PLP Gelar Open House

PLP Gelar Open House

(UKWMS-5/2) – Tepat pada Jumat (5/2) lalu Pusat Layanan Psikologi (PLP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mengadakan kegiatan Open House. Acara yang rutin diadakan setiap tahun ini terbuka untuk semua mahasiswa (mahasiswa UKWMS dan mahasiswa non-UKWMS dari segala jurusan). “Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan PLP kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat internal UKWMS mengenai jasa yang kami miliki. Selain itu, melalui pelaksanaan open house ini diharapkan mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS tertarik untuk bergabung dalam tim PLP, sebagai asisten konsultan atau sebagai kakak pendamping di Rumah Penitipan Anak”, ujar Serafine Hosana Santoso selaku ketua pelaksana kegiatan open house ini.

Pengunjung PLP mencoba beragam permainan stimulasi bagi anak-anak.

Pengunjung PLP mencoba beragam permainan stimulasi bagi anak-anak.

PLP sendiri adalah sebuah biro dibawah naungan UKWMS yang menyediakan jasa layanan psikologi yang meliputi: pemeriksaan psikologis bidang industri (seleksi atau promosi karyawan, analisis jabatan), seminar dan pelatihan, konsultasi individu (kesulitan belajar, kenakalan remaja, gangguan perilaku, konflik keluarga, dan sebagainya), tes minat bakat, tes kesiapan masuk sekolah, konseling anak, dan terapi relaksasi. Dalam menjalankan fungsinya, PLP ditangani oleh para psikolog yang bekerja sama dengan beberapa ahli, seperti ahli ekonomi, dokter spesialis anak, dokter spesialis jiwa, farmakolog, terapis bicara, dan terapis perilaku. Selain itu, PLP juga memiliki jasa penitipan anak (bertempat di sebelah PLP) bernama Rumah Penitipan Anak (RPA) ‘Taman Hati’. Di RPA, anak tidak hanya diberikan aktivitas, tapi anak akan distimulasi untuk berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya.

Kali ini, PLP menawarkan tes kepribadian gratis bagi sekitar 30 mahasiswa yang hadir di acara tersebut, yang terbagi dalam 3 gelombang (berdasarkan waktu tes). Tes ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit di setiap gelombangnya. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan, yakni dari jurusan manajemen, keperawatan, dan sebagainya.

Dalam kegiatan ini, pengunjung diajak untuk mengenal PLP dan layanan-layanan yang ditawarkan. Pengunjung diajak berkeliling ruangan PLP dengan beberapa tempat perhentian. Tempat perhentian yang pertama, ruang konseling, pengunjung ditayangkan video company profile PLP. Kemudian di tempat perhentian kedua, ruang bermain, pengunjung diperkenankan mencoba beberapa permainan edukatif yang digunakan PLP sehari-hari untuk mengetahui inteligensi, perkembangan psikomotor, dan lainnya. Setelah itu, pengunjung diajak menuju RPA Taman Hati untuk melihat sekaligus terlibat dalam aktivitas yang dilakukan anak-anak dengan para kakak pendamping. Selain itu, selama kegiatan berlangsung, di halaman depan PLP pengunjung disuguhi penampilan langsung oleh band yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS, beberapa stan permainan berhadiah, dan stan RPA yang menjual beberapa barang untuk keperluan kegiatan bakti sosial.

Suasana Tes Kepribadian yang diikuti oleh pengunjung Open House PLP.

Suasana Tes Kepribadian yang diikuti oleh pengunjung Open House PLP.

Acara ditutup dengan pengundian door prize dengan hadiah utama adalah voucher tes minat bakat gratis dan pembagian hasil tes kepribadian. Eli Prasetyo, M.Psi., Psikolog, selaku ketua PLP mengatakan,“acara ini berhasil menarik minat mahasiswa dari jurusan lain, selain psikologi”. (Inge Kristiani)