baak-yohannes

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan merupakan unsur pelaksana teknis administratif di bidang akademik dan kemahasiswaan, terdiri dari:

Bagian Registrasi dan Umum:

  1. Melayani proses administrasi registrasi dan pendataan mahasiswa;
  2. Menerbitkan berbagai dokumen akademik (surat keterangan aktif kuliah, cuti kuliah, aktif kembali, pengunduran diri, dan hal lain yang menyangkut administrasi akademik);
  3. Pencetakan (buku pedoman, peraturan akademik, kalender akademik, blangko-blangko administrasi akademik);
  4. Menerbitkan Ijasah dan Akta IV untuk FKIP, legalisir/terjemahan Ijasah dan Transkrip;
  5. Memproses pelaporan untuk Evaluasi Kinerja Dosen pada tiap semester;

Dokumen Prosedur Operasional Standar untuk Pencetakan Trranskrip dan ijazah (Klik di sini untuk mengunduh)

Bagian Administrasi Nilai:

  1. Pemrosesan dan pencetakan Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), Transkrip dan Terjemahan Transkrip;
  2. Memproses evaluasi tahapan bidang akademik untuk mahasiswa;
  3. Mempersiapkan data akademik untuk bahan laporan evaluasi diri tiap semester ke DIKTI;
  4. Mengkoordinasikan pembuatan dan update program komputer yang menunjang ketersediaan data akademik dan kemahasiswaan.
  5. Mempersiapkan data akademik dan statistik untuk evaluasi diri, borang akreditasi, program hibah, dll.

Bagian Kemahasiswaan:

  1. Melakukan administrasi proposal kegiatan dan keuangan organisasi kemahasiswaan serta kegiatan ekstrakurikuler lainnya beserta laporan pertanggungjawabannya;
  2. Melakukan administrasi beasiswa;
  3. Melakukan administrasi asuransi;
  4. Memasukkan data dan membuat rangkuman poin kegiatan kemahasiswaan;
  5. Memproses peminjaman barang dan fasilitas milik universitas yang akan digunakan oleh organisasi kemahasiswaan;
  6. Memproses partisipasi & administrasi mahasiswa dalam kegiatan ekstra kurikuler & ko kurikuleryang diadakan oleh Dikti/Kopertis maupun Lembaga Lainnya: Program Kreativitas Mahasiswa (PKM); Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres); Olimpiade Nasional Matematika & IPA (ON-MIPA); Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Regional/Nasional (Peksiminal/Peksiminas); Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Daerah/Nasional (POMDA/POMNAS), National University Debating Championship (NUDC).

Dokumen Prosedur Operasional Standar untuk Input Poin Kegiatan Kemahasiswan/ PK2 (Klik di sini untuk mengunduh)

Dokumen Prosedur Operasional Standar untuk Pembuatan Laporan Pengajuan dan Pertanggung Jawaban Organisasi Kemahasiswaan (Klik di sini untuk mengunduh)

 

BEASISWA

Beasiswa adalah bantuan dana pendidikan yang diberikan setiap semester kepada mahasiswa yang memiliki potensi/prestasi akademik dan atau non akademik atau yang membutuhkan (mempunyai kesulitan dalam bidang finansial tetapi mempunyai prestasi akademik yang baik).

Dokumen Prosedur Operasional Standar Pengajuan Beasiswa (Klik di sini untuk mengunduh)

Sumber Dana Beasiswa berasal dari:

1) Pemerintah (melalui Kopertis Wilayah VII)

  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

2) Yayasan Widya Mandala

  • Beasiswa Yayasan Widya Mandala
  • Beasiswa Wisudawan
  • Beasiswa Alumni
  • Beasiswa Prestasi Program Studi

3) Penghargaan Universitas

  • Aktivis Organisasi Kemahasiswaan
  • Prestasi Akademik Tertinggi
  • Prestasi Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN)

4) Lembaga Donor Non Pemerintah

  • Yayasan Pelayanan Kasih A & A Rachmat (YPKAAR)
  • Bank Mandiri

 

Beasiswa dan penghargaan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

 

Persyaratan Umum

  1. Terdaftar aktif sebagai mahasiswa
  2. Berkelakuan baik
  3. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa lainnya
  4. Sehat jasmani dan rohani

Persyaratan Khusus

  1. Persyaratan Akademik

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sekurang-kurangnya 2.0, atau ditetapkan tersendiri oleh pemberi beasiswa

  1. Persyaratan Finansial

Terutama ditujukan bagi mahasiswa yang tergolong dalam kategori ekonomi lemah.

  1. Persyaratan Administrasi

3.1. Mengajukan permohonan secara tertulis kepada Rektor (u.p. Wakil Rektor I) melalui Dekan/Ketua Jurusan.

3.2. Mengisi Formulir data pribadi yang disediakan di Tata Usaha Fakultas.

3.3. Melampirkan:

3.3.1. Surat Keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat orang tua bekerja atau surat keterangan RT/RW bagi orang tua yang tidak bekerja/wiraswasta

3.3.2. 1 (satu) lembar foto kopi Kartu Susunan Keluarga (KSK)

3.3.3. 1 (satu) lembar foto kopi Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir

3.3.4. Surat pernyataan kesediaan mematuhi kewajiban sebagai penerima beasiswa, sebagaimana ditetapkan oleh Universitas dan atau kewajiban lain yang dipersyaratkan oleh pemberi beasiswa

3.3.5. 1 (satu) lembar foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

3.3.6. 1 (satu) lembar foto kopi Rekening Listrik dan Air

3.3.7. Khusus untuk Penghargaan Aktivis, Surat Keputusan Rektor sebagai Pengurus

Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) pada periode yang sedang berjalan dan surat

rekomendasi dari Ketua ORMAWA yang bersangkutan

3.3.8. Khusus untuk Penghargaan UAN, nilai rata – rata ≥ 9.00 dan tidak satupun nilai mata pelajaran < 8.50

JAM LAYANAN

– Bidang Akademik Senin – Jumat : 07.00 – 16.00 WIB

Sabtu : 07.00 – 12.00 WIB

– Bidang Kemahasiswaan Senin – Jumat : 07.00 – 14.00 WIB

Sabtu : 07.00 – 12.00 WIB

Email : [email protected]