elektro-main

Program Studi Teknik Elektro mempelajari tentang pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan pemecahan masalah dalam merancang, membangun, dan memelihara produk, jasa, dan sistem informasi.

Teknik Elektro adalah nama yang bersejarah untuk bidang-bidang yang kini disebut Robotika, Elektronika, Teknik Biomedika (Elektronika Kedokteran), Telekomunikasi Multimedia, dan Teknik Komputer.

Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (JTE-UKWMS), berada dibawah Fakultas Teknik UKWMS, merupakan program pendidikan sarjana S-1 dengan gelar lulusan Sarjana Teknik (ST), sejak tahun 1982. JTE-UKWMS berkembang dari suatu pendidikan vokasional bernama Lembaga Pendidikan Elektronika (LPE) yang didirikan pada tahun 1973.

 

Apa yang dipelajari di Program Studi Teknik Elektro ?

Kurikulum dirancang untuk menunjang pembentukan kompetensi lulusan di bidang Teknik Elektro yang meliputi : Elektronika, Kontrol, Sistem Tenaga, Komputer, Telekomunikasi, dengan penekanan pada bidang : Telekomunikasi Multimedia, Teknik Biomedika (Elektronika Kedokteran), dan Kontrol Industri.

Beberapa bidang pekerjaan yang didukung secara spesifik :

  1. Telekomunikasi-Multimedia, seperti : industri telekomunikasi, perancangan sistem multimedia, digital imaging, industri video imaging.
  2. Teknik Biomedia, seperti : industri peralatan elektronika kedokteran, sistem pendukung medis
  3. Kontrol Industri, seperti : Otomasi sistem produksi, pengolahan data elektronika, instrumentasi, konversi dan pembangkit energi, robotik.

DUAL PROGRAM

Dual Program: major Teknik Elektro dengan minor Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Bisnis

Major Teknik Elektro dan Minor Ilmu Komunikasi: Lulusan disamping mahir dalam bidang Teknik Elektro juga mempunyai kemampuan lobbying dan negosiasi, public speaking, dan lain-lain.

Major Teknik Elektro dan Minor Psikologi: Lulusan disamping mahir dalam bidang Teknik Elektro juga mempunyai kemampuan dalam psikologi industri dan organisasi.

Major Teknik Elektro dan Minor Bisnis: Lulusan disamping mahir dalam bidang Teknik Elektro juga mempunyai kemampuan dalam manajemen pemasaran dan sumber daya manusia.

 

Apa yang menjadi keunggulan ?

Program Studi Teknik Elektro, termasuk program studi bermutu dengan peringkat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Program Studi Teknik Elektro, mempunyai konsentrasi ilmu di bidang Elektronika Kedokteran yang hanya dimiliki sejumlah kecil jurusan teknik elektro terkemuka.

elektro-medic

Program Studi Teknik Elektro, mempunyai kerjasama dengan universitas luar negeri dalam bentuk pertukaran staf dan mahasiswa serta penelitian, dan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih double degree dan pengalaman bekerja minimal 1 tahun di negeri Belanda.

Program Studi Teknik Elektro, saat ini menjadi perintis penerapan Student Centered Learning (dengan dukungan PHKI DIKTI), dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung proses belajar dan mengajar.

Program Studi Teknik Elektro, berperan aktif untuk selalu mendorong mahasiswa didalam mengikuti kompetisi dengan mengikuti lomba tingkat nasional seperti Kontes Robot Nasional (KRI-KRCI), KORINDO, LCEN, dsb.

elektro-robot

Aktualisasi “A Life-Improving University”

Di kampus seorang mahasiswa berkawan, belajar berorganisasi, menghadapi tantangan, membentur rintangan, terasah kreativitasnya, terkadang mundur, lalu maju dengan cepat, atau jika disimpulkan, mahasiswa berTUMBUH dan HIDUP.

Di Program Studi Teknik Elektro, pada tahap manapun seorang mahasiswa tersebut berada, senantiasa dihargai sebagai orang dewasa muda. Mahasiswa diyakinkan bahwa segala hal di kampus adalah model kecil kehidupan, yang harus dihadapi sama seriusnya dengan kehidupan nyata, namun dengan banyak ruang untuk berbuat salah dan belajar dari pengalaman. Dengan demikian mahasiswa dapat meningkatkan kreativitasnya dan berkembang mencapai kematangan pribadi.

 

Apa dan dimana saja lulusan berkarir ?

Kemampuan analitis dan wawasan teknik yang dimilikinya memungkinkan seorang lulusan JTE-UKWMS bekerja dengan Learning Curve yang singkat dibidangnya, atau beradaptasi dengan baik pada bidang lain yang sangat memerlukan hal tersebut.

Beberapa perusahaan tempat alumni bekerja : PT Citas Otis Elevator, PT Star Cosmos, PT PLN, PT Berca Indonesia, PT TELKOM, CV Sinar Badja Indonesia, PT Indoyoke, CV Innovative Electronics, PT Sarana Reka Eltra Kencana (Alat Kesehatan), Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM), PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT Gloria Scientific Abadi, University of California-San Diego-USA, Digital Studio Workshop School of Computer Graphics, PT Arta Boga Cemerlang, PT Vektordaya Mekatrika (Uninterruptible power supply), CV Spartindo Utama (Navigation, Communication, and Weapon Control System), Lasika Production (Sound System, Lighting, Rigging, Audio Visual), Save The Date “Video Imaging”.

Berita

Saya Widya Mandala, Saya Indonesia, Saya Pancasila

(UKWMS-5/6/2017) - Turut merayakan Pekan Pancasila yang digelar pada tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menyelenggarakan kegiatan Apel Kebangsaan pada 2 Juni 2017 dengan melibatkan segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikannya. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan, Pekan Pancasila digelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan [...]

Mabok Durian Bersama Delegasi Jepang dan Taiwan

(UKWMS-9/2/2017) – Tepat pada Kamis, 9 Februari 2017, sejumlah empat belas orang delegasi asal negara Jepang dan Taiwan bertandang ke Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan (TPP) di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Jurusan Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Rombongan terdiri dari delapan orang mahasiswa serta dosen asal Osaka Institute of Technology (OIT) Jepang dan [...]

Pelantikan Pejabat UKWMS

(UKWMS-01/02/2017) Ada yang istimewa pada hari Rabu pagi ini. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melakukan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan bagi pimpinan Akademi Sekretari, pimpinan Sekolah Pascasarjana dan pimpinan Fakultas hingga Jurusan. Pelantikan ini diperuntukkan bagi para pimpinan yang akan menjabat selama periode tahun 2017-2021. Beberapa orang Dekan, Ketua Program Studi, Ketua Jurusan maupun [...]

DETEKTOR KEKERUHAN AIR Otomatis

Empat Rangkaian Teknologi untuk Bumi Bagian 3: (UKWMS-9/11/2016) Air merupakan faktor yang sangat krusial bagi kehidupan manusia, hampir setiap kegiatan manusia membutuhkan air, seperti mencuci, memasak, mandi, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana bila konidisi air yang sering digunakan keruh dan kotor, sedangkan kebutuhan manusia akan air bersih sangatlah tinggi? I Gede Andy Cliff Cahyadi, Mahasiswa [...]