Fakultas Keperawatan

Sambutan Dekan

KEPERAWATAN ADALAH SUATU KARIR INTERNASIONAL

“Fakultas Keperawatan yang terdiri dari Program Studi Keperawatan dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners, membantu mahasiswa menjadi perawat yang berilmu, berakhlak dan terampil”. Globalisasi berdampak pada pelayanan kesehatan, perkembangan teknologi yang pesat, penggunaaan sistem informasi yang komprehensif dan mobilitas antar bangsa yang cepat. Hal ini meniadakan hambatan geografis dalam pelayanan kesehatan di seluruh dunia. Pemulihan pasca pandemi covid-19 ini menjadi langkah baru dalam menapaki “era new normal”, dengan demikian perawat menjadi semakin tertantang untuk memberikan pelayanan keperawatan profesional berbasis IPTEK, dituntut pula untuk memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor yang baik untuk dapat merawat pasien secara holistik secara bio-psiko-sosio- spiritual dan kultural yang terintegrasi melalui tindakan keperawatan yang diberikan. Menjadi perawat masa kini yang dikelilingi dengan berbagai kecanggihan teknologi dalam proses keperawatan, membawa perawat untuk terus dapat beradaptasi terhadap perkembangan jaman. Melalui Program Studi Keperawatan dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners inilah seluruh mimpi untuk menjadi perawat profesional yang berkarakter dan mampu memberikan pelayanan keperawatan yang prima dapat terwujud nyata. Mari bergabung dan bersinergi bersama kami untuk terlibat dalam mewujudkan masyarakat dunia yang sehat.

Surabaya, Mei 2022
Dekan Fakultas Keperawatan
Yesiana Dwi Wahyu Werdani, S.Kep.,Ns.M.Kep.

Tentang Kami

Fakultas Keperawatan telah beroperasi sejak tanggal 6 September 2006 dengan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional No. 3365/D/T/2006 tanggal 04 September 2006. Pada bulan Februari 2016 Program Studi Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners telah diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Adapun hasil yang telah diperoleh adalah sebagai berikut: Program Studi Keperawatan terakreditasi dengan peringkat B (Baik) berdasarkan SK LAM-PTKes No. 0425/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2016, sedangkan Program Studi Profesi Ners terakreditasi dengan peringkat B (Baik) berdasarkan SK LAM-PTKes No. 0426/LAM¬ PTKes/Akr/Pro/11I/2016. Berdasarkan SK Kemenristek Dikti No. 1356/KPT/I/2018 telah terjadi perubahan nama Program Studi menjadi Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi. Pada tahun 2020 Fakultas Keperawatan telah mengajukan re-akreditasi dan telah memperoleh hasil akreditasi sebagai berikut, pada Program Studi Keperawatan terakreditasi Baik Sekali dengan SK LAM PT-Kes No. 0032/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2021, sedangkan pada Program Studi Pendidikan Profesi Ners juga terakreditasi Baik Sekali dengan SK LAM PT-Kes No. 0033/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2021. Kedua keputusan tersebut tertanggal 26 Februari 2021 dan memiliki masa berlaku 5 tahun sampai dengan tanggal 25 Februari 2026. Pada Tahun 2022 ini Fakultas Keperawatan telah beroperasi selama 16 tahun.

Visi Misi

Visi Fakultas Keperawatan

Terbentuknya lulusan yang inovatif, kreatif, kompetitif dan reflektif, yang berdampak positif bagi masyarakat di era global, dalam pengembangan ilmu dan pelayanan keperawatan secara komprehensif terutama pada keperawatan paliatif yang dilandasi pelayanan cinta kasih, dalam kurun waktu tahun 2017-2027.

Misi Fakultas Keperawatan

  • Mengembangkan pendidikan keperawatan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang berorientasi pada pelayanan keperawatan yang komprehensif terutama keperawatan paliatif secara berkesinambungan.
  • Mengembangkan sistem manajemen fakultas keperawatan untuk mencapai standar mutu internal dan eksternal.
  • Mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Program Studi

Fakultas Keperawatan UKWMS memiliki dua program studi, yaitu:

  1. Program Studi Keperawatan S1
  2. Program Studi Profesi Ners

Struktur Organisasi

Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dipimpin oleh seorang Dekan, dengan dibantu Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II. Wakil Dekan I bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan penyelenggaran Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang akademik, penelitian, kemahasiswaan, dan alumni. Dan Wakil Dekan II bertugas membantu Dekan dalam mengelola dan mengembangkan Pendidikan Tinggi khususnya dalam bidang administrasi umum, kepegawaian, dan keuangan.

