Program Studi Teknik Industri

Profil

Jurusan Teknik Industri didirikan pada awal tahun akademik 1997/1998 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Widya Mandala Nomor: 026/I/YWM/H/1997 tanggal 26 Pebruari 1997. Jurusan Teknik Industri menyelenggarakan pendidikan strata satu Program Studi Teknik Industri (PS-TI). Status terdaftar PS-TI diperoleh pada tahun 1997 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 206/Dikti/Kep/1997 tertanggal 18 Juli 1997.
Pada tahun 2004, PS-TI memperoleh Akreditasi peringat B dari Badan Akreditasi Nasional dengan SK BAN PT Nomor: 043/BAN-PT/Ak-VIII/S1/X/2004. Peringkat Akreditasi B diperoleh kembali pada tahun 2009 berdasarkan SK BAN PT Nomor: 028/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009.  Selanjutnya PS-TI terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar lebih baik. PS-TI kembali mengajukan akreditasi ke BAN PT pada tahun 2014 dan memperoleh peringkat Akreditasi B berdasarkan SK BAN PT Nomor: 416/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 yang berlaku sampai dengan 10 Oktober 2019.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 2838/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019 tentang Status, Peringkat, dan Hasil Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana di Perguruan Tinggi tertanggal 6 Agustus 2019 ditetapkan bahwa Jurusan Teknik Industri memperoleh status Terakreditasi “B” yang berlaku selama 5 (lima) tahun.

Visi Misi

Visi
Terbentuknya Jurusan Teknik Industri yang semakin terpercaya dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan inovasi serta mampu berfikir sistemis yang dilandasi oleh nilai-nilai  Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan teknik industri yang sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan semangat cinta kasih dan pelayanan dalam berkarya.
  2. Melakukan penelitian yang berguna bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menerapkan keilmuan teknik industri untuk membantu pengembangan masyarakat dan lingkungan

Akreditasi

Program Studi Teknik Industri memperoleh status Terakreditasi “B” Berdasarkan SK Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 2838/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019.

Daftar Staff

No Nama Bidang Minat Email
1 Ir. Dian Retno Sari Dewi, S.T., M.T., IPM.

 

Supply Chain Management, Production Systems

 

dianretnosd@ukwms.ac.id

 

2 Ir. Julius Mulyono, S.T., M.T., IPM.

 

Product Design and Analysis, Reliability and Maintenance Engineering

 

juliusnyamulyono@ukwms.ac.id
3 Ir. Martinus Edy Sianto, S.T., M.T., IPM. Human Factors and Ergonomics, Product Design and Analysis, Quality Control and Management

 

martinus.sianto@ukwms.ac.id

 

4 Ir. Ig. Jaka Mulyana, S.T.P., M.T., IPM.

 

Lean Six Sigma, Quality Control and Management, Manufacturing System, Engineering Economic and Cost Analysis jmulyono@ukwms.ac.id

 

5 Ir. Hadi Santosa, M.M., IPM.

 

Manufacturing systems, safety security and risk management, Reliability and Maintenance Engineering

 

hadi-s@ukwms.ac.id

 

6 Ir. Luh Juni Asrini, S.Si.,M.Si.

 

Quality Control and Management, Big data and analytics, Operations Research

 

juniasrini@ukwms.ac.id
7 Dr. Ir. Ivan Gunawan, S.T., M.T.

 

Decision Analysis and Methods, Systems Modeling and Simulation, Supply Chain Management

 

ivangunawan@ukwms.ac.id

 

8 Ir. Irene Karijadi, ST., MBA.

 

Data Mining

 

Irenekarijadi@ukwms.ac.id

 

9 Ir. Lusia Permata Sari Hartanti, ST., M.Eng., IPM.

 

Quality Control & Management, Service Innovation and Management, Technology and Knowledge Management

 

lusia.hartanti@ukwms.ac.id

 

10 Ir. Dian Trihastuti, ST, M.Eng, Ph.D.

 

Decision Analysis and Methods, Supply Chain Management

 

d.trihastuti@ukwms.ac.id

Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Profil Profesional Mandiri (PPM)

Lulusan program studi Teknik Industri UKWMS diharapkan:

  1. Mampu merancang dan memperbaiki sistem secara terintegrasi menggunakan ilmu dan prinsip Teknik Industri.
  2. Mampu memimpin dan bekerja dalam tim serta berperan aktif memberikan kontribusi untuk meningkatkan produktivitas.
  3. Mampu bersikap peduli, komit, antusias dan bertanggung jawab terhadap setiap tugas dan pekerjaan profesionalnya maupun pemberdayaan masyarakat dan lingkungan.
  4. Mampu mengembangkan potensi diri secara terus-menerus baik melalui pendidikan formal maupun non formal.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL 1: Menguasai konsep dan penerapan teori sains alam, matematika, prinsip-prinsip rekayasa, sains rekayasa, ilmu sosial dan perancangan rekayasa untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kualitas.

