INTEGRATED EDUCATION

Sebagai a life-improving university, yaitu universitas yang mengembangkan kehidupan, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya saat ini berinovasi mengembangkan program-program unggulan, di antaranya mengembangkan kampus baru di Pakuwon City Laguna dengan konsep INTEGRATED HEALTH SCIENCES CAMPUS, dimana tergabung Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Filsafat dalam satu kampus terintegrasi. Konsep INTEGRATED HEALTH SCIENCES CAMPUS & EDUCATION mengacu pada sebuah integrasi ilmu kesehatan yang holistik, yang meliputi kesehatan jiwa dan raga. Keberadaan Fakultas-Fakultas tersebut dalam satu atap kampus diharapkan mampu memfasilitasi interaksi sivitas akademikanya dalam berbagai aktivitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya adalah proses pembelajaran dalam bentuk kegiatan diskusi interaktif lintas Program Studi. Melalui aktivitas bersama tersebut mahasiswa akan memiliki wawasan luas dan berkemampuan multidisipliner, tidak hanya pada satu disiplin ilmu yang dipelajarinya saja.

Selain itu dikembangkan perkuliahan dual program dan lintas program studi, dimana mahasiswa dapat mengambil mata kuliah-mata kuliah di luar Program Studinya sebagai penunjang kompetensinya.

DUAL DEGREE PROGRAM

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA juga me-launching DUAL DEGREE PROGRAM untuk Jurusan Teknik Kimia dengan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Program dilaksanakan dengan skema 2 tahun kuliah di UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA dan 2 tahun kuliah di NTUST. Keuntungan yang diperoleh mahasiswa adalah pengalaman perkuliahan dengan standar internasional, kemudahan untuk mengambil studi di Taiwan, dan kesempatan meraih beasiswa studi lanjut (S2/S3) di NTUST plus sertifikasi belajar Bahasa Mandarin.

Selain dengan NTUST, juga dijalin kerjasama dengan universitas luar negeri lainnya, seperti articulation program dengan Adelaide University Australia, dual degree antara program studi Teknologi Pangan dengan THE UNIVERSITY OF NEWCASTLE, AUSTRALIA, student exchange program dengan Saint Louis College Bangkok, University of St. Tomas – Philippines, De La Salle University Dasmariňas, Vancouver Island University – Canada, dan program sertifikasi akuntan dengan Singapore Accountancy Academy (SAA Global Education Centre).

PENDIDIKAN BERKUALITAS

Seluruh Jurusan/Program Studi telah terakreditasi A dan B oleh BAN-PT Dikti. Berbagai prestasi juga telah diraih dengan memenangkan Program Hibah Kompetisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan dana yang disalurkan lewat Dikti Depdiknas RI, yaitu: Technological and Professional Skills Development Sector Project (TPSDP) untuk Jurusan Teknik Kimia, Program Hibah Kompetisi (PHK) A-2 untuk PSP Bahasa Inggris, Psikologi dan Farmasi, serta program

Komputerisasi untuk Perpustakaan, Program Hibah Kompetisi (PHK) A-3 untuk Jurusan Manajemen, Hibah I-MHERE untuk peningkatan relevansi dan kualitas, tanggung jawab sosial dan kapasitas institusi, Hibah Program soft skills, Hibah Program Forum Komunikasi & Konsultasi, Hibah Penguatan Lembaga DP2M untuk LPPM, Hibah Kompetisi Berbasis Institusi (PHKI), Hibah Kompetisi untuk penguatan kelembagaan Kantor Urusan Internasional, serta program hibah pembinaan perguruan tinggi swasta (PHP).

PRESTASI UKWMS

UKWMS adalah universitas yang diakui kualitasnya sebagai salah satu dari 50 Promising Indonesian Universities oleh Ditjen Dikti RI, serta mendapat penghargaan sebagai 5 Perguruan Tinggi Unggulan dalam bidang Tata Kelola, Kemahasiswaan, serta Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 492.a/M/Kp/VIII/2015 Tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia 2015 (dapat dilihat di sini) berikut adalah prestasi UKWMS di tingkat nasional; Peringkat ke 28 dari total 3320 Perguruan Tinggi (PTN/ PTS) yang ada di Indonesia; Peringkat ke 6 dari total seluruh Perguruan Tinggi Swasta yang ada di IndonesiaPemeringkatan itu berdasarkan pada 4 (empat) kriteria, yaitu:
a. kualitas sumber daya manusia;
b. kualitas manajemen;
c. kualitas kegiatan kemahasiswaan; dan
d. kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Di tingkat Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta VII regional Jawa Timur, UKWMS selalu masuk dalam 5 (lima) besar Perguruan Tinggi Unggulan yang dibuktikan dengan Anugerah Perguruan Tinggi Unggulan berturut-turut sejak 2010, 2011, 2012, 2013, 2014 hingga 2015.

Berikut adalah Data Prestasi UKWMS Tingkat Kopertis VII Jatim 2015 dari total 331 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh propinsi Jawa Timur:

  1. Kategori Penelitian Internal Terbanyak : Ranking 3
  2. Kategori Hibah Penelitian KEMRISTEK DIKTI Terbanyak : Ranking 8
  3. Kategori Peringkat Webometric tertinggi : Ranking 2
  4. Kategori Kerjasama Luar Negeri Terbanyak : Ranking 2
  5. Kategori Dosen Tetap dengan Gelar Guru Besar Terbanyak : Ranking 9
  6. Kategori Program Studi dengan Prosentase Akreditasi Prodi A Terbanyak : Ranking 10
  7. Kategori Prestasi Mahasiswa Nasional Terbanyak : Ranking 4
  8. Kategori Prestasi Mahasiswa di Tingkat Internasional Terbanyak : Ranking 1