Kampus UKWMS Kalijudan

Jurusan Teknik Kimia menghasilkan Sarjana Teknik Kimia yang berjiwa technopreneur, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan memiliki antusiasme yang tinggi terhadap pengembangan keilmuan yang berlandaskan etika profesi.

Pendidikan di Jurusan Teknik Kimia memberikan bekal knowledge, skills dan attitude untuk dapat menjadi seorang process & product innovator serta unggul dalam persaingan pasar kerja global.

 

Apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Kimia ?

 

KURIKULUM berbasis kompetensi dengan empat bidang minat:

Teknologi Proses

Mahasiswa mahir di bidang Teknik Kimia terutama rekayasa proses proses dan produk kimia yang inovatif yang dapat menjawab kebutuhan masyakat dan industri masa kini.

Bisnis dan Manajemen

Mahasiswa mahir di bidang Teknik Kimia dengan dibekali dasar-dasar bisnis dan manajemen pemasaran.

Ilmu Komunikasi

Mahasiswa mahir di bidang Teknik Kimia yang ditunjang dengan kemampuan negosiasi, public speaking, dan lain-lain yang menunjang karir lulusan di dunia kerja.

Psikologi Sosio-Industri

Mahasiswa tidak hanya mahir di bidang Teknik Kimia, namun juga memiliki kemampuan dasar untuk memahami perilaku manusia dalam konteks social dan sosio-industri sehingga dapat menjalin hubungan professional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggungjawab dalam pekerjaannya.

kimia2

DOUBLE DEGREE dan DUAL PROGRAM

Double Degree: 2 tahun (4 semester) di Teknik Kimia UKWMS + 2 tahun (4 semester) di Teknik Kimia National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan Tech) dengan major Teknik Kimia dan minor Manajemen untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli minimal setara dengan “Plant Manager”, mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.) dan Bachelor of Science (B.S.) serta sertifikat Bahasa Mandarin (Taiwan Tech). Khusus untuk program ini, jumlah sks yang harus ditempuh adalah 148 sks.

 

Dual Program: major Teknik Kimia dengan minor Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Bisnis-Manajemen

Major Teknik Kimia dan Minor Ilmu Komunikasi: Lulusan mahir di bidang Teknik Kimia dan juga juga mempunyai kemampuan dalam negosiasi, public speaking, dan lain-lain yang menunjang karir lulusan.

Major Teknik Kimia dan Minor Psikologi: disamping mahir di bidang Teknik Kimia, lulusan juga mempunyai kemampuan untuk memahami perilaku manusia dalam konteks sosial dan sosio-industri sehingga dapat menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggung jawab dalam pekerjaannya.

Major Teknik Kimia dan Minor Bisnis-Manajemen: Lulusan mahir di bidang Teknik Kimia dan sekaligus mempunyai kemampuan dalam bisnis dan manajemen pemasaran serta sumber daya manusia.

kimia1

Bagaimana studi di Jurusan Teknik Kimia?

Jurusan Teknik Kimia mengarahkan mahasiswa agar kompeten dan profesional dalam bidang perancangan & pengembangan proses, lingkungan, sains & engineering yang berkaitan dengan rancang bangun suatu industri, memiliki jiwa technopreneur, serta mampu berkompetisi dalam era global.

Perkuliahan ditunjang dengan laboratorium-laboratorium lengkap dengan peralatan modern seperti: Kimia Analisa dan Instrumen, Kimia Organik dan Kimia Fisika, Teknologi Bioproses, Operasi Teknik Kimia, Komputasi Proses, Pengendalian Proses, Teknologi Limbah dan Energi Alternatif, Teknologi Proses, dan Analisa Instrumen.

Perkuliahan juga terasa nyaman karena mahasiswa dapat memanfaatkan koneksi internet, Local Area Network (LAN) & Wi-Fi, dengan ruang kuliah ber-AC, alat penunjang perkuliahan: OHP, multimedia projector, serta ruang baca Jurusan yang lengkap.

 

Mahasiswa juga dilatih life-skills dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti anggota BKKMTKI (Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia), kursus software dan aplikasi komputer bidang teknik kimia, seminar dan kuliah tamu dari industri/institusi, kunjungan pabrik & study tour, pelatihan kewirausahaan (shower gel, pasta gigi, permen jelly, yoghurt, lilin hias, pasta kopi mocca, dll), lomba/penelitian/penulisan/publikasi karya ilmiah tingkat nasional dan internasional, latihan kepemimpinan & manajemen mahasiswa, serta kegiatan outbound.

