Kurikulum

Visi Prodi

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang S1 yang unggul dalam mempersiapkan guru bahasa Inggris yang reflektif, kreatif, dan berdampak positif bagi peningkatan sesama serta dilandasi nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik.

Misi Prodi

Menyelenggarakan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam upaya menghasilkan:

  • Guru Bahasa Inggris yang kompeten, profesional, dan bermoral;
  • Guru Bahasa Inggris yang peduli, komit, dan antusias dalam menjalankan profesinya;
  • Guru Bahasa Inggris yang tanggap pada perubahan, mampu memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara kreatif, dan mempunyai semangat untuk belajar sepanjang hayat (life-long learning);
  • Temuan dan gagasan inovatif untuk memecahkan persoalan pendidikan Bahasa Inggris di masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Profil Profesional Mandiri

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya merupakan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang profesional dan karenanya:

  1. mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi;
  2. menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
  3. mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok;
  4. dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

  1. Mampu menyampaikan setiap pokok bahasan mata pelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum bahasa Inggris di SekolahMenengah,
  2. Mampu mengaplikasikan metode pembelajaran yang sesuai untuk setiap pokok bahasan mata pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan di kelas,
  3. Mampu melaksanakan pengelolaan kelas dan evaluasi pembelajaran secara tepat.

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu menyampaikan setiap pokok bahasan mata pelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum Bahasa Inggris Sekolah Dasar,
  2. Mampu mengaplikasikan metode pembelajaran yang sesuai untuk setiap pokok bahasan mata pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan di kelas pada level Sekolah Dasar,
  3. Memiliki integritas dan karakter yang unggul yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik,
  4. Mampu bekerjasama secara profesional dan mampu beradaptasi dengan tantangan dunia kerja.

Kompetensi Khusus

  1. Mempunyai keahlian dalam bidang penerjemahan dan content writing, blog writing, book writing,
  2. Mempunyai keahlian di bidang jurnalisme dan penyiaran,
  3. Memiliki keahlian berkomunikasi Bahasa Inggris dalam bidang bisnis,
  4. Memiliki keahlian di bidang industri perhotelan dan pariwisata.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

  1. Lulusan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris tentang berbagai topik untuk berbagai audiens dalam berbagai genre secara lisan dan tertulis untuk berbagai tujuan dengan efektif.
  2. Lulusan mampu menganalisis, merancang, mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran bahasa Inggris, serta melaksanakan proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter, ketrampilan abad 21, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
  3. Lulusan mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan materi pembelajaran, proses belajar mengajar, evaluasi pembelajaran, dan tujuan pendidikan lainnya.
  4. Lulusan mampu menganalisis fenomena lingusitik dan sastra serta mengaplikasikannya dalam dalam praktik pendidikan bahasa Inggris, pengembangan materi dan evaluasi pembelajaran.
  5. Lulusan mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan dan pengajaran serta mendesiminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Inggris melalui seminar dan publikasi.
  6. Lulusan dapat hidup dan bekerja secara profesional, reflektif, and menjadi pembelajar sepanjang hayat, dan bisa menjadi warganegara yang baik yang menjunjung tinggi ideologi negara Pancasila dan prinsip-prinsip universal kekatolikan untuk kebaikan bersama masyarakat Indonesia.
  7. Lulusan dapat menjadi model dari pembelajar sepanjang hayat yang bisa memotivasi siswa dan menjadi inspirasi publik dalam pengembangan kemampuan Bahasa Inggris sebagai alat untuk hidup di abad 21 dan bisa memberikan dampak positif di kehidupan masyarakat Indonesia.
  8. Lulusan mempunyai wawasan dan untuk menduduki posisi struktural di sekolah dengan adanya matakuliah Manajemen Berbasis Sekolah.

Sistem Pembelajaran Daring

Dalam usaha melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dalam jaringan (daring), Prodi menggunakan satu LMS (Learning Management System) yang terpusat di tingkat Universitas yang dinamakan Bella atau Belajar dan Latihan, yang diakses melalui tautan http://bella.ukwms.ac.id. LMS ini berbasis Moodle dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan secara spesifik. Bella digunakan secara interaktif oleh para dosen guna mengadakan pembelajaran synchronous dan asynchronous, menampung materi kuliah serta tugas, menyimpan dan mengupdate nilai, mendokumentasikan kegiatan perkuliahan (presensi), dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan setiap mata kuliah.

Sistem Pembelajaran Kampus Merdeka

Untuk mendorong implementasi pelaksanaan program Kampus Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Merdeka Belajar yang dinamakan Permata Sakti. Program ini memungkinkan seorang mahasiswa dari setiap prodi di universitas untuk mengambil mata kuliah apapun di bahkan beberapa kampus manapun baik untuk matakuliah yang terkait langsung dengan dengan prodi utama mahasiswa tersebut ataupun di luar prodi. PSPBI mendukung program ini dan mengirimkan perwakilan mahasiswa yang dianggap mampu. Pada saat ini di semester gasal 2020-2021, empat (4) orang perwakilan mahasiswa PSPBI yang lolos seleksi mengikuti program ini bersama dengan mahasiswa dari berbagai prodi yang lain di lingkungan UKWMS untuk berkuliah di kampus lain di seluruh Indonesia. 

Kelas Internasional

Tahun ini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mengikuti program hibah kompetitif Transfer Kredit International atau International Credit Transfer (ICT) didanai secara langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam program Transfer Kredit Internasional ini, UKWMS mengirimkan mahasiswa yang telah lolos seleksi di tingkat universitas untuk mengikuti kegiatan perkuliahan yang diselenggarakan di universitas mitra di luar negeri dengan jumlah batas maksimal kredit yang bisa diambil sebanyak 6 (enam) SKS. Sebaliknya, mahasiswa/i dari universitas mitra tersebut juga dapat memprogram Mata Kuliah di UKWMS dengan batas maksimal 6 SKS. Pada tahun ini, dari seleksi di tingkat universitas, PSPBI berhasil mengirimkan 2 (dua) orang mahasiswa untuk berkuliahdi University of Asia and the Pacific di Filipina dengan pendanaan dari hibah Kementerian. Selama kondisi pandemi, seluruh kegiatan Transfer Kredit Internasional dilaksanakan secara daring. Adapun dalam jangka panjang, setelah pandemi berakhir, mahasiswa/i akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara luring di universitas mitra.

Jenjang Pendidikan

Jenjang Pendidikan

Setelah selesai menyelesaikan Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, lulusan PSPBI dipersiapkan untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam mendidik melalui Program Studi Pendidikan Profesi Guru (Prodi PPG) FKIP UKWMS sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dipercaya untuk menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru di bidang mata pelajaran Bahasa Inggris sejak tahun 2018, dan sejak itu Prodi PPG FKIP telah secara konsisten bermitra dengan Dirjen GTK (Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan) untuk menyelenggarakan program ini. 

Biaya Pendidikan

Info Beasiswa

Info Beasiswa

Beasiswa yang disalurkan oleh Prodi kepada para mahasiswa berasal dari beberapa sumber antara lain: Yayasan Widya Mandala, Program Studi,Ikatan Alumni Widya Mandala, IPK Terbaik, Organisator Kemahasiswaan, Bidik Misi, OSC-Medcom, Pengusaha Katolik melalui Program Cawan Getsemani, Aptik Peduli Mentawai, dan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro.