Fakultas Vokasi

Sambutan Dekan

Fakultas Vokasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FV UKWMS) sebagai penyelenggara pendidikan vokasi merupakan fakultas yang mengelola program studi diploma di UKWMS. Meski baru berdiri sejak tahun 2019, Fakultas Vokasi memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan bermutu yang bertujuan menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa agar memiliki keahlian terapan sesuai bidang keahlian yang dipilih. Fakultas Vokasi UKWMS mengelola 3 (tiga) Program Studi yaitu Administrasi Perkantoran D-III yang dahulu dikenal sebagai Program Studi Sekretari yang dikelola oleh Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya dan Program Studi Akuntansi D-III. Kedua Program Studi ini berlokasi di Kampus Dinoyo Surabaya; selain itu ada Program Studi Farmasi D-III yang berlokasi di Kampus Kota Madiun. Lulusan pendidikan vokasi jenjang Diploma Tiga akan mendapatkan gelar vokasi atau gelar ahli madya.

Fakultas Vokasi sebagai Unit Pengelola Program Studi Vokasi (UPPS) selalu berupaya untuk menanggapi tantangan zaman yang semakin dinamis. Setiap kegiatan yang berlangsung di Fakultas Vokasi, baik kegiatan akademik maupun kegiatan penunjang akademik lainnya, diarahkan untuk menghasilkan calon tenaga vokasional yang profesional dan tangguh serta memiliki smart brain and wise heart sebagai perwujudan nilai-nilai universitas Peduli, Komit, dan Antusias (PeKA). Hal itu ditunjang pula dengan komitmen kami untuk menghasilkan lulusan terbaik bagi bangsa Indonesia seperti slogan yang dimiliki Fakultas ini: Vokasi WM untuk Negeri melalui berbagai kerja sama dengan industri dan dunia kerja (IDUKA) serta berbagai institusi di dalam dan di luar negeri.

Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) memastikan setiap mahasiswa dapat mencapai tujuan pembelajaran melalui berbagai media dan cara pembelajaran. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Pemerintah juga turut membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh ilmu tidak hanya dari aktivitas pembelajaran yang diselenggarakan oleh Program Studi namun juga dari berbagai aktivitas pembelajaran ataupun pemagangan di institusi maupun industri.

Selamat belajar di kampus kehidupan, WM a life-improving university.


Indriana Lestari, S.Sos., M.A.
Dekan Fakultas Vokasi UKWMS

Tentang Kami

Fakultas Vokasi UKWMS terbentuk pada 1 Maret 2020 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Widya Mandala Surabaya nomor 032-A/YWMS/SK/II/2020 tertanggal 18 Februari 2020 tentang pendirian Fakultas Vokasi UKWMS. Fakultas ini didirikan untuk mewadahi bekas Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya maupun program studi diploma lain yang ada di lingkungan UKWMS.

UKWMS membentuk FV UKWMS sebagai tindak lanjut penyatuan /penggabungan Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya dan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun ke dalam universitas ini, seperti yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI no 442/KPT/I/2019 tentang izin Penyatuan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun di Kota Madiun dan Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya di Kota Surabaya ke UKWMS.

Selain itu, FV perlu ada untuk menjawab perkembangan dunia pendidikan Indonesia yang semakin memperjelas adanya jalur pendidikan akademik dan jalur pendidikan vokasi. Jalur pendidikan vokasi memiliki tujuan mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional yang terampil dan siap kerja guna menjawab tantangan dunia industri yang semakin dinamis. 

Visi Misi

Visi

Menjadi Fakultas Vokasi terkemuka di Indonesia pada tahun 2025 untuk menghasilkan tenaga vokasional yang profesional, terampil dan beretika.

Misi

  1. Menyelenggarakan tata kelola yang transparan, akuntabel dan berbasis teknologi informasi.
  2. Mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang adaptif, terbuka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, serta berwawasan lingkungan.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional, kompeten, tangguh, beretika dan memiliki jiwa kewirausahaan.
  4. Membangun jejaring kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatan kualitas lulusan.

Fasilitas

a. Ruang kuliah dan lingkungan yang nyaman
b. Office Applications Laboratory
c. Office Affairs Laboratory
d. Digital Filing Laboratory
e. Office Equipment Laboratory
f. Self-Development Laboratory
g. Keyboarding Skills Laboratory
h. Self-Access Centre
i. Professional Ethics Laboratory
j. Language Laboratory
k. Office Equipment Display Room
l. Ruang Organisasi Mahasiswa

Kerja Sama

Fakultas Vokasi UKWMS memiliki sejumlah kerja sama dengan berbagai perusahaan maupun lembaga, yakni:

  1. PT International Test Center (PT ITC)
  2. Singapore National Academy
  3. National Hospital Surabaya
  4. PT Nilam Port Terminal
  5. Politeknik NSC Surabaya
  6. Akademi Bahasa Asing St. Pignateli Solo
  7. Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI)
  8. PT Visionet Internasional (OVO)

Jurnal

VOCATIO : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretari

Nama Vocatio dipilih sebagai nama jurnal ilmiah ilmu administrasi dan sekretari terbitan Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya (Akse WMS). Kata “Vocatio” berasal dari bahasa Latin yang berarti panggilan. Makna kata ini tepat untuk menggambarkan peran seorang profesional yang bekerja sesuai panggilan jiwanya. Akse WMS mengharapkan melalui Jurnal Vocatio ini dapat terwadahi hasil-hasil penelitian dan juga kajian konseptual yang bisa mendukung para akademisi dan pekerja profesional terutama yang berkarya di bidang administrasi dan sekretari agar dapat bekerja dan berkonstribusi positif di dunia kerja dan di masyarakat sesuai panggilan jiwanya.


Link website : Jurnal Vocatio

 

Kontak Kami

Fakultas Vokasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Gedung Agustinus lantai 6
Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya
+62 31-5678478
dean-vocational@ukwms.ac.id | vocational.faculty@ukwms.ac.id
@vokasiwm