Fakultas Farmasi

Sambutan Dekan

Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya merupakan salah satu dari Fakultas Farmasi di Indonesia yang memiliki reputasi yang baik yang mampu memberikan pengalaman pembelajaran yang atraktif (pembelajaran dengan menggunakan problem based learningstudent centered learning dan gamification), pembelajaran yang berkarakter dengan menerapkan nilai universitas PeKA (Peduli, Komit dan Antusias), pengalaman penelitian yang akan menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa, dilengkapi dengan sarana prasarana alat penelitian yang terkini dan pengalaman pendidikan yang terintegrasi dengan kegiatan penelitian dan pengabdian serta kolaborasi dengan tenaga kesehatan yang lain. Dengan menerapkan arah pengembangan Fakultas yang dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu (1) peningkatan kesadaran individu melalui upaya refleksi, (2) pemberdayaan dan peningkatan kapasitasi Fakultas, dan (3) transformasi yang berkesinambungan Fakultas Farmasi UKWMS akan menjadi salah satu fakultas di sebuah Perguruan Tinggi unggul yang mampu menjadi mediasi transendental bagi masyarakat dunia.

Salam,

Sumi Wijaya, S.Si., Ph.D., Apt.
Dekan Fakultas Farmasi UKWMS

Tentang Kami

Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) didirikan pada tanggal 1 September 1964. Saat ini, Fakultas Farmasi UKWMS menyelenggarakan 2 Program Studi, yaitu: Program Studi S1-Farmasi (Akreditasi A LAM-PTKes No. 0460/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2017, tanggal 29 Juli 2017) dan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (Akreditasi B LAM-PTKes No. 0461/LAMPTKes/Akr/Pro/VII/2017, tanggal 29 Juli 2017). Dalam pengembangan keilmuan, Program Studi S-1 Farmasi memiliki 2 bidang minat, yaitu Farmasi Sains dan Teknologi (FST) dan Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK).

Fakultas Farmasi UKWMS berhasil memenangkan beberapa hibah atau dana dari Pemerintah (DIKTI) untuk pengembangan proses pembelajaran melalui PHK-A2 (2006-2008), PHK PMP (2006), INDOPED Project (2016-2018). Dalam bidang penelitian, Fakultas Farmasi UKWMS telah berhasil mendapatkan beberapa dana hibah penelitian, antara lain dari penelitian RISTEK (2009-2012), penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (2012-2019), penelitian Hibah Doktor (2016), penelitian Hibah Kompetensi (2016-2017) dan Hibah Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi – Kemenristekdikti (2018). Fakultas Farmasi juga telah memiliki tiga buah paten untuk produk penelitian sediaan herbal diabetes kombinasi sambiloto dan salam, amilum dari limbah kulit pisang untuk bahan pengisi tablet, dan kombinasi sambiloto salam sebagai sediaan antiinflamasi. Inovasi amilum dari limbah kulit pisang dan Salam Sehat untuk Rematik juga tercatat sebagai 2 dari 108 Inovasi Indonesia pada tahun 2016. Selain itu masih banyak lagi paten lainnya dalam bidang kosmetika.

Capaian prestasi mahasiswa Fakultas Farmasi UKWMS antara lain: mewakili UKWMS untuk Olimpiade Kimia, Biologi, dan Matematika Tingkat Kopertis VII, mewakili Kopertis VII untuk Olimpiade Kimia Tingkat Jatim (2017), Terbaik II Kompetisi Olimpiade Kimia Tingkat Kopertis VII (2010), beberapa proposal memenangkan hibah pada Program Mahasiswa Wirausaha, PKM-P, PKM-GT (2015-2021), pemenang lomba debat kefarmasian (2013), Juara pada beberapa bidang lomba tingkat Nasional Pharmacomes 2017 hingga 2020 dan, Pemenang Harapan 2 Lomba Penulisan Karya Ilmiah PTPN (2018), Juara 2 Lomba PCE tingkat Beginner – Pharmacomes 2018, Juara I Lomba Poster Ilmiah tingkat Nasioal 2018, Juara I Lomba Essay pada Pharm Fest 2019, Juara I Poster tingkat Nasional CAPSULE 2019, Juara Harapan 2 Lomba CPSE Kofein 2019 Universitas Airlangga, Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Farmasi Pharmacomes 2019, Juara 2 Lomba PCE (Patient Counseling Event) Pharmacomes 2019, Juara 1 Lomba Essay Nasional Institute Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri 2019, “Best Speaker” Lomba Debat Segitiga Emas 2019, Juara 1 Catur Putri Segitiga Emas 2019, Juara 2 Lomba Poster Fakultas Farmasi Universitas Jember 2019, Juara 3 Lomba Menulis Artikel Kesehatan BIMFI 2019, Juara 1 dan juara 2 Lomba Poster Avicena Fakultas Farmasi Universitas Udayana Bali 2020, Juara 3 Lomba Poster Sedatif Fakultas Farmasi Universitas Brawijaya Malang 2020, Juara 2 Lomba Poster Pharfest Universitas Indonesia 2019, Juara 3 Lomba Konseling Kofein 2020 Universitas Airlangga, juara 3 lomba poster Pharmacious 2020 Universitas Gajah Mada, dan masih banyak lagi prestasi lainnya.

