Fakultas Ilmu Komunikasi

Sambutan Dekan

Brigitta Revia S.F. – Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Selamat datang di Fakultas llmu Komunikasi UKWMS

 

Kemampuan berkomunikasi tidak bisa lepas dari setiap aspek kehidupan manusia. Hal tersebut yang ditawarkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FIKOM UKWMS) yaitu berkomitmen untuk menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi unggul dan terpercaya di Indonesia dengan mengembangkan dan menyiapkan sivitas akademika menjadi sarjana ilmu komunikasi yang berlandaskan nilai kreatif, reflektif, professional.

Hal tersebut ditunjukkan melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) yaitu dengan menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kreatif, reflektif, profesional serta mampu menerapkan kompetensinya dalam mendukung kemajuan industri, teknologi dan kesejahteraan masyarakat; juga melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan.

FIKOM UKWMS memiliki 2 program studi (Prodi), yaitu Prodi Ilmu Komunikasi (berlokasi di Kampus Surabaya) dan Prodi Bahasa Inggris (berlokasi di Kampus kota Madiun). Khususnya Prodi Ilmu Komunikasi memiliki 4 profil lulusan, yaitu Akademisi Komunikasi, Pengembang isi Komunikasi, Pelaksana Komunikasi, Kewirausahaan Komunikasi.

Mahasiswa FIKOM UKWMS memiliki peluang yang besar untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), hal tersebut didukung dengan Kurikulum yang diterapkan yaitu Outcome Based Education (OBE). Beberapa program MBKM yang sudah diikuti oleh mahasiswa dan menjadi keunggulan yaitu Pertukaran Mahasiswa (baik di dalam negeri maupun di luar negeri), Magang Bersertifikat dan Kampus Mengajar. Kurikulum Ilmu Komunikasi UKWMS juga dirancang untuk memberikan pengalaman bekerja di industri nyata melalui Kerja Praktik, baik jurnalistik, hubungan masyarakat, periklanan, dan broadcasting dengan berbagai tugas berbasis proyek. Kegiatan Tri Dharma PT tersebut juga didukung dengan adanya kerjasama baik yang terjalin dengan Dunia Usaha dan Industri, serta alumni tentunya melengkapi mutu FIKOM UKWMS.

Salam hangat,

Brigitta Revia S.F., S.I.Kom., M.Med.Kom.
Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Tentang Kami

Menghadapi perkembangan teknologi komunikasi dan keterbukaan informasi serta prospek perkembangan industri di bidang komunikasi yang semakin meningkat khususnya di Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya yang tentunya sangat membutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang komunikasi serta didorong keinginan untuk berpartisipasi dalam penyelenggaran pendidikan tinggi ilmu komunikasi, maka Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada tahun ajaran 2010/2011 membuka Program Studi  Ilmu Komunikasi.

Program Studi Ilmu Komunikasi resmi memperoleh izin operasional penyelenggaraan pendidikan pada 16 Agustus 2010 dengan SK Menteri Pendidikan Nasional bernomor 122/D/O/2010 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) pada Universitas Katolik Widya Mandala di Surabaya.

Sementara SK Yayasan Widya Mandala bernomor 107/YWMS/SK/X/2010 terbit pada 13 Oktober 2010 yang menyatakan tentang pendirian Program Studi Ilmu Komunikasi di Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Pada tanggal 5 September 2011, berdasarkan SK Yayasan nomer 090/YWMS/SK/VII/2011 Program Studi Ilmu Komunikasi resmi bernaung di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi.

Perolehan akreditasi dengan peringkat B diperoleh melalui SK BAN PT No.0490/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016.Memasuki tahun ajaran 2017/2018, Program Studi Ilmu Komunikasi mengalami perubahan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Pada tanggal 19 Maret 2020 berdasarkan SK Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Surabaya Nomor 064/YWMS/SK/111/2020 tentang Klasterisasi Program Studi di Kampus Kota Madiun Ke Dalam Unit Pengelola Program Studi (Fakultas) di Lingkungan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya maka  ditetapkan bahwa Prodi Bahasa Inggris (Sarjana) masuk ke dalam pengelolaan Fakultas Ilmu Komunikasi

Gelar yang didapat adalah Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) untuk Program Studi Ilmu Komunikasi. Gelar Sarjana Lingustik (S.Li) untuk PSDKU Bahasa Inggris. Lama Pendidikan 7-8 semester (3,5 – 4 tahun) dengan jumlah sks minimal 144 sks.

