Generasi Millenium Berwirausaha Bag. 1

Generasi Millenium Berwirausaha Bag. 1

Radio Bukan Bisnis Sebelah Mata

(UKWMS-23/3/2017) Fakultas Kewirausahaan dan Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) di grebek oleh Duo Gambreng (Brian Saputra dan Danin Sibilo) dari Radio Gen FM. Mereka hadir dalam acara ‘Gen Grebek Kampus bareng GO-JEK’ yang digelar di Auditorium Benedictus UKWMS dengan dihadiri lebih dari 250 mahasiswa. “Ini termasuk acara grebek kampus paling ramai, heboh dan antusias,” ujar Duo Gambreng mengawali acara. Bukan sekedar heboh, acara ini menghadirkan duo hebat yaitu Fafa, Program Director Gen FM dan Bayu Wibowo, Regional Manager GO-JEK untuk berbagi pengalaman mereka dalam mengelola bisnis radio dan ojek online.

“Kedatangan duo hebat dari Gen FM dan GO-JEK ini akan banyak menceritakan tentang seluk beluk perusahaan yang telah dibangun dan terus berkembang ini. Saatnya anda mencari ilmu bagaimana berwirausaha. Jangan pernah takut berwirausaha, karena kita dilahirkan sebagai pemenang. Maka setiap orang boleh punya kesempatan jadi pemenang,” ujar Marliana Junaedi, SE., M.Si., Wakil Dekan II Fakultas Bisnis saat membuka acara Gen Grebek Kampus.

Mengawali materinya, Program Director yang kerap disapa sebagai Mas Fafa ini menuturkan bahwa saat ini Gen FM akan menjadi perusahaan ‘tbk’ (terbuka), dengan kata lain saham dari Gen FM bisa dibeli. Tentunya sebelum menjadi perusahaan tbk, Gen FM memulai semuanya dari nol. “Kami percaya bahwa radio nggak akan pernah mati meskipun habbit (kebiasaan) kalian sudah berubah,” tuturnya.

Untuk menghadapi serunya perkembangan dunia digital yang semakin melengkapi semua aspek kehidupan manusia, saat ini Gen FM menerapkan strategi Three Point O, yaitu radio bisa disentuh, dilihat, dan dirasa. Maksud dari strategi ini adalah siaran radio on air masih berjalan, namun secara digital penyiaran juga dilakukan melalui media sosial seperti instagram, facebook, youtube, dan website. Selain itu juga aktif seperti sering mengadakan kuis, dan selfie competition, ditambah secara off air Gen FM juga mengadakan kegiatan keliling kampus untuk bisa bertemu langsung dengan mahasiswa.

“Ada dua hal yang harus ditekankan untuk bisa membuat radio tetap bertahan hingga saat ini. Pertama yaitu membuat research, karena penelitian adalah hal mendasar untuk mengetahui apa saja yang menjadi selera pendengar. Kedua yaitu, cek potensi bagaimana caranya digital citizen menjadi listener, make sure alias cek ombak, dan ternyata 57% pendengar radio lebih dominan kaum muda.  Strategi ini juga bisa diterapkan bagi kalian yang ingin berwirausaha. Semuanya based in research, and let these people be your influencer,” tutup mas Fafa dalam sesi pertama Gen Grebek Kampus bareng GO-JEK. (epb)

Baca lebih lanjut…