Program Studi D3 Administrasi Perkantoran

Profil

Yayasan Widya Mandala Surabaya, pada 8 April 1969, mendirikan Lembaga Pendidikan Kejuruan Jurusan Sekretaris (LPS) dengan mengeluarkan SK Yayasan Nomor 331A/Sek/Ya/72 tanggal 4 September 1972. Melalui SK Yayasan Widya Mandala Nomor 0291/I/Yay/Div/86 tanggal 19 April 1986, LPS berubah bentuk menjadi Fakultas Non Gelar Ilmu Sosial (FNGIS) Jurusan Kesekretariatan dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga. Perubahan bentuk kelembagaan dari FNGIS Jurusan Kesekretariatan menjadi Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya (Akse WMS) dengan Program Studi Sekretari Diploma Tiga, didasarkan pada SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19/DIKTI/Kep/1999 tanggal 4 Februari 1999.

Tahun 2002, Program Studi Sekretari Diploma Tiga di bawah Akse WMS pertama kali mengajukan akreditasi program studi (prodi) ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan berhasil meraih peringkat A seperti tertuang pada SK Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/Dpl/III/2002 tanggal 8 Maret 2002. Secara berkala, Prodi Sekretari Diploma Tiga kemudian mengajukan re-akreditasi prodi. Tahun 2007, Prodi Sekretari Diploma Tiga berhasil mempertahankan peringkat A dalam akreditasi prodi seperti tertuang pada SK BAN-PT Nomor 017/Ban-PT/Ak-VII/Dpl-III/XII/2007. Tahun 2013, Prodi Sekretari Diploma Tiga meraih peringkat B seperti tertuang pada SK BAN-PT Nomor 172/SK/Ban-PT/Ak-XIII/Dpl-III/VIII/2013.

Dalam rangka menjaga kompetensi lulusan agar dapat memenuhi permintaan dunia industri yang dinamis, lulusan Prodi Sekretari Diploma Tiga juga tersertifikasi secara internasional dalam komunikasi Bahasa Inggris (TOEIC-Test of English for International Communication), dan Digital Literacy Certification IC3, bekerja sama dengan PT ITC dan Certiport Indonesia.

Sebagai kelanjutan dari proses penyatuan institusi di bawah Yayasan Widya Mandala Surabaya dan Yayasan Widya Mandala Madiun, Program Studi Sekretari Diploma Tiga menjadi Prodi Administrasi Perkantoran D-III, dalam naungan Fakultas Vokasi, di bawah Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Visi Misi

Visi
Menjadi Program Administrasi Perkantoran D3 yang terkemuka di Indonesia pada tahun 2025 dalam menghasilkan tenaga administratif profesional yang kompeten, berkarakter mulia dan berjiwa wirausaha.

Misi

  1. Melaksanakan tata kelola yang akuntabel, partisipatif dan transparan untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang administrasi dan sekretari, serta memiliki integritas dan memiliki jiwa kewirausahaan.
  3. Mengembangkan dan melaksanakan penelitian terapan dalam bidang administrasi dan sekretari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu administrasi dan sekretari untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan.
  5. Membangun dan memperkuat jejaring kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk menunjang kompetensi lulusan.

Akreditasi

Prodi Sekretari Diploma Tiga meraih peringkat B seperti tertuang pada SK BAN-PT Nomor 172/SK/Ban-PT/Ak-XIII/Dpl-III/VIII/2013.

Daftar Staff

insert konten here

Kurikulum

insert konten here

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

Program Studi Administrasi Perkantoran sebagai pendidikan tinggi vokasi mempunyai tujuan mempersiapkan generasi emas Indonesia yang siap bekerja sebagai seorang sekretaris atau tenaga administrasi profesional. Prodi ini mengajarkan ilmu praktis yang dapat langsung diterapkan di dunia kerja.

Prospek Karir

Berbekal penguasaan teori dan praktik administrasi perkantoran dan secretary skills secara komprehensif, lulusan Program Studi Administrasi Perkantoran (Sekretari) D3 dapat bekerja di berbagai bidang pekerjaan yang membutuhkan tenaga vokasional professional yang memiliki keterampilan administrasi, sistem informasi dan manajemen perkantoran.

Fasilitas dan Laboratorium

Laboratorium

Laboratorium yang ada pada Program Studi Administrasi Perkantoran D-III di bawah pengelolaan Fakultas Vokasi:

  1. Office Applications Laboratory
  2. Office Affairs Laboratory
  3. Digital Filing Laboratory
  4. Office Equipment Laboratory
  5. Self-Development Laboratory
  6. Keyboarding Skills Laboratory
  7. Self-Access Centre
  8. Professional Ethics Laboratory
  9. Language Laboratory
  10. Office Equipment Display Room

Fasilitas lain di Program Studi

  • Sertifikasi Internasional untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris (TOEIC®)
  • Digital Literacy Certification IC3® by Certiport
  • Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Pedoman Akademik

insert konten here

Kontak Kami

Program Studi Administrasi Perkantoran
Fakultas Vokasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Gedung Agustinus lantai 6
Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya
031-5678478