Visi Misi

Visi

Menjadi PTF (Pendidikan Tinggi Farmasi) yang reflektif dan kreatif untuk mencapai keunggulan, yang dijiwai semangat pelayanan dan pengabdian kepada keluhuran martabat manusia.

Misi

Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Farmasi untuk menghasilkan lulusan S1 dan Apoteker yang unggul secara akademik, profesional dan memiliki budi pekerti yang luhur melalui penyelenggaraan:

  1. Program Pendidikan berakreditasi serta pendidikan berkelanjutan dengan suasana akademik yang dinamis dan kondusif bagi proses pembelajaran dan pengembangan keilmuan, keterampilan dan pekerti luhur mahasiswa.
  2. Program penelitian dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan pendidikan, kompetitif, dan state of the art, yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan nasional.
  3. Pengembangan jaringan kerja sama (networking) dengan stakeholder yang mendukung pencapaian visi bagi program akademik dan non akademik.

Program Studi

Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya memiliki dua program studi, yakni:

  1. Program Studi Farmasi S1
  2. Program Studi Profesi Apoteker

Struktur Organisasi

Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dipimpin oleh seorang Dekan, dengan dibantu Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II. Wakil Dekan I bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan penyelenggaran Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang akademik, penelitian, kemahasiswaan, dan alumni. Dan Wakil Dekan II bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang administrasi umum, kepegawaian, dan keuangan.

Struktur Organisasi

Fasilitas

Laboratorium

  • Laboratorium Kimia Organik
  • Laboratorium Bioanalisis
  • Laboratorium Farmasetika Dasar dan Komunitas
  • Laboratorium Botani Farmasi
  • Laboratorium Biomedik
  • Laboratorium Kimia Analisis
  • Laboratorium Diagnostik Klinik
  • Laboratorium Fitokimia – Farmakognosi
  • Laboratorium Mikrobiologi Farmasi
  • Laboratorium Farmasi Fisik dan Solida
  • Laboratorium Formulasi dan Teknologi Sediaan Likuida dan Semi Solida
  • Laboratorium Formulasi dan Teknologi Sediaan Steril
  • Laboratorium Farmasi Komputasi
  • Laboratorium Hewan
  • Laboratorium Penelitian

Fasilitas lain di Program Studi

  • Ruang-ruang Ujian Skill Test (OSCE),
  • Ruang organisasi mahasiswa: Badan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Lembaga Pers Mahasiswa,
  • Ruang praktek kewirausahaan mahasiswa: Bursa mahasiswa,
  • Ruang diskusi dan ujian,
  • Komputer dan layanan internet dengan fasilitas WiFi,
  • Ruang baca fakultas,
  • Green house,
  • Tempat praktek kerja profesi di apotek, Rumah Sakit, Industri dan instansi pemerintahan untuk mahasiswa apoteker,
  • Apotek Pendidikan,
  • Ruang Serbaguna,
  • Ruang Teater untuk seminar,
  • Gedung Auditorium,
  • Fasilitas olahraga (lapangan basket, voli, dll.)

Kerja Sama

Kerja Sama Internasional

Kerja sama bidang pendidikan dengan beberapa universitas di luar negeri baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian seperti University Santo Thomas Manila, Chongqing University, Shibaura Institut Technology, National Taiwan University Sains and Technology, dan lain-lain.

Kerja Sama Nasional

Fakultas Farmasi memiliki kerja sama dibidang pendidikan dengan universitas yang tergabung dalam APTFI (Asossiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia), berbagai macam industri di Indonesia (PT Dexa Medica, PT. Ferron Par Pharm, PT Coronet Crown, PT Interbat, PT Combiphar, PT. OTTO Pharmaceutical, PT. Indofarma, PT. Kalbe Farma, PT. Indofarma, PT. Phapros, dan lain –lain); berbagai macam Rumah sakit di Indonesia (RSUD Dr. Soetomo, RS. Ramelan Surabaya, RSUD. Syaiful Anwar, RSK Vincentius A Paulo, RS. Bethesda, dan lain-lain); berbagai apotek milik pemerintah maupun apotek jaringan.

Organisasi Kemahasiswaan

Selain menjalani perkuliahan untuk pengembangan hard skill, Fakultas Farmasi UKWMS juga mendukung serta mewadahi para mahasiswanya untuk mengembangkan soft skill melalui tiga organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas:
1. Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas
2. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas
3. Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas

Jurnal

Jurnal Farmasi Sains dan Terapan

Jurnal Farmasi Sains dan Terapan (Journal of Pharmacy Science and Practice) pISSN 2338-8404 and eISSN 2657-2311 is published twice a year, containing research articles, review, and short communication in pharmacy science field, including medicinal chemistry, analytical chemistry, biologjcal pharmacy, pharmaceutical sciences and clinical pharmacy research and practice of pharmacy in industry, clinic, and community practice, such as pharmacies, distributors, and pharmacy education. 

Journal website link: Jurnal Farmasi Sains dan Terapan

Kontak Kami

Fakultas Farmasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Raya Kalisari Selatan 1 Surabaya-60112
+62 31 990 05299 – +62 31 990 05294
[email protected]