Fakultas Kedokteran

Sambutan Dekan

Perguruan tinggi atau program studi dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang telah dihasilkan harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya telah melakukan Akreditasi ulang tahun 2019, berdasarkan SK LAM-PTKes No. 0057/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2019 untuk Prodi Sarjana Kedokteran dan No. 0058/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2019 untuk Prodi Profesi Dokter, dimana kedua Prodi tersebut mendapatkan Akreditasi B pada tgl 23 Pebruari 2019.

Kami mengucapkan selamat memasuki dunia perguruan tinggi kepada mahasiswa- mahasiswi yang telah memutuskan untuk menjadi dokter, sebagai karir dan panggilan hidup dan karena itu telah memilih menempuh studi di Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, sesuai panggilan hatinya untuk menjadi dokter yang profesional yang dibutuhkan masyarakat luas di segala pelosok dalam negeri maupun di luar negeri. Untuk ini kita harus bekerja keras selama proses pendidikan seperti juga nanti sebagai dokter kelak, dengan peduli, komitmen dan antusias (PeKA) yang akan dijalani dengan keterlibatan penuh dan disiplin  serta  “jurasi” (jujur, rajin dan relasi yang baik dengan semua orang).

Program pendidikan di Fakultas Kedokteran UKWMS menerapkan student-centered learning dengan bentuk kurikulum berupa sistem blok yang menggunakan metode problem-based learning. Untuk pengembangan etika moral, mahasiswa akan dilatih melalui Diskusi-diskusi Dilema Moral (DDM). Dengan demikian akan menjadi dokter lulusan FK UKWMS yang profesional dengan integritas moral serta soft skills yang prima, dan yang melayani dengan kasih yang menerapkan Iman, Ilmu dan Amal.
Saat ini masyarakat dan negara masih sangat membutuhkan tenaga kesehatan, yaitu : dokter, perawat dan teknisi dalam bidang kesehatan. Untuk ini Fakultas Kedokteran Unika Widya Mandala Surabaya ingin ikut memberi andil dalam mengembangkan pendidikan kedokteran yang baik di Indonesia sesuai dengan yang digariskan oleh Konsil  Kedokteran Indonesia.

Situasi pandemik Covid-19 mengubah banyak hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pendidikan di Fakultas Kedokteran UKWMS menjadi berbasis teknologi dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Diperlukan adaptasi dari para dosen dan mahasiswa termasuk unit-unit yang berhubungan dengan kegiatan Pendidikan. Mahasiswa baru dan mahasiswa lama terkena dampak dari perubahan dan menjadikan tantangan kita bersama untuk melalui situasi ini.

Surabaya, Juli 2021
Dekan FK UKWMS
Prof. Dr. Dr.med. Paul Tahalele, dr., Sp.B., Sp.BTKV(K), FICS


Tentang Kami

Fakultas Kedokteran berdiri atas inisiatif dan prakarsa Prof. V. Henky Supit, SE.,Ak. yang pada saat itu bertindak selaku Ketua Yayasan Widya Mandala Surabaya. Hal ini disebabkan karena AFTA waktu itu sudah begitu dekat dan kebutuhan akan tenaga dokter profesional di Indonesia meningkat dengan tajam. Beliau merasa terpanggil untuk mencoba mengisi kekurangan tersebut. Ide ini kemudian dibahas lebih mendalam dengan Anggota Yayasan dan Rektorat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan beberapa orang lain lagi. Tim pendirian program studi pendidikan dokter yang dipimpin oleh Prof. W. F. Maramis, dr., SpKJ (K) mewujudkan ide tersebut. Dan akhirnya berdirilah secara resmi dengan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional No. 49/E/0/2011 tanggal 23 Maret 2011 tentang lzin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter S1 pada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, yang kemudian mendirikan Fakultas Kedokteran dengan SK Yayasan Widya Mandala Surabaya No. 030/YWMS/SK/111/2011. Saat ini akreditasi ulang telah dilakukan pada tahun 2019, berdasarkan SK LAM-PTKes No. 0057/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2019 untuk Prodi Sarjana Kedokteran dan No. 0058/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2019 untuk Prodi Profesi Dokter, maka kedua Prodi mendapatkan Akreditasi B pada tgl 23 Pebruari 2019.


Visi Misi

VISI

Menjadi institusi pendidikan berlandaskan Pancasila yang menghasilkan dokter professional dengan integritas moral, soft skills yang prima, peduli kepada masyarakat dengan unggulaln dalam bidang geriatri dan kedokteran keluarga serta melayani dengan penuh kasih.

MISI

  1. Mengembangkan institusi pendidikan dan manajemen kedokteran Widya Mandala dengan kemampuan tata-kelola yang akuntabel (good faculty governance).
  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian dasar dan terapan serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan, dengan unggulan di bidang geriatri dan kedokteran keluarga dengan semangat pelayanan penuh kasih.
  3. Menyelenggarakan peningkatan dan pengembangan tatakelola program kepaniteraan klinik, kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat dengan kelancaran berkesinambungan tepat waktu.
  4. Mendorong institusi Fakultas Kedokteran sebagai bagian dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai a Life Improving University yang mengutamakan nilai PeKA (Peduli, Komit, Antusias) supaya alumninya senantiasa mempunyai kemampuan belajar sepanjang hayat.

