Salam Positif Untuk Indonesia

Salam Positif Untuk Indonesia

AP2I (dok: Jane Onggo, F.Psi/2016)

(UKWMS-26/8/2017) Himpunan Psikologi Indonesia  (HIMPSI) resmi mendirikan suatu organisasi berbasiskan psikologi positif bernamakan Asosiasi Psikologi Positif Indonesia yang disingkat AP2I. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum HIMPSI, Dr. Seger Handoyo, Psikolog serta beberapa jajaran keanggotaan HIMPSI wilayah Jawa Timur. Tidak hanya para psikolog, beberapa Mahasiswa UKWMS pun juga ikut berperan serta menghadiri acara peresmian AP2i ini. Acara ini tidak hanya berupa peresmian saja, melainkan juga melantik ketua dan para anggota AP2I disertai seminar Positive Parenting Program (Triple P).

Tujuan dari Psikologi Positif adalah kesejahteraan, yang dikenal dengan nama flourishing. Psikologi Positif juga sedang marak dalam penelitian para ilmuwan psikologi sejak kelahirannya di tahun 1998. Di Asean, termasuk di Indonesia memiliki peminat yang cukup banyak untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat mengenai hal ini, namun belum ada yang pernah membentuk suatu asosiasi atau organisasi. Hal inilah yang membuat ilmuwan psikologi Indonesia membentuk organisasi berbasiskan Psikologi Positif. Pada tanggal 3 Agustus 2016, seminar Psikologi Positif yang pertama, mulailah dideklarasikan asosiasi dan membentuk Tim Perumus untuk menyusun formulasi strategi, struktur organisasi dan proposal untuk diajukan kepada HIMPSI.

Sudah kurang lebih satu tahun berlalu, pada akhir bulan Agustus ini, AP2I secara resmi terbentuk dan memilih Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Kampus Pakuwon City sebagai pusat kesekretariatan AP2I. Acara peresmian tersebut sekaligus adanya pelantikan kepengurusan Tim Perumus AP2I yaitu: Dr. Nurlaila Effendy, M.Si sebagai Ketua dari AP2I sekaligus Dosen Fakultas Psikologi UKWMS, Dra Kuswardhini, M. Psi, Psikolog, Dr. Abdul Rahman Shaleh, M Si, Dr.Irene P.Edwina, M.S.i, Psikolog, Dr. Wustari  Mangudjaya, M Org.Psi, MA, Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi., psikolog, Dr. Arlina Gunarya, M.Sc, dan Dra. Sianiwati, M Si, Psikolog  dibantu dengan Desak Nyoman Arista Retno Dewi, M.Psi., psikolog yang juga dosen Fakultas Psikologi UKWMS dan Dr. Ni Made Swasti Wulanyani., M.Erg.

AP2I bertujuan agar manusia memiliki kehidupan yang baik, kehidupan yang menyenangkan, dan kehidupan yang bermakna (have a goodlife, have a pleasant life, and have a meaningful life) sesuai dengan tujuan dari itu Psikologi Positif sendiri. Harapannya dengan terbentuknya Asosiasi Psikologi Positif Indonesia (AP2I), Psikologi Positif di Indonesia semakin berkembang, dapat menggali dan mengembangkan keilmuan Psikologi Positif di Indonesia secara berkesinambungan berakar pada keragaman nilai-nilai Indonesia, menjalin kerjasama dengan asosiasi Psikologi Positif  dari negara lain untuk menunjang pengembangan keilmuan Psikologi Positif di Indonesia, dan menjalin kerjasama dengan berbagai bidang keilmuan dan berbagai pihak lain dalam meningkatkan keilmuan anggota AP2I dan  kesejahteraan masyarakat. (Genesis Philia Wijaya/Red)