Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sambutan Dekan

Selamat datang di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Didirikan pada tahun 1960, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UKWMS) berkomitmen untuk memberikan layanan pembelajaran bermutu guna menyiapkan pendidik profesional yang berkarakter, reflektif, dan kreatif. FKIP UKWMS juga berpartisipasi aktif dalam pembangunan pendidikan nasional dengan berpartisipasi dalam kegiatan riset dan pengabdian masyarakat yang berdampak positif bagi peningkatan kehidupan sesama.

Sebagai fakultas tertua, FKIP UKWMS memiliki enam Program Studi (Prodi) S1 dan Pendidikan Profesi. Tiga Prodi pertama (Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Matematika) berada di FKIP UKWMS Kampus Madiun, sedangkan tiga Prodi lainnya (Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini/PG PAUD) dan Pendidikan Profesi Guru berada di FKIP UKWMS Kampus Surabaya.

Pada beberapa dekade sebelumnya, UKWMS Kampus Madiun dan UKWMS Kampus Surabaya adalah dua kampus yang terpisah secara manajerial. Pada tahun 2019 UKWMS Kampus Madiun dan UKWMS Kampus Surabaya menggabungkan diri ke dalam satu Yayasan (Yayasan Widya Mandala Surabaya berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 442/KPT/I/2019. Kemudian pada tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Surabaya Nomor: 064/YWMS/SK/III/2020, secara resmi tiga Prodi di UKWMS Kampus Madiun, yaitu Prodi Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Matematika bergabung dengan FKIP UKWMS Kampus Surabaya.

Pada tahun 2018, FKIP UKWMS mengajukan pendirian Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan dua bidang, yaitu bidang pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Fisika. Kehadiran Program Profesi ini menjadikan menu pilihan studi di FKIP UKWMS lengkap. FKIP UKWMS menyediakan bukan saja Program Akademik (S-1) tetapi juga Program Profesi pasca S-1.

Kepercayaan (trust) yang diberikan publik maupun Pemerintah (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi/Kemdikbudristek) terus meningkat sehingga pada tahun 2018 FKIP UKWMS dipercaya oleh Kemdikbudristek untuk melaksanakan peran sebagai Lembaga Pelaksana Diklat Penguatan Kepala Sekolah (LPD PKS) pada tahan 2018, 2019, dan 2020 dan pada tahun 2021 FKIP UKWMS ditugasi oleh Kemdikbudristek untuk membantu penyelenggaraan Diklat Calon Kepala Sekolah. Tidak hanya sampai di situ, pada tahun 2018 dan 2019 FKIP UKWMS menerima hibah Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Program ini merupakan kolaborasi para dosen FKIP dengan para guru sekolah mitra untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah. Selain itu, sejak tahun 2021 FKIP UKWMS juga mendapat mandat dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek untuk berpartisipasi dalam Program Sekolah Penggerak melalui keterlibatan Dosen FKIP sebagai Asesor, Pelatih Ahli, atau Fasilitator Program Sekolah Penggerak.

Selain mendukung dan berpartisipasi dalam program-program dalam negeri Kemdikbudristek, FKIP UKWMS juga aktif mengikuti program-program internasionalisasi Kemdikbudristek (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka/MBKM) seperti IISMA (Indonesia International Student Mobility Awards) demi menguatkan internasionalisasi Prodi di lingkungan FKIP UKWMS. Selain itu, internasionalisasi Prodi juga diperkuat dengan sinergi FKIP UKWMS dengan The University of the Immaculate Conception Philippines dan Lourdes College Southern Philippines.

Sinergi berkelanjutan FKIP UKWMS dengan lembaga-lembaga mitra karya adalah perwujudan komitmen kami dalam upaya untuk senantiasa menghadirkan layanan pembelajaran yang bermutu dengan lingkungan pembelajaran yang humanis.

Salam hangat,

Dr. V. Luluk Prijambodo, M.Pd.
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Tentang Kami

Pada tanggal 20 September 1960, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan didirikan di Madiun. Pendirian Fakultas ini dikukuhkan oleh Yayasan Widya Mandala (YWM) dengan Surat Keputusan No. 318/Sek/Ya/72. Sejalan dengan pekembangan Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi Negeri, dan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 159 tahun 1965, mulai tanggal 7 Agustus 1965 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Widya Mandala dijadikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Widya Mandala. Akibatnya sejak tahun ini YWM mengelola 2 Perguruan Tinggi yaitu Universitas Widya Mandala dan IKIP Widya Mandala.

Atas persetujuan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VI (sekarang Wilayah VII) di Surabaya dan berdasarkan Surat Keputusan Jenderal Perguruan Tinggi No. 164, mulai tanggal 27 Agustus 1969 IKIP Widya Mandala diubah menjadi Fakultas Ilmu Keguruan (FIK) dan diitegrasikan ke dalam Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Karena sebutan FIK ini dirasa kurang sesuai dengan fungsinya yang sebenarnya, maka atas dasar Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Wilayah VI (pada waktu itu) No. 032/I/1974 tanggal 8 Mei 1974 terhitung mulai tanggal 1 April 1970 nama FIK diubah menjadi Fakultas Keguruan (FK).

Akhirnya dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 014/I/1983 dan Keputusan Rapat Badan Pekerja Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya tanggal 14 April 1984, sebutan FK diubah kembali menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan tetap menjadi bagian dari Universitas Katolik  Widya Mandala Surabaya.