CPL 2: Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem serta secara kritis mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis sistem untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

CPL 3: Menguasai prinsip dan pengetahuan tentang teknologi, ekonomi, sosial dan ekologi serta perkembangannya terkini.

CPL 4: Mampu merancang, memperbaiki sistem terintegrasi dan merumuskan solusi yang komprehensif sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural.

CPL 5: Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa pada system terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

CPL 6: Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa sistem terintegrasi.

CPL 7: Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup dan menunjukkan sikap peduli, komit dan antusias dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

CPL 8: Mampu menunjukkan sikap kepemimpinan pribadi dan tim, serta melakukan kerjasama dan komunikasi yang efektif dalam sebuah kelompok kerja multidisplin serta memberi kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan organisasi.

Kurikulum

Untuk  lulus/mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S-1) mahasiswa harus menempuh kuliah sebanyak minimal 144 sks yang terdiri dari 134 sks mata kuliah wajib dan 10 sks mata kuliah pilihan. Selain itu mahasiswa juga dapat menempuh mengambil mata kuliah pengayaan yaitu mata kuliah lintas program studi. Untuk memperoleh gelar sarjana, mahasiswa harus menyelesaikan tugas akhir yang berupa Kerja Praktek dan Skripsi. Program studi Teknik Industri juga menerapkan Kampus Merdeka, dimana mahasiswa dapat melakukan internship/magang di industri atau institusi pendidikan lain dalam dan luar negeri. Kegiatan pembalajaran Kampus Merdeka ditransfer dalam bentuk sks kedalam hasil studi mahasiswa tersebut.

Peminatan

Peminatan di Program Studi Teknik Industri UKWMS:

  1. Digital Industrial Product and System Design.
  2. Supply Chain Engineering.
  3. Big Data Analytics.
  4. Business Systems Modelling and Simulations.
  5. Ergonomics & Human Factors.

Keunggulan

Program Studi Teknik Industri menghasilkan sarjana teknik yang senantiasa kompetensinya dibutuhkan baik untuk pembangunan dalam negeri, maupun oleh perusahaan-perusahaan luar negeri. Dikelola dengan Sistem Penjaminan Mutu yang ketat dengan staf dosen yang berkualifikasi tinggi, dilengkapi dengan pengajar dari kalangan praktisi industri sebagai kelengkapan pengajaran dalam pemenuhan sistem kurikulum yang ada.
Selain berbagai laboratorium yang ada, tersedia pula sarana pendukung berupa kerja sama dengan berbagai instansi dan perusahaan untuk memperluas wawasan mahasiswa dalam memahami dunia industri. Dengan struktur kurikulum yang selalu mengakomodasi perkembangan jaman, kompetensi lulusan telah terbukti dengan tingginya serapan perusahaan berupa proses rekruitmen lulusan Prodi Teknik Industri UKWMS, dalam waktu yang relatif cepat setelah kelulusan (wisuda).

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Teknik Industri UKWMS telah menempati berbagai jabatan di bermacam-macam perusahaan, baik manufaktur maupun jasa. Beberapa bidang pekerjaan yang ditempati, yaitu Production Planning Inventory Control (PPIC), Quality Assurance, Finance Management dan Operational Management. Banyak juga lulusan yang berwirausaha di bidang makanan, kursus, dan jenis usaha lainnya.

Fasilitas dan Laboratorium

Laboratorium

Program Studi Teknik Industri UKWMS mulai menyelenggarakan pendidikan sejak tahun ajaran 1997/1998, dengan sarana pendidikan yang memadai sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan dengan lancar. Sarana pendidikan tersebut antara lain:

  • Perancangan Sistem Industri
  • Proses Produksi
  • Perancangan Sistem Kerja, terdiri dari ruang:
    • Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi
    • Desain Industri
  • Pemodelan dan Simulasi Sistem Industri, terdiri dari ruang:
    • Sistem Penunjang Keputusan
    • Statistika Industri
  • Studio Teknik Industri

Fasilitas lain di Program Studi

Selain sarana laboratorium, juga dilengkapi dengan tersedianya koneksi internet dan software yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Lingkungan kampus yang nyaman, tersedianya kantin dan perpustakaan yang lengkap turut menunjang terselenggaranya pendidikan dengan baik. Proses pembelajaran yang menarik dilaksanakan di Jurusan. Selain pembelajaran dikelas, pembelajaran juga dilakukan melalui studi kasus, kunjungan industri, praktikum, study tour dll. Untuk meningkatkan softskill, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan kemahasiswaan, misalnya Himpunana Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, kegiatan seni, olah raga, kegiatan keilmuan dan berbagai macam kompetisi

Kontak Kami

Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Kalijudan no.37 Surabaya – 60114
+62 31 389 1264

hod-indeng@ukwms.ac.id
@teknikindustri_ukwms