKWMS, Smart Kid Surabaya, Relawan Paliatif di RS Dr Soetomo, dll.

  • Psikologi Pendidikan

Dapat bekerja sebagai Konsultan Pendidikan, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Tenaga Edukatif/Guru; Trainer bagi Siswa-Guru-Orang Tua. Lulusan Fakultas Psikologi UKWMS dari minat ini diantaranya telah bekerja di SMP, SMAK St. Maria Surabaya, SMAK St. Louis Surabaya, TK YPPI Surabaya, SMA Kr Gloria, Pentatrust, dll.

  • Psikologi Perkembangan

Dapat bekerja di area yang sama dengan lulusan dari bidang minat psikologi pendidikan dan psikologi klinis.

Berita

Salam Positif Untuk Indonesia

AP2I (dok: Jane Onggo, F.Psi/2016) (UKWMS-26/8/2017) Himpunan Psikologi Indonesia  (HIMPSI) resmi mendirikan suatu organisasi berbasiskan psikologi positif bernamakan Asosiasi Psikologi Positif Indonesia yang disingkat AP2I. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum HIMPSI, Dr. Seger Handoyo, Psikolog serta beberapa jajaran keanggotaan HIMPSI wilayah Jawa Timur. Tidak hanya para psikolog, beberapa Mahasiswa UKWMS pun juga ikut [...]

Saya Widya Mandala, Saya Indonesia, Saya Pancasila

(UKWMS-5/6/2017) - Turut merayakan Pekan Pancasila yang digelar pada tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menyelenggarakan kegiatan Apel Kebangsaan pada 2 Juni 2017 dengan melibatkan segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikannya. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan, Pekan Pancasila digelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan [...]

Pelantikan Pejabat UKWMS

(UKWMS-01/02/2017) Ada yang istimewa pada hari Rabu pagi ini. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melakukan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan bagi pimpinan Akademi Sekretari, pimpinan Sekolah Pascasarjana dan pimpinan Fakultas hingga Jurusan. Pelantikan ini diperuntukkan bagi para pimpinan yang akan menjabat selama periode tahun 2017-2021. Beberapa orang Dekan, Ketua Program Studi, Ketua Jurusan maupun [...]