Pada tahun 2018, terjadi penggabungan kembali antara Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 442/KPT/I/2019. Penggabungan Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, serta Bimbingan dan Konseling di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ditetapkan dengan Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasa Widya Mandala Surabaya Nomor: 064/YWMS/SK/III/2020. Dengan demikian FKIP UKWMS memiliki 3 program studi S1 di Surabaya, 3 program studi S1 di Kota Madiun, dan 1 Program Studi Profesi (PPG) di Kampus Surabaya.

Visi Misi

Visi
Menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang unggul untuk mempersiapkan guru yang reflektif, kreatif, dan berdampak positif bagi peningkatan kehidupan sesama, serta dilandasi nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik untuk jenjang Strata Satu Pendidikan dan Pendidikan Profesi Keguruan.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas untuk menghasilkan:

  • Pendidik yang kompeten, profesional, dan bermoral dalam bidang ilmu/profesi yang ditekuni
  • Pendidik yang tanggap pada perubahan, mampu memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam profesinya dan punya semangat belajar sepanjang hayat
  • Pendidik yang peduli, komit dan antusias dalam menjalankan profesinya
  • Temuan dan Gagasan inovatif untuk ikut memecahkan persoalan pendidikan di masyarakat, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Struktur Organisasi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dipimpin oleh seorang Dekan, dengan dibantu Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II. Wakil Dekan I bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan penyelenggaran Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang akademik, penelitian, kemahasiswaan, dan alumni. Dan Wakil Dekan II bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang administrasi umum, kepegawaian, dan keuangan.

Struktur Organisasi

Fasilitas

  1. Sarana yang tersedia adalah:
    • Program-program yang diusung meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa baik yang secara mandiri ataupun terstruktur
    • Peralatan laboratorium yang lengkap (komputer dengan jaringan internet, buku-buku, modul kegiatan mandiri terstruktur)
    • Peralatan Teknologi Informasi maupun non Teknologi Informasi yang menunjang pembelajaran di laboraratorium untuk kegiatan praktikum
    • Koleksi buku dan journal yang tersimpan di perpustakaan
    • Koleksi buku di SAC dan LPK
    • Koleksi CD/Cassette dan software pembelajaran di DLL
    • Sarana internet dan Teknologi Informasi yang di kelola PDI (Pusat Data Informasi)
    • Peralatan musik/band untuk digunakan mahasiswa
    • Komputer di laboratorium (Multimedia, Reading Writing, dan SAC)
    • Peralatan pembelajaran di setiap kelas (LCD Projector, Whiteboard)
  2. Prasarana yang tersedia adalah:
    • Ruang pembelajaran yang ber-AC dengan fasilitas yang lengkap seperti whiteboard, audio- sound system, LCD Projector dan komputer.
    • Laboratorium Micro Teaching.
    • Laboratorium untuk mahasiswa Belajar Mandiri – Self Access Center (SAC).
    • Laboratorium Komputasi dengan fasilitas internet.
    • Movie Room, Audiovisual Room, dan tutorial room di SAC.
    • Ruang-ruang: ruang pelatihan yang dilengkapi dengan audio-sound system yang memada), Common Room, Dua buah auditorium.
    • Perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap dan tersedia fasilitas internet
    • Ruang doa/kapel untuk mahasiswa berkegiatan rohani.

Kerja Sama

FKIP UKWMS memiliki kerja sama yang erat dalam bidang pendidikan dan penelitian dengan berbagai institusi baik di dalam dan di luar negeri. Kerjasama dengan Vancouver Island University Canada (VIU) telah melahirkan Program Studi PG PAUD (Early Childhood Education) yang berdiri pada tahun 2016. Sejak 2009 Program Studi Pendidikan Fisika UKWMS menjalin kerjasama di bidang penelitian pendidikan fisika dengan Physics Education Research Center of Kansas State University. Selain itu, kerjasama dengan AIFIS dan RELO, US Embassy juga dilaksanakan dalam rangka menghadirkan nara sumber internasional di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

Dalam bidang pendidikan dan pengalaman lapangan persekolahan (PLP) FKIP bekerjasama dengan berbagai sekolah mitra yang unggul untuk memberikan pengalaman bermakna bagi para mahasiswa. Selain itu, kerjasama dalam rangka Program Pertugkaran Mahasiswa ( Student Exchange) juga sudah dilaksnakan dengan berbagai universitas unggul baik dari dalam maupun luar negeri. Pada tahun 2021/2022 FKIP UKWMS berhasil mengirim 6 mahasiswa dalam IISMA.

Kerjasama yang telah dilakukan dengan berbagai institusi pendidikan, antara lain:

Sekolah Menengah (tempat Praktik Pengalaman Lapangan), universitas swasta yang tergabung dalam APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik) dan perguruan tinggi negeri (seminar, penelitian, dan lain-lain).

Organisasi Kemahasiswaan

Untuk semakin mengembangkan soft skill mahasiswanya, dapat bergabung melalui Organisasi Kemahasiswaan diantaranya: 

Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF)
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas (LPMF)
Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika 
Himpunan Mahasiswa Jurusan PG-PAUD
English Department Student Association (EDSA)
Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika
Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia
Himpunan Jurusan Bimbingan dan Konseling

Jurnal

Magister Scientiae (e-ISSN 2622-7959 & p-ISSN 0852-078X)

Magister Scientiae is a peer-reviewed journal that publishes original research reports and critical-review articles on education practices in its widest sense, including math & science education, literacy & language education, civics and character education, early childhood education, technology in education, as well as education evaluation and policies.

Website: Magister Scientiae

Kontak Kami

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Gedung A lantai 2
Jl. Kalijudan 37 Surabaya – 60114
+62 31 389 1264 / +62 31 381 3070
dean-edu@ukwms.ac.id