Yayasan Widya Mandala Surabaya, pada 8 April 1969, mendirikan Lembaga Pendidikan Kejuruan Jurusan Sekretaris (LPS) dengan mengeluarkan SK Yayasan Nomor 331A/Sek/Ya/72 tanggal 4 September 1972. Melalui SK Yayasan Widya Mandala Nomor 0291/I/Yay/Div/86 tanggal 19 April 1986, LPS berubah bentuk menjadi Fakultas Non Gelar Ilmu Sosial (FNGIS) Jurusan Kesekretariatan dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga. Perubahan bentuk kelembagaan dari FNGIS Jurusan Kesekretariatan menjadi Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya (Akse WMS) dengan Program Studi Sekretari Diploma Tiga, didasarkan pada SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19/DIKTI/Kep/1999 tanggal 4 Februari 1999.

Tahun 2002, Program Studi Sekretari Diploma Tiga di bawah Akse WMS pertama kali mengajukan akreditasi program studi (prodi) ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan berhasil meraih peringkat A seperti tertuang pada SK Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/Dpl/III/2002 tanggal 8 Maret 2002. Secara berkala, Prodi Sekretari Diploma Tiga kemudian mengajukan re-akreditasi prodi. Tahun 2007, Prodi Sekretari Diploma Tiga berhasil mempertahankan peringkat A dalam akreditasi prodi seperti tertuang pada SK BAN-PT Nomor 017/Ban-PT/Ak-VII/Dpl-III/XII/2007. Tahun 2013, Prodi Sekretari Diploma Tiga meraih peringkat B seperti tertuang pada SK BAN-PT Nomor 172/SK/Ban-PT/Ak-XIII/Dpl-III/VIII/2013.

Dalam rangka menjaga kompetensi lulusan agar dapat memenuhi permintaan dunia industri yang dinamis, lulusan Prodi Sekretari Diploma Tiga juga tersertifikasi secara internasional dalam komunikasi Bahasa Inggris (TOEIC-Test of English for International Communication), dan Digital Literacy Certification IC3, bekerjasama dengan PT ITC dan Certiport Indonesia.

 Sebagai kelanjutan dari proses penyatuan institusi di bawah Yayasan Widya Mandala Surabaya dan Yayasan Widya Mandala Madiun, Prodi Sekretari Diploma Tiga menjadi Prodi Administrasi Perkantoran D-III, dalam naungan Fakultas Vokasi, di bawah Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.