Fasilitas

Laboratorium

  1. Laboratorium Pembelajaran Mandiri (Self Access Center)

SAC merupakan fasilitas untuk belajar secara mandiri yang difokuskan untuk pembelajaran Structure. Mahasiswa dapat mengerjakan soal latihan berbentuk digital dan paper-based dan berkonsultasi dengan para konselor yang siap membantu. Pembelajaran dalam bentuk digital ini juga diperkaya dengan aktitivas belajar melalui permainan/games di mana fasilitas ini merupakan hasil dari Hibah Desentralisasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah bermain language games, melihat video dan mendengarkan audio. Selain itu, Laboratorium Pembelajaran Mandiri ini juga mengadakan kegiatan rutin seperti melihat video bersama, conversation club, bedah film, bedah buku, dan berbagai lomba bahasa Inggris.

  1. Laboratorium Multimedia

Laboratorium ini secara umum dipergunakan untuk memberikan perkuliahan yang berhubungan dengan matakuliah IT. Di luar perkuliahan, laboratorium ini dipergunakan mahasiswa untuk berinternet.

  1. Laboratorium Reading and Writing

Laboratorium ini diperuntukkan bagi mahasiswa untuk mengerjakan tugas mengarang dan tempat berkonsultasi. Untuk mendukung tujuan di atas, laboratorium ini dilengkapi dengan komputer yang terhubung dengan internet dan referensi yang memadai.

  1. Laboratorium Micro Teaching

Laboratorium ini dipergunakan untuk latihan mengajar secara efektif bagi mahasiswa sebelum mereka melakukan Program Pengalaman Lapangan di sekolah praktek selama 36 hari kerja. Keunggulan laboratorium ini adalah bahwa kegiatan belajar-mengajar bisa direkam untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi.

  1. Laboratorium Bahasa Digital (Digital Language Laboratory)

Laboratorium Bahasa Digital adalah laboratorium yang digunakan bagi mahasiswa untuk melatih kemampuannya dalam mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Mahasiswa dapat mengakses berbagai soal latihan yang telah disediakan dan berkonsultasi dengan asisten laboratorium untuk meningkatkan kemampuan mereka. Selain itu, laboratorium ini dilengkapi dengan software x-class yang memungkinkan interaksi yang optimal pada saat proses belajar-mengajar, khususnya untuk mata kuliah yang berhubungan dengan kemampuan mendengar dalam bahasa Inggris. Mahasiswa yang membutuhkan layanan cetak bisa mendapatkannya di laboratorium ini.

  1. Ruang Band

Ruang Band merupakan fasilitas bersama milik FKIP, memuat seperangkat alat band lengkap (1 set drum, dua gitar listrik, gitar akustik,bass guitar, keyboard, cajon, dan sound system yang memadai)

  1. Common Room

Ruang serbaguna yang dilengkapi 20 meja console dan kursi, seperangkat sofa, dan koleksi berbagai buku, digunakan bersama untuk ruang baca, belajar, rapat mahasiswa, mengerjakan tugas, dan diskusi.

  1. Studio Produksi Video Media Pembelajaran

Studio ini menyediakan fasilitas untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video, meliputi proses penyusunan naskah video, pengambilan gambar, editing dan rendering, serta berbagai hal berkaitan dengan recording dan editing audio dan video.

Fasilitas Lain

Prasarana yang tersedia di PSPBI adalah:

  • 15 ruang pembelajaran yang ber-AC dengan fasilitas yang lengkap seperti papan tulis/whiteboard, audio-sound system, LCD Projector, dan komputer.
  • Ruang pelatihan yang terletak di Gedung Bartholomeus untuk penyelenggaraan kegiatan training untuk dosen dan mahasiswa. Ruang pelatihan dengan ukuran cukup besar untuk 60 orang, lengkap dengan meja dan kursi standard kantor, sehingga memungkinkan peserta pelatihan untuk leluasa duduk menulis dan menggunakan laptop. Ruang pelatihan cukup akomodatif karena juga dilengkapi dengan sound system yang memadai.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap dan tersedia fasilitas internet
  • Dua buah auditorium, satu auditorium utama, berkapasitas 250 tempat duduk lengkap dengan stage ukuran 8mx6m di gedung Albertus, dan satu auditorium sekunder,berkapasitas 120 tempat duduk, di gedung Dionisius lantai 4. Auditorium ini digunakan sebagai wadah untuk pertemuan keilmuan antara dosen-mahasiswa, baik dalam kampus maupun dengan luar kampus. Auditorium juga rutin digunakan untuk memfasilitasi kegiatan akademik seperti kegiatan seminar, kuliah tamu, workshop, pertemuan mahasiswa dengan dosen, menerima kunjungan kemahasiswaan, maupun aneka acara lomba.
  • Ruang kapel di Gedung A lantai 1 untuk kegiatan misa dan kegiatan kerohanian lainnya.

Sarana yang tersedia di PSPBI adalah:

  • Program-program yang diusung meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa baik yang secara mandiri ataupun terstruktur.
  • Peralatan laboratorium yang lengkap (komputer dengan jaringan internet, buku-buku, dan modul kegiatan mandiri terstruktur).
  • Peralatan IT maupun non-IT yang menunjang pembelajaran di laboraratorium untuk kegiatan praktikum berbagai kemampuan berbahasa Inggris sudah sangat mencukupi.
  • Koleksi buku dan journal yang tersimpan di perpustakaan.
  • Koleksi buku di SAC dan Laboratorium Praktek Keguruan (LPK)
  • Koleksi CD/Cassete dan software pembelajaran di DLL
  • Sarana internet dan IT yang di kelola Pusat Data dan Informasi (PDI)
  • Peralatan pembelajaran di setiap kelas (LCD Projector, Whiteboard)
  • Perangkat komputer di laboratorium (Multimedia, Reading Writing, dan SAC)
  • Perlatan musik/band untuk mahasiswa