Program Studi Farmasi (D3) Kampus Madiun

Profil

Program Studi Farmasi Diploma Tiga berdiri secara resmi pada tanggal 10 Juni 2015, berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 383/M/Kp/VI/2015. Pada saat pendiriannya, Program Studi Farmasi D-III menjadi bagian dari Fakultas MIPA Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Pada tanggal 19 Juni 2019, secara resmi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menyatu dengan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Selaras dengan penyatuan tersebut, pada tanggal 19 Maret 2020 diterbitkan SK Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Surabaya No. 064/YWMS/SK/III/2020, yang menyatakan bahwa Prodi Farmasi D-III menjadi bagian dari Fakultas Vokasi sebagai Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).

Visi Misi

Visi

Menjadi Program Studi Farmasi yang terkemuka di Indonesia pada tahun 2025 dalam menghasilkan Tenaga Teknis Kefarmasian yang profesional, terampil, dan beretika.

Misi

  1. Menyelenggarakan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan berbasis teknologi informasi.
  2. Mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang adaptif, terbuka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, serta berwawasan lingkungan.
  3. Menghasilkan Tenaga Teknis Kefarmasian yang profesional, beretika, dan berorientasi pada penderita serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  4. Membangun jejaring kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Akreditasi

SK LAM-PTKes No. 0358/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2018

Daftar Staff

insert konten here

Kurikulum

insert konten here

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

Program Studi Farmasi D-III menyiapkan TTK yang memiliki keunggulan melaksanakan pekerjaan kefarmasian secara profesional, beretika, dan berorientasi kepada penderita (patient oriented) melalui perkuliahan baik dalam bidang Farmasi Komunitas, Teknologi Farmasi, maupun Farmasi Bahan Alam. Program Studi Farmasi D-III memiliki staf pengajar bergelar Magister (S-2) lulusan perguruan tinggi ternama dan berprofesi Apoteker.

Prospek Karir

Prospek karir lulusan farmasi D-III UKWMS, yakni:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota, industri obat dan apotek, instalasi farmasi rumah sakit, puskesmas, klinik atau praktek bersama.
  2. Lembaga riset dan ilmu pengetahuan di instansi pemerintah, perguruan tinggi negeri/swasta, dan perusahaan farmasi.
  3. Distributor bahan-bahan kimia, penyalur alat kesehatan, dan penanggung jawab Toko Obat.
  4. Wirausaha di bidang obat,  perbekalan farmasi serta pengembangan produk baru  (obat tradisional dan kosmetik bahan alami), dan pedagang besar farmasi.

Fasilitas dan Laboratorium

Laboratorium

Fasilitas Laboratorium Farmasi D-III berada di kampus 1 dan kampus 2 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun, yaitu:

Kampus 1
Laboratorium yang berada di kampus 1 yaitu Laboratorium Terpadu yang digunakan untuk kegiatan Praktikum Komunikasi Farmasi, Fitokimia, Farmakologi, Teknologi Sediaan Steril, dan Teknologi Sediaan Bahan Tradisional.

Kampus 2
Laboratorium yang berada di kampus 2 antara lain:

  1. Laboratorium Resep
  2. Laboratorium Kimia
  3. Laboratorium Farmakognosi
  4. Laboratorium Teknologi Farmasi

 

Fasilitas lain di Program Studi

            Prodi Farmasi D-III memiliki fasilitas Computerised Based Test (CBT) Center yang terstandarisasi LPUK-Nakes sebagai tempat penyelenggaraan Ujian Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian di wilayah Madiun.

Pedoman Akademik

insert konten here

Kontak Kami

Program Studi Farmasi DIII
Fakultas Vokasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Kampus Kota Madiun)
Jl. Manggis no. 15 – 17 Kota Madiun
Telp. (0351) 453328
Fax. (0351) 453167 Ext. 121