Program Studi

Fakultas Kedokteran UKWMS memiliki dua program studi:

    1. Program Studi Kedokteran S1
    2. Program Studi Pendidikan Profesi Dokter

Fasilitas

  1. Laboratorium Kedokteran:
    1. Laboratorium anatomi
    2. Laboratorium histologi
    3. Laboratorium fisiologi
    4. Laboratorium biokimia
    5. Laboratorium patologi klinik
    6. Laboratorium patologi anatomi
    7. Laboratorium mikrobiologi
    8. Laboratorium parasitologi
    9. Laboratorium farmakologi
  2. Laboratorium Penunjang Kedokteran:
    1. Skills lab
    2. Laboratorium CBT
    3. Ruang OSCE
    4. Laboratorium Bahasa
    5. Komputer dan jaringan Internet (termasuk digital library)
  3. Fasilitas lain:
    1. Ruang Kuliah dan Ruang Diskusi
    2. Ruang Koleksi Buku dan Baca
    3. Perpustakaan
    4. Pojok Kemahasiswaan
    5. WiFi gratis
    6. Lapangan olahraga
    7. Ruang Pertemuan
  4. Lahan praktik di Rumah Sakit dan Puskesmas/Daerah Binaan:
    1. Lahan Praktik Klinik di beberapa RS besar:
      • RS PHC Surabaya
      • RS Jiwa Menur Surabaya
      • RS Gotong Royong Surabaya
      • RS Jiwa Radjiman Wedyodiningrat Lawang
      • RS Bhayangkara II H.S. Samsoeri Mertojoso Surabaya
      • RSAL dr. Ramelan Surabaya
      • RS Sidowaras Mojokerto
      • RS Jasem Sidoarjo
      • RS Paru Surabaya
      • RS Islam Jemursari, Surabaya
    2. Lahan Praktik Kemasyarakatan:
      • Puskesmas – puskesmas di Surabaya
      • Puskesmas puskesmas di Gresik
      • Daerah Binaan yang dapat menjadi daerah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Kerja Sama

  1. lnternasional dengan:
    1. Kaohsiung Medical University, Kaohsiung – Taiwan
    2. Sidney Medical School, Sydney – Australia
    3. SingHealth, Pte., Ltd., Singapura
  2. Nasional dengan:
    1. Universitas Airlangga, Surabaya
    2. Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta
    3. Universitas Hang Tuah, Surabaya
    4. Universitas Udayana, Denpasar – Bali
    5. Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Laut (TNI­ AL)
    6. Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL
  3. Organisasi dengan:
    1. Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)
    2. Asosiasi lnstitusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI)
    3. Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI)
    4. Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI)
    5. lkatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur
    6. lkatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya
    7. Komunitas Medik Katolik Surabaya (KMKS)
  4. lnstitusional dengan:
    1. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur
    2. Dinas Kesehatan Kota Surabaya
    3. Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik

Organisasi Kemahasiswaan

Untuk meningkatkan soft skillnya, mahasiswa FK UKWMS dapat bergabung dalam organisasi kemahasiswaan, yakni: 

Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF)
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas (LPMF)

Jurnal

1.JURNAL WIDYA MEDIKA

Jurnal Widya Medika (e-ISSN 2623-2723 & p-ISSN 2338-0373) is the official publication media of Widya Mandala Catholic University Surabaya Faculty of Medicine. Jurnal Widya Medika publishes original research articles, case reports and literature reviews from scientists of various medical education and research institutions, including select scientific works from medical students. All articles published had undergone plagiarism check, editorial review by the editorial board, and peer review by experts from their respective fields in order to maintain the high standard of articles published in Jurnal Widya Medika.

Journal website link: Jurnal Widya Medika

2. JOURNAL OF WIDYA MEDIKA JUNIOR

Journal of Widya Medika Junior (E-ISSN 2656-1409) is our faculty’s very first project in publishing the students’ research, making them available for both students and faculty members to read. It is an endeavour to nurture our students’ passion in doing scientific research through which process they will be encouraged to develop critical thinking, academic writing, an in-depth analysis of a particular topic using scientific method, and eventually produce knowledge. To ensure that those research are of high quality, the students are supervised along the research process by the teachers. By doing so, we are carrying out one of the Tridharma Perguruan Tinggi (Three Pillars of Higher Education comprising Education, Research and Community Service). Furthermore, if we are to become one of the top universities, we should need to enhance our productivity in research along with its publication. In a hope of enhancing our university ranking by investing more on research, we would also make our share in resolving problems and challenges at both national and global levels.


Journal website link: Jurnal Widya Medika Junior

Kontak Kami

Fakultas Kedokteran 
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 
Jl. Raya Kalisari Selatan 1, Pakuwon City, Surabaya – 60112 
+62 31 990 05299 
[email protected] | [email protected]
@fkukwms | @alumnifkukwms