Program Studi Ilmu Komunikasi

Profil

Menghadapi perkembangan teknologi komunikasi dan keterbukaan informasi serta prospek perkembangan industri di bidang komunikasi yang semakin meningkat khususnya di Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya yang tentunya sangat membutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang komunikasi serta didorong keinginan untuk berpartisipasi dalam penyelenggaran pendidikan tinggi ilmu komunikasi, maka Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada tahun ajaran 2010/2011 membuka Program Studi llmu Komunikasi.

Lulusan Program Studi llmu Komunikasi ini mengacu pada profesi-profesi di bidang industri komunikasi yang kreatif, reflektif, dan profesional. Profil lulusan Prodi llmu Komunikasi disusun dengan melibatkan stakeholders antara lain pengguna lulusan (user) dan juga alumni.

Gelar yang didapat adalah Sarjana llmu Komunikasi (S.I.Kom). Lama Pendidikan 7-8 semester (3,5 – 4 tahun) dengan jumlah 146 sks.

Visi Misi

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang kreatif, reflektif, profesional di bidang komunikasi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang kreatif, reflektif, dan professional serta mampu menerapkan kompetensi di bidang ilmu komunikasi untuk kemajuan serta kesejahteraan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang komunikasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan  ilmu dan industri komunikasi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi yang berkualitas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Akreditasi

Program Studi Ilmu Komunikasi berhasil meraih Akreditasi B dengan nomor SK 0490/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016.

Daftar Staff

Dosen

No Nama Bidang Minat Email
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
1 Yuli Nugraheni,S.Sos., M.Si. Ilmu Komunikasi yulinugraheni@ukwms.ac.id
2 Dr. Finsensius Yuli, P.,S.Sos., M.Med.Kom. Media dan Komunikasi finsensius@ukwms.ac.id
3 Anastasia Yuni W.,S.Sos., M.Med.Kom. Media dan Komunikasi Anastasia_widya@ukwms.ac.id
4 Maria Yuliastuti,S.Sos., M.Med.Kom. Media dan Komunikasi Maria_yuliastuti@ukwms.ac.id
5 Theresia Intan Putri H.,S.Sos., M.I.Kom.  Ilmu Komunikasi theresiaintan@ukwms.ac.id
6 Ignatius Rys Dedi Prastowo,S.Sos., M.Si.  Ilmu Komunikasi rys@ukwms.ac.id
7 Drs. Nanang Krisdinanto M.Si.  Media dan Komunikasi nangkris@ukwms.ac.id
8 Lusy Evylia Puspita, SE., M.Si. Media dan Komunikasi lusyevylia@gmail.com
9 Brigitta Revia S. F., S.I.Kom., M.Med.Kom.  Media dan Komunikasi gita@ukwms.ac.id
10 Etty Ariaty Soraya, S.Sos., M.A.  Art Management and Creative Enterprises ettysor@gmail.com
11 Akhsaniyah, S.Sos., M.Med.Kom.  Media dan Komunikasi akhsaniyah@ukwms.ac.id
12 Puput Tri Kusminto, S.IP., M.Med.Kom. Media dan  Komunikasi rizaldyputjok@gmail.com
13 Agatha Winda Setyarinata,S.I.Kom.,MA Ilmu Komunikasi agathaws@ukwms.ac.id
14 Christopher Candra,S.Des.,M.Des S2 Desain christopher@ukwms.ac.id


Tenaga Kependidikan

No Nama Posisi
1. Agustina Aji Ayuningtyas, A.Md. Kepala Tata Usaha
2. Gerson Dwi Putra Hollo Staf Tata Usaha
3. Ida Elianna Sembiring Pandia   Staf Tata Usaha
4. M. Harza Suhardi,S.Sos Laboran

Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian pembelajaran yang dirumuskan mencakup 4 hal, yaitu:

  1. Sikap merupakan perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
  2. Pengetahuan merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
  3. Keterampilan merupakan kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran, mencakup:
    • Keterampilan umum sebagai kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi; dan
    • Keterampilan khusus sebagai kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi.