Visi Misi

Visi

Menjadi Lembaga Pengelola Program Studi Bidang Ilmu Komunikasi yang dipercaya dengan mengembangkan Sivitas Akademika berlandaskan nilai Kreatif, Reflektif, dan Profesional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kreatif, reflektif, dan profesional serta menerapkan kompetensi di bidang komunikasi untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang komunikasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan industri komunikasi
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi yang berkualitas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat

Program Studi

Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS memiliki 2 (dua) program studi, yakni:

  1. Program Studi Ilmu Komunikasi
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris – Kampus Madiun

Struktur Organisasi

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dipimpin oleh seorang Dekan, dengan dibantu Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II. Wakil Dekan I bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan penyelenggaran Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang akademik, penelitian, kemahasiswaan, dan alumni. Dan Wakil Dekan II bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang administrasi umum, kepegawaian, dan keuangan.

Struktur Organisasi

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran, Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS memiliki beberapa fasilitas serta laboratorium pendukung, diantaranya: 

Laboratorium
Laboratorium Televisi
Laboratorium Master Control
Laboratorium Public Relations
Laboratorium Editing
Laboratorium Radio 
Laboratorium Fotografi

Fasilitas lain
Kompas Corner Fikom UKWMS
Ruang Baca Fikom 

Kerja Sama

Kerja Sama Internasional yang dijalin oleh Fakultas Ilmu Komunikasi dengan berbagai perguruan tinggi diantaranya dalam bentuk Problem Base Learning (PBL) mahasiswa dengan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Osaka Institute of Technology (OIT), Shibaura Institute of Technology (SIT), dan student exchange dengan De La Salle University Dasmarinas Philippines.

Kerja Sama Nasional yang dijalin oleh Fakultas Ilmu Komunikasi diantaranya dengan berbagai kalangan. Kalangan industri media diantaranya dengan Radio Suara Surabaya, PT Kompas Media Nusantara, IDN Times. Industri jasa diantaranya dengan Hotel Santika Premiere, PT Coronet Indonesia.
Kerja sama dengan pemerintah diantaranya dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah  Jatim, Dharma Wanita Pemkot Surabaya. Kerjasama akademik dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi, Asosiasi Pengelola Jurnal Ilmu Komunikasi. Dengan gereja diantaranya dengan Gereja Santo Paulus Juanda Sidoarjo, Gereja Roh Kudus Puri Mas Surabaya, Gereja Salib Suci, Gereja Santo Yosuf Karang Pilang Surabaya. Kerja sama dengan komunitas binaan diantaranya dengan Komunitas nelayan di kawasan  Mangrove dan Nambangan Kenjeran Surabaya.

Organisasi Kemahasiswaan

Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki tiga organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas, yakni:

Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas
Lembaga Perwakilan Mahasiswa Fakultas

Jurnal

KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi

Komunikatif is issued by Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya since 2012. Komunikatif is a peer-reviewed journal. Komunikatif publishes an article from selected topics in communication studies; those are media studies, public relations, and human communication. Articles issued by Komunikatif are conceptual articles and research articles. Komunikatif aims at publishing research and scientific thinking regarding the development of communication studies and contemporary social phenomena. Komunikatif also wishes to become an eligible reference for students and/or academia, especially in the communication field. Komunikatif is issued twice a year (July and December). Komunikatif clarifies ethical behavior for all parties involved, including authors, editor-in-chief, Editorial Board, reviewers, and publisher. Komunikatif provides free access for the online version to support knowledge exchange globally.
Journal website link: Jurnal Komunikatif

Kontak Kami

Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Gedung D Lantai 1
Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya – 60265 
+62 31 5678478
[email protected]
@fikomukwms