Program Studi Filsafat

Profil

Fakultas Filsafat resmi berdiri pada 7 Desember 2009 dengan memperoleh SK Dikti No. 2334/D/T/2009 dan dikukuhkan melalui SK Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Surabaya No. 003/YWMS/SK/I/2010. Fakultas Filsafat didirikina dengan tujuan dasar. Yang pertama adalah kebutuhan akan sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis, rasional, membangun konsep yang jelas, memiliki pengetahuan yang mendalam serta kepekaan pada kemanusiaan, menyusun strategi, dan mampu melaksanakan semua itu secara arif di dalam praktik sehari-hari. Semua itu akan dijabarkan di dalam perkuliahan yang diselenggarakan oleh Fakultas. 
Yang kedua, Ilmu Filsafat dibutuhkan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan menyeluruh sekaligus mendalam tentang kehidupan manusia. Dengan itu, diharapkan lulusan Fakultas Filsafat mampu membantu menciptakan iklim akademik yang kritis, baik di internal perguruan tinggi ataupun di masyarakat luas. Harapannya, Fakultas Filsafat mampu menghasilkan pemikir bangsa masa depan, pengambil keputusan strategis, dan pekerja yang profesional di berbagai bidang kehidupan. 

Visi Misi

Visi
Terbentuknya komunitas akademik yang reflektif, kritis, kreatif, dan unggul dalam kajian filosofis atas permasalahan-permasalahan fundamental dengan fokus pada kajian Etika Terapan dan Filsafat Keilahian, yang dijiwai semangat tanggung jawab sosial dan dilandasi nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip kekatolikan. 

Misi
1. Menyelenggarakan perkuliahan yang mengembangkan metode berpikir filosofis, memetakan sejarah pemikiran dunia, mengkritisi permasalahan fundamental yang berkaitan dengan dunia, manusia dan Tuhan disemangati oleh rasa cinta akan kebenaran.
2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan sarjana filsafat yang kompeten dalam kajian Etika Terapan atau Filsafat Keilahian yang berfokus pada Thomisme serta memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.
3. Menyelenggarakan penelitian di bidang filsafat dengan fokus pada kajian Etika Terapan dan Filsafat Keilahian yang relevan dengan perubahan sosial. 
4. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang rutin dan terprogram khususnya di bidang pendidikan karakter dan penguatan nilai-nilai etika di masyarakat. 
5. Mengembangkan sistem tata kelola Program Studi Filsafat sebaik mungkin untuk menunjang proses pengajaran, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 
6. Menjalin kerja sama dengan berbagai institusi, baik dalam maupun luar negeri, untuk menunjang proses pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

Akreditasi

Program Studi Filsafat meraih Akreditasi B yang ditetapkan melalui SK BAN-PT No. 3797/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017. 

Daftar Staff

insert konten here

Kurikulum

Untuk dapat lulus atau mendapatkan gelar Sarjana Filsafat, mahasiswa wajib menempuh minimal 145 sks, yang terdiri dari kuliah wajib umum (77 sks), termasuk wajib menyelesaikan skripsi (6 sks), kuliah wajib fokus studi yang dipilih sendiri (46 sks), dan kuliah pilihan wajib (minimal 22 sks). 
Ada dua fokus studi yang diselenggarakan, yakni Fokus Studi Etika Terapan dan konsentrasi Filsafat Keilahian. Pada Fokus Studi Etika Terapan, diulas berbagai penerapan teori dan metode etika dalam beragam bidang praktis. Sedangkan, pada fokus studi Filsafat Keilahian akan dibahas secara mendalam tentang prinsip-prinsip fundamental ajaran katolik. Mahasiswa bisa memilih salah satu fokus studi setelah berkonsultasi dengan dosen penasihat akademik. 
Mahasiswa diberi pula kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan minat studinya, yaitu dengan menyelenggarakan banyak mata kuliah pilihan. Mahasiswa juga tetap diperkenankan untuk mengambil mata kuliah lintas prodi yang diprogramkan oleh fakultas-fakultas lain di UKWMS yang diperhitungkan sebagai mata kuliah pilihan. 

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

insert konten here

Prospek Karir

insert konten here

Fasilitas dan Laboratorium

– Ruang kelas: ruang kelas yang digunakan cukup lapang dan dilengkapi dengan fasilitasi AC, LCD, Projector, komputer, dan sound system.
– Laboratorium Filsafat: ruang laboratorium dilengkapi dengan beberapa unit komputer dan ruang baca yang memadai untuk eksplorasi mandiri atau diskusi kelompok. 
– Majalah dinding, Buletin Cogito, dan Jurnal Ilmiah Mahasiswa Wiweka yang menjadi wadah ekspresi akademis mahasiswa.  

Kontak Kami

Program Studi Filsafat
Fakultas Filsafat
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 
Jl. Raya Kalisari Selatan 1, Surabaya – 60112
+62 31 990 05299 – +62 31 990 05294