Kurikulum

Kurikulum Program Studi llmu Komunikasi didesain dengan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) minimal yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana adalah sebanyak 146 SKS. Struktur kurikulum Prodi llmu Komunikasi menyediakan 146  SKS matakuliah wajib dan 8 SKS matakuliah pilihan.

Matakuliah wajib adalah matakuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa, sedangkan matakuliah pilihan adalah matakuliah yang boleh diambil mahasiswa diluar jumlah SKS minimal (146 SKS).

Matakuliah lintas prodi juga dimasukkan sebagai matakuliah pilihan bebas. Mata kuliah pilihan bebas yang ditawarkan oleh Program studi llmu Komunikasi adalah matakuliah dari Program Studi lain, diantaranya Prodi Manajemen, Prodi Pendidikan Bahasa lnggris, Prodi Filsafat, dan Prodi Psikologi.

Matakuliah disusun untuk menghasilkan sarjana yang mampu berwirausaha dalam bidang komunikasi. Proses akhir di Program Studi llmu Komunikasi ditempuh melalui jalur skripsi (tidak ada jalur non skripsi). 

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

Program studi ilmu komunikasi mempelajari tentang pengemasan dan penyampaian pesan baik industri media, perusahaan, dan bidang creative Industry  (televisi, koran, majalah, online, film humas pemerintahan, humas perusahaan, komunikasi pemasaran, periklanan)

  • Kurikulum disusun secara sistematis, baik teori maupun praktek dengan proses belajar mengajar yang interaktif dan kreatif, sehingga mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan komunikasi. Staf pengajar yang kompeten di bidang ilmu komunikasi dan didukung praktisi yang berpengalaman
  • Mahasiswa diberikan kesempata untuk mengembangkan soft skill sesuai minat dan bakat, baik di bidang intelektual, sosial, olahraga, seni, kerohanian, pecinta alam
  • Kesempatan magang di perusahaan bidang komunikasi sehingga mahasiswa memiliki pengalaman secara langsung dengan dunia kerja didukung kerjasama dengan berbagai industri komunikasi diantaranya Suara Surabaya Media, Kompas Media Nusantara, IDN Times, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia dan Jawa Timur, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jatim,dll.

Prospek Karir

Lulusan dapat berkarir sebagai:

  1. Pelaksana Penelitian Komunikasi: Akademisi, Peneliti, Perencana: Media Planner, Media Consultant, Public Relations Researcher, Communication Consultant, Communication Researcher.
  2. Pengembang Isi Pesan Komunikasi: Jurnalis, Reporter, Fotografer, Jurnalistik, Public Relations Manager
  3. Pelaksana Program Komunikasi: Presenter, Cameramen, Editor, Script Writer, Corporate Public Relations. Event Organizer, Media Relations Officer, Community Relations Officer, Employee Relations Officer, Customer Relations Officer
  4. Wirausaha dan Praktisi Komunikasi: Creative Advertising, Production House, Creative Design Communication

Fasilitas dan Laboratorium

Fasilitas yang tersedia:

  1. Akses internet (free wi-fi) di lokasi-lokasi yang telah disediakan
  2. Perpustakaan dan ruang baca dilengkapi koleksi bacaan dengan katalog online dan digital library
  3. Ruang kelas yang nyaman dan ber-AC
  4. ATM di dalam kampus
  5. Sarana olahraga dan seni
  6. Bursa kerja online
  7. Kerjasama khusus dengan berbagai industri media dan korporasi

Laboratorium terpadu yang terdiri dari:

  1. Laboratorium Televisi
  2. Laboratorium Master Control
  3. Laboratorium Public Relation
  4. Laboratorium Editing
  5. Laboratorium Radio
  6. Laboratorium Fotografi
  7. Kompas Corner Fikom WM
  8. Ruang Baca Fikom

Kontak Kami

Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Gedung D lantai 1
Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya
031-5678478