Program Studi Farmasi

Profil

Program Studi S1 Farmasi adalah salah satu program studi tertua di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Pertama kali didirikan pada bulan September 1964 bersamaan dengan pendirian Fakultas Farmasi. Saat ini, Program Studi S1 Farmasi adalah salah satu dari dua program studi yang dikelola oleh Fakultas Farmasi UKWMS, di samping Program Studi Profesi Apoteker.

Kurikulum Program Studi S1 Farmasi yang berlaku saat ini adalah Kurikulum tahun 2015 dan telah dievaluasi serta direvisi secara minor pada tahun 2018. Pada tahun 2019 hingga 2020, kurikulum Program Studi S1 Farmasi telah dievaluasi dan direvisi berdasarkan masukan dari stakeholders internal dan eksternal, serta disesuaikan untuk memenuhi Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education System (Sistem OBE) dan standar AUN. Pada akhir tahun 2020, sejalan dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Republik Indonesia, kurikulum Program Studi S1 Farmasi kembali direvisi untuk mengakomodasi program MBKM tersebut.

Jumlah mahasiswa Prodi S1 Farmasi (student body) adalah sekitar 725 – 850 orang. Jumlah lulusan selama lima tahun terakhir (dari semester genap 2014/2015 hingga gasal 2019/2020) adalah 671 alumni. Lulusan Program Studi S1 Farmasi secara umum dapat bekerja di bidang farmasi, meliputi industri farmasi di bagian marketing dan distribusi (Pabrik Besar Farmasi) atau bagian Quality Assurance (QA), sebagai dosen atau peneliti di Lembaga Pendidikan Tinggi maupun di Lembaga Penelitian, sebagai staf Pemerintahan (kota/ daerah/ provinsi/ Dinas Kesehatan/ Balai Pengawasan Obat dan Makanan). Selain itu, lulusan Prodi S1 Farmasi UKWMS juga dapat menjadi wirausahawan di industri makanan dan kimia, atau sebagai pemilik/pengelola apotek.

Setelah menyelesaikan studi di Program Studi S1 Farmasi, lulusan dapat melanjutkan studi ke tingkat profesi apoteker, sehingga setelah menjadi seorang Apoteker, lulusan memiliki wewenang dan tanggung jawab lebih di pengelolaan apotek. Di industri farmasi, apoteker lulusan Fakultas Farmasi UKWMS dapat menjadi penanggung jawab bagian produksi, quality control (QC), quality assurance (QA), dan bagian distribusi. Selain itu dengan menjadi apoteker lulusan dapat menjadi penanggung jawab instalasi farmasi rumah sakit dan gudang farmasi di institusi pemerintahan maupun Puskesmas. Lulusan S1 Farmasi Fakultas Farmasi UKWMS juga dapat berprofesi sebagai dosen dan peneliti dengan kemampuan cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi (S2 dan S3).

Untuk pencapaian visi dan misinya, Program Studi S1 Farmasi telah menetapkan Rencana Strategis Lima Tahunan (SK Rektor UKWMS No. 2011z/WM.01/E/2015 – 2015/2020) dan Rencana Operasional Tahunan (SK Rektor UKWMS No. 2241d/WM.01/T/2019 – 2019/2020 untuk rencana operasional tahun 2019/2020). Pengelolaan Program Studi S1 Farmasi UKWMS didasarkan atas Standar Mutu Pengelolaan Pendidikan Tinggi yang diatur dalam dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pendidikan UKWMS. Sistem penjaminan mutu internal melibatkan Gugus Jaminan Mutu Tingkat Fakultas yang bertanggung jawab pada Kantor Penjaminan Mutu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Saat ini pengelolaan Program Studi S1 Farmasi UKWMS telah berbuah pada pengakuan masyarakat yaitu berupa perolehan akreditasi “A” oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) pada tahun 2017.

Visi Misi

Visi

Visi Prodi S1 Farmasi adalah menjadi Program Studi Sarjana Farmasi yang reflektif, kreatif dan berdaya saing untuk mencapai keunggulan, yang dijiwai semangat pelayanan dan pengabdian kepada keluhuran martabat manusia.

Misi

Misi Prodi S1 Farmasi adalah: menyelenggarakan Program Studi Sarjana Farmasi untuk menghasilkan lulusan Sarjana Farmasi yang unggul secara akademik, profesional dan memiliki budi pekerti yang luhur, melalui penyelenggaraan:

  1. Program pendidikan berakreditasi serta pendidikan berkelanjutan dengan suasana akademik yang dinamis dan kondusif bagi proses pembelajaran dan pengembangan keilmuan, ketrampilan dan pekerti luhur mahasiswa.
  2. Program penelitian dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan pendidikan, kompetitif, dan state of the art, yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan nasional.
  3. Pengembangan jaringan kerjasama dengan pemangku kepentingan yang  mendukung pencapaian visi bagi program akademik dan non akademik.

Akreditasi

Program Studi S1 Farmasi terakreditasi pertama kali pada tanggal 22 Desember 1998 berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departmen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 002/BAN-PT/Ak-II/XII/1998.

Pada tahun 2017 berdasarkan keputusan LAM-PTKes No. 006/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2017 Program Studi S1 Farmasi berhasil mempertahankan peringkat akreditasinya yaitu A atau Excellent.

Daftar Staff

NO NAMA BIDANG MINAT KONTAK
1 Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika kuncoro@ukwms.ac.id
2 Prof. Dr. J. S. Ami Soewandhi, Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia ami@ukwms.ac.id
3 Prof. Dr. Tutuk Budiati, MS., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia tutuk@ukwms.ac.id
4 Sumi Wijaya, S.Si., Ph.D., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi sumi@ukwms.ac.id
5 Henry Kurnia Setiawan, S.Si., M.Si., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia henry@ukwms.ac.id
6 Lisa Soegianto, S.Si., M.Sc., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi lisa@ukwms.ac.id
7 Dr. F. V. Lanny Hartanti, S.Si., M.Si. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia lanny.hartanti@ukwms.ac.id
8 Diga Albrian Setiadi., S.Farm., M.Farm., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis  diga@ukwms.ac.id
9 Elisabeth Kasih, S.Farm., M.Farm-Klin., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis elisabeth-k.kasih@ukwms.ac.id
10 Restry Sinansari., S.Farm., M.Farm., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi restry@ukwms.ac.id
11 Farida Lanawati Darsono S.Si., M.Sc. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika farida@ukwms.ac.id
12 Ida Ayu Andri Parwitha, S.Farm., M.Farm., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis idaayu@ukwms.ac.id
13 Ivonne Soeliono, S.Farm., M.Farm-Klin., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis ivonne@ukwms.ac.id
14 Caroline, S.Si., M.Si., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia caroline@ukwms.ac.id
15 Senny Yesery Esar, S.Si., M.Sc., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia senny@ukwms.ac.id
16 Renna Yulia Vernanda, S.Si., M.Si. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi renna@ukwms.ac.id
17 Agnes Dwi Ariyanti, S.Farm., M.Eng, Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi agnes@ukwms.ac.id
18 Dra. Liliek S. Hermanu, MS., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi liliek@ukwms.ac.id
19 Dr. Monica Widyawati Setiawan, M.Sc., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika monica.w@ukwms.ac.id
20 Dra. Idajani Hadinoto, MS., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika idajani@ukwms.ac.id
21 Galuh Nawang Prawesti, S.Farm., M.Farm-Klin., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis galuh@ukwms.ac.id
22 Wahyu Dewi Tamayanti, S.Si., M.Sc, Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis dewi@ukwms.ac.id
23 Dr. Y. Lannie Hadisoewingyo, S.Si., M.Si, Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika lannie@ukwms.ac.id
24 Dr. R. M. Wuryanto Hadi Nugroho, M.Sc., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika wuryanto@ukwms.ac.id
25 Jefri Prasetyo, S.Farm., Apt., M. Pharm.Sci.   Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika jefri@ukwms.ac.id
26 Diana, S.Farm., M.Si., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia diana@ukwms.ac.id
27 Lucia Hendriati, S.Si., M.Sc., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Komunitas lucia@ukwms.ac.id
28 Drs. Y. Teguh Widodo, S.Si., M.Sc., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika teguh_w@ukwms.ac.id
29 Yudy Tjahyono, B.Sc.Biol., M.Sc.Biol. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi yudy@ukwms.ac.id
30 Dra. Siti Surdijati, MS., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Komunitas siti.s@ukwms.ac.id
31 Erwin Rahmat SSi., MM, Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika erwin@ukwms.ac.id
32 Liman Setiawan, S.Si., M.FarmKlin, Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis liman@ukwms.ac.id
33 Dra. Emi Sukarti, M.Si., Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia emi@ukwms.ac.id
34 Yufita Ratnasari Wilianto, S.Farm., M.Farm.Klin., Apt. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis yufita@ukwms.ac.id
35 dr. Hendy Wijaya, M.Biomed. Farmasi Klinis & Komunitas – Farmasi Klinis hendy@ukwms.ac.id
36 Dr. Richard Husada, Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Farmasetika richard@ukwms.ac.id
37 Dr.Phil.Nat. Elisabeth Catherine Widjajakusuma Farmasi Sains dan Teknologi – Kimia Elisabeth-c@ukwms.ac.id
38 Martha Ervina, S.Si., M.Sc, Apt. Farmasi Sains dan Teknologi – Biologi martha@ukwms.ac.id

Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Profil Profesional Mandiri

Setelah 4 tahun bekerja, lulusan Program Studi S1 Farmasi UKWMS mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan, serta nilai-nilai keutamaan Universitas yang diperoleh dari program akademiknya untuk kehidupan pada saat:

  • PPM 1: Melaksanakan pekerjaan kefarmasian di bidang pembuatan, termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian obat, bahan obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan dan alat kesehatan sesuai standar, di bawah supervisi apoteker.
  • PPM 2: Melaksanakan pengelolaan dan pelayanan kefarmasian di sarana kesehatan meliputi apotek, rumah sakit, puskesmas, dan klinik sesuai standar dan kode etik kefarmasian, di bawah supervisi apoteker.
  • PPM 3: Mengaplikasikan keilmuannya sebagai ahli farmasi dan asisten peneliti di industri dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu mengembangkan kompetensi keilmuannya ke jenjang lebih tinggi.
  • PPM 4: Menciptakan peluang dan melakukan kegiatan kewirausahaan yang kreatif dan inovatif.
  • PPM 5: Mengembangkan kompetensi diri secara terus-menerus dengan didasari nilai keutamaan Peduli, Komit dan Antusias (PEKA) demi keluhuran martabat manusia.

Capaian Pembelajaran Lulusan

KODE

CPL

CPL 1 Mampu mengidentifikasi masalah-masalah terkait obat dan alternatif solusinya berlandaskan prinsip-prinsip ilmiah untuk mengoptimalkan terapi.
CPL 2 Mampu melakukan pelayanan sediaan obat, obat tradisional dan alat kesehatan sesuai prosedur yang berlaku.
CPL 3 Mampu menyiapkan dan / atau meracik sediaan obat (steril dan non-steril) serta memilih kemasan yang tepat untuk tujuan keamanan, efektivitas, stabilitas, dan mutu sediaan.
CPL 4 Mampu mencari / menggali, menganalisis, menyiapkan, mengambil keputusan dan menyampaikan informasi terkait obat dan sediaan farmasi lainnya.
CPL 5 Menunjukkan penguasaan konsep teoritis ilmu-ilmu dasar kefarmasiasn yang menjadi landasan penguasaan ilmu kefarmasian.
CPL 6 Menunjukkan penguasaan dan penerapan konsep teoritis tentang obat, kinetika dan mekanisme kerja obat, serta hubungannya dengan sifat fisiko-kimia obat dan aktivitas biologis yang dihasilkannya.
CPL 7 Mampu menerapkan konsep teoritis dan berkontribusi dalam riset  dan pengembangan bidang kefarmasian.
CPL 8 Mampu membangun interpersonal, beradaptasi dalam lingkungan yang dinamis dan kultur budaya yang beragam serta bekerjasama dengan berbagai pihak.
CPL 9 Mampu bertindak secara bertanggung jawab sesuai ketentuan perundang-undangan, norma dan etik kefarmasian.
CPL 10 Mampu beradaptasi dalam lingkungan yang dinamis dan kultur budaya yang beragam.
CPL 11 Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan diri secara berkelanjutan.

Kurikulum


Pendidikan Sarjana (S1) Farmasi dengan beban studi 148 sks, ditempuh selama delapan semester dengan komposisi:

  • Mata kuliah wajib
  • Mata kuliah wajib minat
  • Mata kuliah pilihan bebas

Program Studi S1 Farmasi menyediakan hak belajar mahasiswa melalui Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dengan memberi kesempatan untuk mengambil berbagai mata kuliah dari Program Studi lain di lingkungan UKWMS sebagai mata kuliah pilihan/pengayaan. Selain itu mahasiswa juga dapat memprogram internship FST/ magang (6 SKS), yaitu program magang di industri selama 1-2 bulan (200 jam). Kegiatan ini didukung oleh ISPE (International Socielty fot Pharmaceutical Engineering).

Peminatan

Dalam pengembangan keilmuan, Program Studi S1 Farmasi memiliki dua bidang minat, yaitu:

  • Farmasi Sains dan Teknologi (FST)
  • Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK)

Keunggulan

  1. Program Studi S1-Farmasi telah terakreditasi A.
  2. Program pendidikan yang bersifat polivalen dengan keunggulan pada bidang industi farmasi yang didukung dengan mata kuliah spesifik untuk keunggulan tersebut.
  3. Tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional di bidangnya dan berkomitmen tinggi untuk pencapaian excellence.
  4. Kurikulum yang kompak dan up date yang memungkinkan untuk penyelesaian studi lebih cepat untuk PS S1- Farmasi dan lebih sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Adanya program paket Profesi dan S2 Manajemen Stratejik yang dapat ditempuh dalam waktu 16 bulan.
  5. Pengembangan soft skills mahasiswa melalui program sadari, mentorship, outbond, magang dan Poin Kegiatan Kemahasiswaan (PK2).
  6. Fasilitas kelas dan laboratorium yang baik, dengan jumlah yang cukup.
  7. Banyaknya beasiswa yang ditawarkan.
  8. Jaringan alumni yang cukup kuat sehingga memudahkan dalam proses pencarian kerja setelah lulus dan pertukaran informasi antar alumni maupun terselenggaranya pendidikan berkelanjutan bagi alumni.

