PROGRAM STUDI PROGRAM PROFESI INSINYUR

UNIVERISTAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA

 

Tentang kami:

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya didirikan berdasarkan Surat Direktur Jenderal Direktorat Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.679/CC4/KL/2016 tentang Penugasan Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur pada  Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Penugasan ini merupakan sebuah mandat sekaligus bukti kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai salah satu Universitas unggul di Indonesia.

Lama Studi  di PSPPI UKWMS satu tahun atau 2 semester. Beban Studi  24 sks, terdiri dari 30% studi di kampus, dan 70% Praktek Kerja Keinsinyuran di Industri atau Perusahaan.

Lulusan PSPPI menjadi pintu masuk untuk menjadi National Registered Engineer, NRE; atau    Asean Chartered Professional Engineer, ACPE; atau Registered Foreign Professional Engineer ,RFPE; atau Asia Pacific Economic Cooperation Engineer (APEC-Eng), yang merupakan tenaga kerja yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan level nasional atau internasional.

Tujuan Pendidikan:

Penyelenggaraan PSPPI bertujuan untuk meningkatkan mutu insinyur profesional setara dengan negara teknologi maju sesuai UU No. 11 Tahun 2014 sehingga siap berkarya melintasi batas-batas negara. Lulusan PSPPI:

  1. Memperoleh Sertifikat Profesi Insinyur dan menggunakan gelar Insinyur  (Ir).
  2. Siap mengikuti uji kompetensi untuk memperoleh Sertifikat Kompetensi dan bekerja sebagai Insinyur Professional mandiri sesuai UU No. 12 Tahun 2012 dan Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014.

Capaian Pembelajaran PSPPI:

  1. Mampu melakukan perencanaan keinsinyuran dengan memanfaatkan sumberdaya keteknikan.
  2. Mampu memecahkan permasalahan keinsinyuran melalui pendekatan monodisiplin dan multidisiplin.
  3. Mampu melakukan evaluasi keinsinyuran secara komprehensif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan kinsinyuran sesuai etika profesi secara startegis dan akuntabel.
  5. Menghayati nilai PeKA (Peduli, Komit, Antusias) yang tercermin dalam setiap tindakannya.

Yang dipelajari di PSPPI:

  • Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 sks)
  • Profesionalisme (2 sks)
  • Keselamatan, Kesehatan dan Keamanan Kerja dan Lingkungan (2 sks)
  • Studi Kasus (4 sks)
  • Seminar dan Workshop (2 sks)
  • Praktek Keinsinyuran (12 sks)

Pembelajaran di PSPPI UKWMS:

  • Diasuh oleh Dosen-dosen yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar dan dalam negeri yang bersertifikat minimal Insinyur Profesional Madya (IPM) dan berkualifikasi pendidikan Doktor (S-3) dan Magister (S-2).
  • Dikelola oleh Univeristas Unggul yang memiliki jaringan kerjasama luas dengan berbagai industri dan perusahaan, sehingga para mahasiswa dapat melaksanakan Praktek Kerja Keinsinyuran 70% di industri untuk memperoleh pengalaman perencanaan, pengelolaan, pengendalian dan pengembangan suatu industri.
  • Suasana Akademik yang Kondusif memungkinkan para mahasiswa menyelesaikan program profesi insinyur tepat waktu dan memperoleh pengalaman dalam melakukan pemecahan masalah atas kasus yang terjadi dalam perusahaan.
  • Waktu dan tempat perkuliahan dilaksanakan pada hari Kamis -Jumat – Sabtu pukul 18.00 – 22.00 WIB di Kampus Pasca Sarjana UKWMS Dinoyo 48 Surabaya.

Ketentuan Calon Mahasiswa Reguler:

  1. Syarat Umum:
  2. Sarjana teknik atau sarjana terapan teknik  dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknologi Pangan/Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Industri Pertanian,  yang terakreditasi BAN PT .
  3. atau Sarjana Teknik lain ; atau Sarjana Sains; atau Sarjana Pendidikan bidang Teknik, yang berasal dari Program studi yang terakreditasi BAN PT.
  4. Telah memiliki pengalaman kerja dalam praktek keinsinyuran pada bidang Teknik Elektro; atau Teknik Kimia; atau Teknik Industri; atau Teknologi Pertanian (Teknologi Pangan, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian) selama minimal 2 ( dua) tahun
  5. Pengalaman kerja dalam praktek keinsinyuran dibuktikan dengan surat pernyataan dari masing-masing lembaga tempat yang bersangkutan bekerja.
  6. Memenuhi persyaratan administrasi
  7. Lulus seleksi yang diadakan oleh UKWMS.

Syarat khusus untuk sarjana teknik lain; atau sarjana pendidikan bidang teknik; atau sarjana sains:

Telah melakukan program penyetaraan dengan sarjana teknik atau sarjana terapan bidang Teknik Elektro, atau Teknik Kimia, atau Teknik Industri, atau Teknologi Pangan/Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Industri Pertanian  setelah yang bersangkutan berpengalaman kerja di bidang keinsinyuran paling sedikit 3 (tiga) tahun.

Ketentuan Calon Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL):

PSPPI  menerima mahasiswa melalui RPL dengan ketentuan:

  1. Sarjana teknik atau sarjana terapan teknik  dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknologi Pangan/Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Industri Pertanian yang telah memiliki pengalaman kerja dalam praktek keinsinyuran pada bidang Teknik Elektro; atau Teknik Kimia; atau Teknik Industri; atau Teknologi Pertanian (Teknologi Pangan, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian) selama lebih dari  2 ( dua) tahun.
  2. atau Sarjana Teknik lain ; atau Sarjana Sains; atau Sarjana Pendidikan bidang Teknik yang telah mengikuti program penyetaraan dengan sarjana teknik atau sarjana terapan bidang Teknik Elektro, atau Teknik Kimia, atau Teknik Industri, atau Teknologi Pangan/Teknologi Hasil Pertanian/Teknologi Industri Pertanian, dan memiliki pengalaman kerja bidang keinsinyuran lebih dari 5 (lima) tahun.
  3. Menyerahkan dokumen portofolio sesuai yang ditetapkan oleh PSPPI UKWMS.
  4. Jumlah sks yang diakui (dinyatakan lulus berdasarkan pembelajaran lampau) dihitung berdasarkan hasil penilaian dokumen portofolio calon mahasiswa oleh tim PSPPI UKWMS.

Pendaftaran:

Penerimaan mahasiswa baru diadakan tiap semeter. Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Langsung di Admission Centre UKWMS kampus Dinoyo 42-44, Telp (031)5678478, psw 141
  2. Email : [email protected]

Alamat kontak:

Admission Centre UKWMS

Kampus Dinoyo 42-44, Surabaya

Telp (031)5678478 psw :141

atau

Fakultas Teknik, UKWMS

Kampus Kalijudan 37, Surabaya

Telp (031)3893933 psw :102

Email:[email protected]