Struktur Organisasi Fakultas Keperawatan UKWMS

Struktur Organisasi Fakultas Keperawatan UKWMS

Fasilitas

Laboratorium Keperawatan:
a) Laboratorium Keperawatan Biomedik Dasar
b) Lanoratorium Keperawatan Dasar
c) Laboratorium Keperawatan Medikal dan Bedah
d) Laboratorium Keperawatan Maternitas
e) Laboratorium Keperawatan Anak
f) Laboratorium Keperawatan Jiwa dan Paliatif
g) Laboratorium Keperawatan Gawat Darurat
h) Laboratorium Keperawatan lntensif
i) Laboratorium Keperawatan Komunitas, Keluarga, dan Gerontik

Laboratorium Penunjang Keperawatan:
a) Laboratorium Bahasa
b) Laboratorium Komputer

Fasilitas yang tersedia:
a) Ruang kuliah dan ruang diskusi/ PBL
b) Ruang perpustakaan
c) Ruang koleksi acuan/ ruang baca
d) Ruang organisasi kemahasiswaan (ormawa)
e) Ruang pertemuan theater
f) Multipurpose room

Kantin:
a) Area parker
b) AC, jaringan internet (wifi)

Lahan praktik Kerjasama yang meliputi:
a) Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) Dr. Ramelan Surabaya
b) Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya
c) Rumah Sakit Adi Husada Kapasari Surabaya
d) Rumah Sakit PHC Surabaya
e) Rumah Sakit Royal Surabaya
f) Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya
g) Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya
h) Instalasi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr.Soetomo Surabaya
i) Rumah Sakit Panti Nirmala Malang
j) Puskesmas
k) Panti Werdha

Kerja Sama

Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa, Program Studi Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners UKWMS mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak antara lain: 

Kerja sama tempat praktik:

  • RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya 
  • RS Adi Husada Kapasari Surabaya 
  • RS PHC Surabaya 
  • RSAL Dr. Ramelan Surabaya 
  • Instalasi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr. Soetomo Surabaya 
  • RS Royal Surabaya 
  • RS Jiwa Menur Surabaya 
  • RS Panti Nirmala Malang 
  • Puskesmas
  • Panti Werdha

Kerja sama internasional: 

  • Saint Louis College, Bangkok, Thailand
  • University of Santo Tomas, Manila, Philippines
  • Mary’s College, Fukuoka, Japan
  • King Mongkut University of Technology, North Bangkok, Thailand
  • Royal Thai Army Nursing College, Bangkok, Thailand

Kerja sama Kelembagaan: 

  • Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Pusat, Jawa Timur, dan Kota Surabaya 
  • Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI)
  • Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya 
  • Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur 
  • Poltekes Kemenkes Surabaya 

Organisasi Kemahasiswaan

Selain mengikuti perkuliahan di dalam kelas, mahasiswa Fakultas Keperawatan UKWMS dapat meningkatkan soft skillnya melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan, yakni: 

Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF)
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas (LPMF)

Jurnal

Jurnal Nerns Lentera

Seorang perintis Keperawatan modern adalah Florence Nightingale, lahir pada tahun 1820 di Inggris dan meninggal pada usia 90 tahun. Ia dikenal sebagai “The Lady With The Lamp” karena sewaktu bertugas di daerah peperangan di Turki, ia merawat para perajurit yang terluka di barak-barak perawatan dengan membawa LENTERA sebagai alat penerangan. Florence melihat kondisi perawatan, pengobatan, gizi, dan sanitasi yang jauh dari memuaskan. Hal ini memperburuk penderitaan para prajurit. Ia kemudian tergerak untuk memperbaiki keadaan dengan antara lain memperbaiki dan menumbuhkan sistim perawatan, pencatatan data, dan statistiknya. Dengan LENTERA ia melihat, berpikir, dan berilmu untuk mengembangkan ilmu keperawatan yang mumpuni. Dengan LENTERA pula seorang perawat menerangi mata hatinya untuk peduli dan berbagi dengan mereka yang dirawat. Terang LENTERA merupakan perlambang harapan dan bantuan secara holistik kepada yang membutuhkan.
Link website : Jurnal Ners Lentera

Kontak Kami

  1. Fakultas Keperawatan 
    Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 
    Jl. Raya Kalisari Selatan 1, Pakuwon City, Surabaya – 60112
    +62 31 990 05299 
  2. Kontak email: [email protected] 
  3. Kontak person Fakultas Keperawatan: Ibu Ira Ayu Maryuti, S.Kep.,Ns.,M.Kep (No. Hp 0821-4338-4002)
  4. Ig:@fkepukwms
  5. Youtube: Keperawatan UKWMS (https://youtube.com/c/KeperawatanUKWMS)