Prospek Karir

  1. Industri obat, obat tradisional, makanan/minuman, kosmetika, dan alat kesehatan di bagian Research and Development (R&D), Produksi, Quality Control (QC), dan Quality Assurance (QA), maupun menjadi konsultan bagi industri farmasi. Beberapa alumni telah bekerja di industri-industri multi nasional seperti : PT. Kalbe Farma, PT. Ferron Par Pharmaceuticals, PT. Pharos Indonesia, PT. Sanbe Farma, PT. Bayer Indonesia, PT. Pertiwi Agung, PT. Otto Pharmaceutical, PT. Coronet Crown, PT. Interbat, PT. Merk Sharp Dohme, PT. Sandai Farma, PT. Combiphar, PT. Bernofarm, PT. Hexpharm Jaya, PT. Jamu Iboe Jaya, PT. Natura Laboratoria, PT. Dexa Medica, dll.
  1. Farmasi klinik dan komunitas: Rumah Sakit, klinik kesehatan, klinik kecantikan, laboratorium medis sebagai Apoteker Penanggung jawab Apotek atau supervisor. Beberapa alumni telah bekerja di : RSAL dr. Ramelan Surabaya, RS. Mitra Keluarga, RS. Premier Surabaya, RS. Siloam Gleneagles Surabaya, RSK. Vincentius A Paulo Surabaya, RS Umum Daerah, Laboratorium Klinik Prodia, Klinik Kecantikan Erha, dll.
  1. Birokrasi kesehatan dan Instansi Pemerintahan: Dinkes, BPOM, Kementerian Kesehatan RI. Beberapa alumni bekerja di : Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, BPOM Kupang, BPOM Manokwari, Kementrian Kesehatan RI, dll.
  1. Wirausaha dalam bidang obat, makanan/minuman dan kosmetik.
  2. Marketing Farmasi.
  3. Peneliti dan Tenaga Pendidik (dosen atau guru). Beberapa alumni telah menjadi Dosen Tetap di Fakultas Farmasi UKWMS, juga di beberapa instansi pendidikan lainnya.

Fasilitas dan Laboratorium

Sebagai sarana penunjang pendidikan, Fakultas Farmasi UKWMS dilengkapi dengan:

  • Gedung dan ruang kelas sendiri yang dilengkapi dengan Air Conditioner dan multimedia (LCD proyektor, komputer, sound system).
  • Laboratorium-laboratorium terdiri dari:
    • Laboratorium Kimia Organik
    • Laboratorium Bioanalisis
    • Laboratorium Farmasetika Dasar dan Komunitas
    • Laboratorium Botani Farmasi
    • Laboratorium Biomedik
    • Laboratorium Kimia Analisis
    • Laboratorium Diagnostik Klinik
    • Laboratorium Fitokimia
    • Farmakognosi
    • Laboratorium Mikrobiologi Farmasi
    • Laboratorium Farmasi Fisik dan Solida
    • Laboratorium Formulasi dan Teknologi Sediaan Likuida dan Semi Solida
    • Laboratorium Formulasi dan Teknologi Sediaan Steril
    • Laboratorium Farmasi Komputasi
    • Laboratorium Hewan
    • Laboratorium Penelitian
  • Ruang organisasi mahasiswa: Badan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Lembaga Pers Mahasiswa
  • Ruang praktek kewirausahaan mahasiswa: Bursa mahasiswa
  • Ruang diskusi dan ujian
  • Komputer dan layanan internet dengan fasilitas WiFi
  • Ruang baca fakultas yang khusus menyediakan buku-buku faramsi (selain Perpustakaan Pusat)
  • Perpustakaan Pusat menyediakan buku-buku farmasi dengan jumlah dan judul buku yang memadai dan terdapat fasilitas internet
  • Green house
  • Tempat praktek kerja profesi di apotek, rumah sakit, industri farmasi, puskesmas, dan instansi pemerintahan untuk mahasiswa apoteker (bekerja sama dengan praktisi)
  • Apotek Pendidikan (in progress)
  • Auditorium, ruang pertemuan

Kontak Kami

Program Studi Farmasi
Fakultas Farmasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Raya Kalisari Selatan 1 Surabaya-60112
+62 31 990 05299 – +62 31 990 05294
hod-pharm@ukwms.ac.id