Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya didirikan dengan tujuan menghasilkan lulusan tenaga dokter yang bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi luhur, handal dan profesional serta mempunyai empati dedikatif yang tinggi dalam pengabdian berdasarkan kasih.

Apa yang dipelajari di Program Studi Profesi Dokter?

Kedokteran adalah ilmu dan seni yang berhubungan dengan penyakit dan gangguan lain pada tubuh dan atau jiwa, yang meliputi usaha untuk promosi kesehatan, pencegahan, diagnosis dan terapi penyakit serta rehabilitasi. Kedokteran sebagai suatu ilmu secara sistematis mempelajari dasar ilmu kedokteran, ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu klinis. Kedokteran sebagai suatu profesi terfokus pada penerapan pengetahuan, kemampuan dan keahlian yang dimiliki dalam proses pencegahan dan penatalaksanaan penyakit secara holistik.

Sarjana Kedokteran yang lulus dari program studi S1 Kedokteran FK UKWMS dapat langsung meneruskan mengambil jenjang studi profesi untuk mendapatkan gelar Dokter. Beban SKS yang harus ditempuh adalah 45 SKS dan akan berlangsung selama 4 semester dengan penekanan pada kemampuan klinik.

Visi dan Misi Program Studi Profesi Kedokteran

Visi:

Merupakan Program Studi Profesi Dokter berlandaskan Pancasila untuk menghasilkan lulusan dokter yang profesional dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia, berintegritas moral, softskills yang prima, peduli kepada masyarakat dan melayani dengan penuh kasih.

Misi:

  1. Menyelenggarakan program studi profesi dokter dengan menggunakan kurikulum berbasis standar kompetensi dokter Indonesia, sehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan kompeten dalam etika, medikolegal, serta keselamatan pasien.
  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan kemampuan pengelolaan informasi dan permasalahan kesehatan khususnya di bidang kedokteran keluarga dan geriatri dengan penuh kasih.
  3. Menyelenggarakan peningkatan dan pengembangan tata kelola program kepaniteraan klinik, kedokteran keluarga, dan kesehatan masyarakat dengan kelancaran berkesinambungan tepat waktu.
  4. Mendorong institusi Fakultas Kedokteran sebagai bagian dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai Life Improving University yang mengutamakan nilai PeKA (Peduli, Komit, Antusias) supaya aluminya senantiasa mempunyai kemampuan belajar sepanjang hayat.

Dalam rangka mewujudkan dokter yang profesional, mahasiswa perlu dididik sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku dan terkini. Acuan yang digunakan dalam kurikulum FK UKWMS adalah Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) yang diterbitkan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2012.

Tujuh area kompetensi SKDI 2012 diimplementasikan dalam kurikulum FK UKWMS yaitu:

  1. Profesionalitas yang luhur
  2. Mawas diri dan pengembangan diri
  3. Komunikasi efektif
  4. Pengelolaan informasi
  5. Landasan ilmiah ilmu kedokteran
  6. Ketrampilan klinis
  7. Pengelolaan masalah kesehatan

Dalam rangka mewujudkan integritas moral, mahasiswa dididik melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Mahasiswa dilatih untuk mengembangkan konsep dan pemikiran dengan berlandaskan moral. Lulusan FK UKWMS diharapkan menjadi manusia bermoral dan bermartabat sebab profesi dokter adalah profesi mulia.

Dalam mewujudkan softskills yang prima, mahasiswa dididik untuk pengembangan softskills baik di intrakurikuler maupun di ekstrakurikuler. Lulusan FK UKWMS diharapkan siap dan mampu terjun di dunia kerja. Penerapan softskills dilakukan pada setiap kegiatan pembelajaran.

Dalam rangka kepedulian kepada masyarakat, mahasiswa dididik tidak hanya teoritis namun juga praktik di lapangan. Lulusan FK UKWMS diharapkan cakap dalam bermasyarakat, tanggap dengan masalah-masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat, dan mampu menjadi problem solver.

Dalam rangka mewujudkan pelayanan dengan kasih, mahasiswa dididik dalam intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Pelayanan dengan kasih adalah pelayanan yang mengutamakan kualitas, martabat, dan manusiawi. Alasan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas adalah bukan semata-mata untuk mendapatkan material/keuangan namun sebagai manusia yang mengasihi sesama.

Wahana pendidikan untuk program profesi dokter :

Rumah Sakit:
1. RS PHC, Surabaya
2. RS Gotong Royong, Surabaya
3. RSAL dr Ramelan, Surabaya
4. RS Jiwa Menur, Surabaya
5. RS Jiwa Rajiman Wediodiningrat, Lawang
6. RS Bhayangkara, Surabaya
7. RS Jasem, Sidoarjo
Dinas Kesehatan Propinsi Jatim
Dinas Kesehatan Kota Surabaya
Puskesmas-Puskesmas di kota Surabaya
Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik
Puskesmas-Puskesmas di Gresik