elektro-main

Program Studi Teknik Elektro mempelajari tentang pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan pemecahan masalah dalam merancang, membangun, dan memelihara produk, jasa, dan sistem informasi.

Teknik Elektro adalah nama yang bersejarah untuk bidang-bidang yang kini disebut Robotika, Elektronika, Teknik Biomedika (Elektronika Kedokteran), Telekomunikasi Multimedia, dan Teknik Komputer.

Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (JTE-UKWMS), berada dibawah Fakultas Teknik UKWMS, merupakan program pendidikan sarjana S-1 dengan gelar lulusan Sarjana Teknik (ST), sejak tahun 1982. JTE-UKWMS berkembang dari suatu pendidikan vokasional bernama Lembaga Pendidikan Elektronika (LPE) yang didirikan pada tahun 1973.

 

Apa yang dipelajari di Program Studi Teknik Elektro ?

Kurikulum dirancang untuk menunjang pembentukan kompetensi lulusan di bidang Teknik Elektro yang meliputi : Elektronika, Kontrol, Sistem Tenaga, Komputer, Telekomunikasi, dengan penekanan pada bidang : Telekomunikasi Multimedia, Teknik Biomedika (Elektronika Kedokteran), dan Kontrol Industri.

Beberapa bidang pekerjaan yang didukung secara spesifik :

  1. Telekomunikasi-Multimedia, seperti : industri telekomunikasi, perancangan sistem multimedia, digital imaging, industri video imaging.
  2. Teknik Biomedia, seperti : industri peralatan elektronika kedokteran, sistem pendukung medis
  3. Kontrol Industri, seperti : Otomasi sistem produksi, pengolahan data elektronika, instrumentasi, konversi dan pembangkit energi, robotik.

DUAL PROGRAM

Dual Program: major Teknik Elektro dengan minor Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Bisnis

Major Teknik Elektro dan Minor Ilmu Komunikasi: Lulusan disamping mahir dalam bidang Teknik Elektro juga mempunyai kemampuan lobbying dan negosiasi, public speaking, dan lain-lain.

Major Teknik Elektro dan Minor Psikologi: Lulusan disamping mahir dalam bidang Teknik Elektro juga mempunyai kemampuan dalam psikologi industri dan organisasi.

Major Teknik Elektro dan Minor Bisnis: Lulusan disamping mahir dalam bidang Teknik Elektro juga mempunyai kemampuan dalam manajemen pemasaran dan sumber daya manusia.

 

Apa yang menjadi keunggulan ?

Program Studi Teknik Elektro, termasuk program studi bermutu dengan peringkat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Program Studi Teknik Elektro, mempunyai konsentrasi ilmu di bidang Elektronika Kedokteran yang hanya dimiliki sejumlah kecil jurusan teknik elektro terkemuka.

elektro-medic

Program Studi Teknik Elektro, mempunyai kerjasama dengan universitas luar negeri dalam bentuk pertukaran staf dan mahasiswa serta penelitian, dan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih double degree dan pengalaman bekerja minimal 1 tahun di negeri Belanda.

Program Studi Teknik Elektro, saat ini menjadi perintis penerapan Student Centered Learning (dengan dukungan PHKI DIKTI), dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung proses belajar dan mengajar.

Program Studi Teknik Elektro, berperan aktif untuk selalu mendorong mahasiswa didalam mengikuti kompetisi dengan mengikuti lomba tingkat nasional seperti Kontes Robot Nasional (KRI-KRCI), KORINDO, LCEN, dsb.

elektro-robot

Aktualisasi “A Life-Improving University”

Di kampus seorang mahasiswa berkawan, belajar berorganisasi, menghadapi tantangan, membentur rintangan, terasah kreativitasnya, terkadang mundur, lalu maju dengan cepat, atau jika disimpulkan, mahasiswa berTUMBUH dan HIDUP.

Di Program Studi Teknik Elektro, pada tahap manapun seorang mahasiswa tersebut berada, senantiasa dihargai sebagai orang dewasa muda. Mahasiswa diyakinkan bahwa segala hal di kampus adalah model kecil kehidupan, yang harus dihadapi sama seriusnya dengan kehidupan nyata, namun dengan banyak ruang untuk berbuat salah dan belajar dari pengalaman. Dengan demikian mahasiswa dapat meningkatkan kreativitasnya dan berkembang mencapai kematangan pribadi.

 

Apa dan dimana saja lulusan berkarir ?

Kemampuan analitis dan wawasan teknik yang dimilikinya memungkinkan seorang lulusan JTE-UKWMS bekerja dengan Learning Curve yang singkat dibidangnya, atau beradaptasi dengan baik pada bidang lain yang sangat memerlukan hal tersebut.

Beberapa perusahaan tempat alumni bekerja : PT Citas Otis Elevator, PT Star Cosmos, PT PLN, PT Berca Indonesia, PT TELKOM, CV Sinar Badja Indonesia, PT Indoyoke, CV Innovative Electronics, PT Sarana Reka Eltra Kencana (Alat Kesehatan), Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM), PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT Gloria Scientific Abadi, University of California-San Diego-USA, Digital Studio Workshop School of Computer Graphics, PT Arta Boga Cemerlang, PT Vektordaya Mekatrika (Uninterruptible power supply), CV Spartindo Utama (Navigation, Communication, and Weapon Control System), Lasika Production (Sound System, Lighting, Rigging, Audio Visual), Save The Date “Video Imaging”.

Berita

Inovasi Alat Pencetak dan Kompor Briket dari Sampah Organik

(UKWMS-8/2/2019) Teknologi tidak harus rumit apalagi mahal. Teknologi yang murah dan bermanfaat bagi masyarakat tentunya akan membawa berkah bagi kemajuan kehidupan bangsa. Inilah yang terpikir oleh Tim dosen Jurusan Teknik Industri, Teknik Elektro dan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala (FT UKWMS) sehingga tercipta rangkaian inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan memanfaatkan barang-barang [...]

Inovasi Mesin Penggoreng Krupuk Otomatis

(UKWMS-7/2/2019) Produksi makanan olahan ringan tidak pernah menurun minat konsumennya, terutama pada hari libur dan hari-hari besar. Di Surabaya misalnya, terdapat banyak sentra pengolahan makanan yang memerlukan alat penggorengan, contohnya kerupuk ikan, dan makanan kering olahan hasil laut. Melihat hal tersebut, Andrew Joewono selaku dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya [...]

Mesin Pengering Serba Guna

Jika Angela lebih tertarik dengan urusan bercocok tanam, lain lagi ceritanya dengan Fandri yang terinspirasi dari usaha kecil pabrik krupuk yang dijalankan oleh keluarganya. Berkat bimbingan Andrew Joewono ST., MT dan Ir. Rasional Sitepu, M.Eng,  Fandri berinovasi menghasilkan sebuah mesin pengering yang kadar kekeringannya bisa diatur, hemat energi karena sistem pemanasan angin panas putar tertutup [...]