Sesuai dengan Renstra PSPBI (2015-2020) yang direvisi pada tahun 2017, rumusan sasaran dan strategi untuk mencapai Visi dan Misi PSPBI FKIP UKWMS secara operasional dirumuskan dengan mempertimbangkan hasil analisis Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT). Dari hasil analisis SWOT teridentifikasi 6 sasaran strategis yang meliputi:

  • optimalisasi kapasitas manajemen di tingkat Prodi dan laboratorium
  • optimalisasi sumber daya manusia di PSPBI
  • optimalisasi efisiensi dan relevansi program pendidikan,
  • optimalisasi produktivitas dan keunggulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,
  • internasionalisasi dan pengembangan kerjasama
  • pengembangan Revenue Generating Unit (RGU) dan Revenue Generating Activities (RGA) secara berkelanjutan.

Tujuan Utama 1: Optimalisasi kapasitas manajemen Prodi dan laboratorium

Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi dan sistem tata kelola melalui SOP yang dievaluasi setiap tahunnya
  • Meningkatkan kemampuan manajerial pimpinan Prodi dan laboratorium
  • Meningkatkan efektivitas sistem penjaminan mutu melalui pelatihan dan pengembangan Gugus Jaminan Mutu
  • Salah satu indikator capaian untuk Tujuan Utama 1 ini adalah kepuasan dosen dan mahasiswa terhadap pengelolaan unit kerja (PSPBI).

Tujuan Utama 2:  Peningkatan Kapabilitas Sumber Daya Manusia PSPBI FKIP UKWMS

Strategi yang digunakan untuk mencapai Sasaran Utama 2 adalah rekrutmen, pendidikan, dan pelatihan untuk dosen dan tenaga kependidikan. Untuk dosen, prioritas adalah pendidikan program doktoral baik di dalam ataupun di luar negeri.

Salah satu indikator capaian untuk Tujuan Utama 2 adalah kualifikasi profesional dosen. Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini, jumlah staf akademik yang bergelar doktor di PSPBI telah meningkat dengan signifikan. Pada tahun 2016, dua dosen PSPBI berhasil menyelesaikan studi doktoral mereka di Ohio State University dan Indiana University, Bloomington, USA dan saat ini kembali mengabdi di PSPBI. Dalam waktu dekat, 2 dosen yang sedang studi lanjut juga akan segera menuntaskan disertasi Doktoral mereka, masing-masing di Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya, sementara 2 dosen telah memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi Doktoral di Victoria University of Wellington, New Zealand, danNational Taiwan Normal University, Taiwan.Dengan demikian, sampai saat ini 13% dosen sudah bergelar guru besar, 39% dosen sudah bergelar doktor (S3), 17% dosen sedang menempuh studi doktoral, dan 31% dosen sudah bergelar magister.

Tujuan Utama 3: Peningkatan Produktivitas dan Keunggulan dalam Pengelolaan Pendidikan dan Pengajaran di PSPBI FKIP UKWMS

Dalam upaya meningkatkan produktivitas dan keunggulan pengajaran di PSPBI, dilakukan pengintegrasian TIK dalam mata kuliah dengan mengaplikasikan Online Learning Management System (LMS), perolehan hibah International Credit Transfer (ICT), perkuliahan lintas prodi dalam dan lintas universitas, dan peninjauan kurikulum secara berkala bersama tim ahli dan para pemangku kepentingan untuk secara konsisten meningkatkan relevansi dan daya saing lulusan.

Salah satu indikator utama capaian untuk Tujuan Utama 3 ini adalah prosentase mata kuliah yang sudah mengintegrasikan LMS sebagai bagian dari proses belajar mengajar. LMS yang digunakan di PSPBI FKIP UKWMS adalah Bella (https://bella.ukwms.ac.id).Pemanfaatan LMS untuk mendukung proses belajar mengajar sudah sangat optimal.

Tujuan Utama 4: Peningkatan Produktivitas dan Keunggulan di Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di PSPBI FKIP UKWMS

  • Sasaran 4.1 Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dosen
  • Sasaran 4.2 Meningkatkan kerjasama dalam bidang penelitian interdisipliner, baik dengan institusi dalam maupun luar negeri.

Strategi yang digunakan untuk mencapai Tujuan Utama 4 antara lain adalah pembentukan kelompok-kelompok penelitian dan pengembangan roadmap penelitian dosen, pengembangan sistem mentoring untuk dosen muda. Salah satu indikator capaian untuk Tujuan Utama 4 ini adalah jumlah dana penelitian yang diperoleh dari PSPBI FKIP UKWMS.

Tujuan Utama 5: Peningkatan Kualitas Layanan melalui Pengembangan Sarana dan Prasarana

  • Sasaran 5.1 Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana.

Strategi yang digunakan untuk mencapai Tujuan Utama 5 antara lain adalah peningkatan akses bandwidth internet, revitalisasi peralatan laboratorium dan komputer, dan sebagai sarana dan prasarana untuk pengembangan kelas workshop.

Salah satu indikator capaian untuk Tujuan Utama 5 ini adalah adalah kepuasan mahasiswa dengan fasilitas yang ada di PSPBI termasuk fasilitas yang ada di laboratorium. Kepuasan mahasiswa meningkat dari tahun ke tahun yang ditunjukkan oleh hasil survei tahunan

Tujuan Utama 6: Peningkatan diversifikasi sumber pendanaan secara profesional.

  • Sasaran 6.1 Meningkatkan program revenue generating units/activities

Strategi yang digunakan untuk mencapai Tujuan Utama 6 antara lain adalah pengembangan program WimaKids, pengembangan program language training, dan program life-long education.Salah satu indikator capaian utama untuk Tujuan Utama 6 ini adalah adalah jumlah penerimaan dari RGU di PSPBI FKIP UKWMS.

Dengan 6 (enam) Tujuan Utama dan sasaran serta pengembangan yang jelas dan sistematis serta waktu target capain yang jelas, PSPBI telah merencanakan dan melaksanakan Renstra dan Renop untuk mencapai Visi dan Misi Prodi.