UKWMS  merupakan PTS yang dipercaya untuk menyelenggarakan Program Studi Kewirausahaan. Fakultas Kewirausahaan menjawab tantantangan perkembangan kebutuhan masyarakat dengan menciptakan pengusaha muda yang creative, innovative dan PeKA terhadap lingkungan bisnis dan lingkungan sosial. Perkuliah dirancang tidak hanya untuk pengembangan ilmu pengetahuan tetapi aplikasi langsung dalam berkarya menciptakan lapangan pekerjaan.

 

Apa yang dipelajari di Fakultas Kewirausahaan?

Mahasiswa Fakultas Kewirausahaan dibekali dengan berbagai mata kuliah yang terbagi dalam tiga tahapan utama praktik kweirausahaan.

Praktik Kewirausahaan 1: Pengembangan karakter wirausaha dan pengetahuan dasar manajerial.

Pada tahapan ini dilakukan penguatan karakter mahasiswa sebagai calon wirausahan muda dan diberikan pengetahuan dasar tentang ilmu-ilmu manajerial bagaimana mengelola suatu usaha dan mulai menyusun proposal untuk perencanaan bisnis.

Praktik Kewirausahaan 2: Pengembangan perilaku kewirausahaan dan Pemikiran inovatif.

Fokus tahapan adalah pengembangan pemikiran kreatif dan innovative mahasiswa untuk memulai suatu bisnis dan mahasiswa dibimbing untuk membentuk usaha pada salah satu dari lima bidang usaha yang meliputi  usaha Creative Culinary, Digital Art, Edupreneur, Fashion and Innovation dan Healthcare Entrepreneurship.

Praktik Kewirausahaan 3: Start-up Business dan Pengembangan Bisnis.

Pada tahap ketiga ini mahasiswa mulai mengoperasikan bisnis yang sudah dikembangkan pada tahapan sebelumnya. Dalam menjalankan bisnis mahasiswa berada di bawah bimbingan dan pengawasan langsung praktisi pada bidang yang diminati mahasiswa.

 

Bagaimana studi di Fakultas Kewirausahaan?

  • Fakultas Kewirausahaan mengarahkan mahasiswa agar memiliki karakter wirausaha muda yang kompeten dalam bidang manajerial perusahaan, professional dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.
  • Kurikulum dirancang bertujuan untuk menciptakan wirausaha muda tangguh, mampu berpikir dan bertindak cepat.
  • Mahasiswa dibimbing dan dilatih oleh para praktisi dengan sistem kuliah tatap muka maupun magang di perusahaan yang memampukan mahasiswa untuk terjun langsung pada proses operasional menjalankan suatu usaha.
  • Perkuliahan ditunjang dengan penyediaan workspace bagi mahasiswa untuk membangun suasana kerja sejak dini.
  • Mahasiwa dibekali dengan softskill tentang pengembangan karakter dan kepribadian, komunikasi verbal dan keterlibatan langsung pada komunitas melalui social work serta pendayagunaan swadaya masyarakat melalui community development program.
  • Partisipasi dalam berbagai Expo pada tataran internal / external, regional dan national sebagai ajang untuk mempromosikan hasil karya mahasiswa.

 

Apa peluang karir lulusan Fakultas Kewirausahaan?

Sesuai dengan visi dan misi Fakultas Kewirausahaan lulusan Fakultas Kewirausaan dapat berkarir sebagai:

  • Pelaku Bisnis Mula (Start-up)
  • Pengembang Bisnis
  • Analis dan Konsultan Bisnis

 

 

Berita

Inspirasi dari Jepang untuk Pendidikan 4.0

(UKWMS-23/11/2018) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) bekerja sama dengan International IATSS Forum Alumni Association (IIFA) dan didukung oleh Association of Traffic and Safety Sciences (IATSS) Forum Suzuka Japan, sebuah institusi pembelajaran yang didirikan oleh Soichiro Honda, pendiri dari Honda Motor Co. Ltd. dan Takeo Fujisawa menyelenggarakan sebuah seminar sehari bertajuk “Managing Education in the [...]

Mendulang Hikmah dari Penugasan Dosen di Sekolah

(UKWMS 13/11/2018) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) adalah ujung tombak pendidikan karena dari institusi inilah pendidikan calon guru diselenggarakan. LPTK yang unggul didukung oleh dosen-dosen unggul yang berkompeten secara profesional, pedagogis, personal, dan sosial. Keempat kompetensi ini didukung dan berkembang terus-menerus seiring dengan pengalaman dan jam terbang dosen. Hal yang penting bagi dosen LPTK adalah [...]

Era Disrupsi dalam Dunia Edukasi & Launching FKIP UKWMS Mobile Apps

(UKWMS-2/3/2018) – Kemajuan teknologi yang luar biasa memudahkan masyarakat dalam menjalani kehidupan, namun di sisi lain kecepatan perkembangan yang terjadi juga menyumbangkan banyak perubahan dalam cara hidup masyarakat dunia. Internet kini menjadi sesuatu yang bersifat wajib bagi sebagian besar orang, bahkan data dari situs Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat kita adalah pengguna […]

Lokakarya INDOPED Kerjasama UKWMS dan UKWMM

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan INDOPED Dissemination Workshop on Innovation Pedagogy: Learning from Europe and Experiences from Indonesia yang berlangsung pada tanggal 5 Februari 2018 di Auditorium Kampus Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Jl. Manggis 15-17 Madiun. Acara yang terselenggara satu hari penuh tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 80 [...]