Jurusan Teknik Kimia didukung kerjasama berbagai macam industri & institusi yaitu: Lembaga Minyak dan Gas (Lemigas), LIPI, PT Lumintas Puspindo, Adelaide University-Australia (articulation program), The Hague University of Applied Sciences-Belanda (double degree program), National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)-Taiwan (exchange program, beasiswa studi lanjut), Adamson University-Philipines (exchange program), Zhejiang University of Technology, China (research collaboration), University of Queensland, Australia (research collaboration), UNESCO International Center for Engineering Education.

Dimana lulusan berkarir?

Praktisi di industri/perusahaan/bank khususnya di bidang : riset & pengembangan, pengendalian mutu (quality control), perancangan proses/alat industri, perancangan sistem pengendalian lingkungan, pengoperasian pabrik, konsultan teknik & manajemen industri, sales engineer, & analisa kredit. Berbagai perusahaan yang menyerap lulusan TK-UKWMS diantaranya: PT. Alfa Laval Indonesia, PT. Tjiwi Kimia, PT. Sorini, PT. Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT. Platinum Ceramics Industry, PT. Jindal Stainless Indonesia, PT. Meco Inoxprima, CTCI Corp – Taiwan, PT. HM Sampoerna Tbk, PT. Djarum, PT. Gelora Djaja (Wismilak), PT. Rembaka (La Tulipe Cosmetiques), PT. Vitapharm (Viva Cosmetics), Kerry Ingredients – Malaysia, PT. Indofood Fritolay Makmur, PT. Arta Boga Cemerlang (Orang Tua Group), PT. Wings Surya, PT. Sopanusa Tissue, PT. Forisa Nusapersada, PT. Avia Avian Paint, dan Titan Wood B.V – The Netherland.

Wirausaha di berbagai bidang seperti pelapisan logam, bahan kimia & peralatan laboratorium, bleaching earth, flavour, kosmetik, personal health care (sabun, shampoo, body lotion, handy clean gel, shower gel, pasta gigi, dll), bahan keperluan sehari-hari (pembersih lantai, pengharum ruangan, dll), makanan/minuman (pasta kopi mocca, effervescent, instant drink, permen jelly, yoghurt, dll), desain & konsultasi industri / instalasi pengolahan limbah.

Akademisi dan ilmuwan : staf pengajar, peneliti, staf ahli dan konsultan, studi lanjut S2 & S3.

Berita

Saya Widya Mandala, Saya Indonesia, Saya Pancasila

(UKWMS-5/6/2017) - Turut merayakan Pekan Pancasila yang digelar pada tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menyelenggarakan kegiatan Apel Kebangsaan pada 2 Juni 2017 dengan melibatkan segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikannya. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan, Pekan Pancasila digelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan [...]

Felycia Edi Soetaredjo: Raih Penghargaan Elsevier

(UKWMS-14/2/2017) Seraya mengucap Puji Syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, dengan penuh sukacita dan rasa bangga Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menyampaikan bahwa pada tanggal 14 Februari 2017 Felycia Edi Soetaredjo Ph.D (Wakil Dekan I Fakultas Teknik, Finalis Dosen Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2016, dosen dan alumnus Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik) berangkat ke Amerika […]

Mabok Durian Bersama Delegasi Jepang dan Taiwan

(UKWMS-9/2/2017) – Tepat pada Kamis, 9 Februari 2017, sejumlah empat belas orang delegasi asal negara Jepang dan Taiwan bertandang ke Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan (TPP) di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Jurusan Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Rombongan terdiri dari delapan orang mahasiswa serta dosen asal Osaka Institute of Technology (OIT) Jepang dan [...]

Pelantikan Pejabat UKWMS

(UKWMS-01/02/2017) Ada yang istimewa pada hari Rabu pagi ini. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melakukan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan bagi pimpinan Akademi Sekretari, pimpinan Sekolah Pascasarjana dan pimpinan Fakultas hingga Jurusan. Pelantikan ini diperuntukkan bagi para pimpinan yang akan menjabat selama periode tahun 2017-2021. Beberapa orang Dekan, Ketua Program Studi, Ketua Jurusan maupun [...]