Program Studi Pendidikan Fisika

Profil

Program Studi Pendidikan Fisika menghasilkan Sarjana Pendidikan Fisika yang profesional dengan keunggulan kompetensi tambahan mampu mengembangkan media pembelajaran sains berbasis komputer dan atau mampu mengajarkan Fisika dalam bahasa Inggris. 

Visi Misi

Visi

Menjadi program studi pendidikan fisika yang unggul dalam bidang fisika dan media pembelajaran fisika berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berdampak positif pada peningkatan kehidupan sesama, serta dilandasi nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik untuk jenjang Strata-Satu Pendidikan dan Pendidikan Profesi Keguruan

Misi  

  1. Menghasilkan tenaga pendidik pada bidang studi fisika yang unggul, bermoral, dan mampu belajar sepanjang hayat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis teknologi informasi dan komunikasi melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.

Akreditasi

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi 1433/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018 tanggal 30 Mei 2018 Jenjang Program S-1 Program Studi Pendidikan Fisika kembali memperoleh Status Terakreditasi B. 

Daftar Staff

Dosen

No Nama Bidang Minat Email
1 Herwinarso, S.Pd., M.Si. Physics Education herwinarso@ukwms.ac.id
2 Drs. G. Budijanto Untung,M.Si. Physics budijanto@ukwms.ac.id
3 Prof. Drs. Soegimin Wahyu W. Physics soegimin@ukwms.ac.id
4 Anthony Wijaya, S.Pd., M.Si. Physics anthony@ukwms.ac.id
5 Elisabeth Prathidhina Founda N., M.S. Physics Education elisa.founda@ukwms.ac.id
6 Jane Koswojo, S.Pd., M.Pd. Physics Education janekoswojo@ukwms.ac.id
7 Bergitta Dwi Annawati, S.Si., M.Sc. Physics brigitamahar@ukwms.ac.id
8 Tri Lestari, S.Pd.,M.Pd. Physics trilestari@ukwms.ac.id

Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Ketrampilan kerja

Mampu melaksanakan pengajaran yang menerapkan berbagai metode pembelajaran yang sesuai untuk setiap pokok bahasan yang tercantum dalam kurikulum fisika di sekolah menengah dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengembangan media pembelajaran fisika pada berbagai pokok bahasan yang tercantum dalam kurikulum sekolah menengah.

  1. Cakupan keilmuan / pengetahuan

Menguasai konsep teoritis bidang fisika dan bidang pendidikan, khususnya Mekanika, Elektromagnetika, Optika, Termodinamika, Fisika Modern dan Fisika Inti untuk bidang fisika dan pengelolaan kelas, perkembangan peserta didik, berbagai metode pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran untuk bidang pendidikan, sehingga mampu menggabungkan kedua bidang tersebut dalam penyusunan rancangan program pembelajaran yang komprehensif.

  1. Metoda dan tingkat kemampuan

Mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai upaya yang berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran fisika yang secara nyata terjadi di kelas dengan memilih salah satu metode (solusi) dari berbagai alternatif solusi yang mungkin, mulai dari perancangan proposal, pelaksanaan PTK, dan pelaporan hasil penelitian.

  1. Kemampuan manajerial

Bertanggung jawab pada proses pembelajaran fisika di kelas dan memiliki dedikasi tinggi untuk membantu setiap peserta didik mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Kurikulum

Sistem Satuan Kredit Semester (SKS) dengan beban 147 sks yang terdistribusi dalam delapan semester, namun dapat diselesaikan dalam 7 semester.

Kurikulum dirancang sedemikian rupa sehingga lulusan memiliki kompetensi sebagai berikut:
1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Menguasai dasar-dasar pendidikan, berbagai metode pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran untuk bidang pendidikan, dan pengelolaan kelas.

2. Bidang Pengetahuan Fisika dan Matematika
Menguasai konsep teoritis bidang fisika khususnya Mekanika, Elektromagnetika, Optika, Termodinamika, Fisika Modern dan Fisika Inti , sehingga mampu menyampaikan pembelajaran setiap pokok bahasan fisika untuk sekolah menengah, mampu membimbing pelaksanaan kegiatan eksperimen fisika di tingkat sekolah menengah. Dan memiliki pengetahuan fisika dan matematika yang diperlukan untuk persiapan melanjutkan studi ke S2 di bidang pendidikan fisika maupun bidang fisika.

3. Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi
Memiliki kemampuan menyampaikan pembelajaran fisika sekolah menengah dalam bahasa Inggris, dan mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran sains berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

insert konten here

Prospek Karir

Dengan bekal penguasaan ilmu Fisika yang mantap, lulusan Program Studi Pendidikan Fisika UKWMS dapat bekerja tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga di bidang lain yang memanfaatkan sains dan teknologi. Selain itu, dengan bekal kepemimpinan serta manajemen, lulusan juga menempati berbagai posisi kepemimpinan di sekolah di bidang lain di mana mereka bekerja. Adapun profesi lulusan sebagai berikut:

Pendidik (guru fisika di sekolah menengah atau dosen di perguruan tinggi)
– Pengembang media pembelajaran sains
– Pengajar privat mata pelajaran Fisika dan Matematika
– Konsultan pendidikan sains di sekolah
– Peneliti di bidang pendidikan fisika

– Instruktur/pengembang materi praktikum fisika di sekolah
– Pengelola Bimbingan Belajar

Fasilitas dan Laboratorium

Untuk mendukung proses pembelajaran dan pengajaran yang baik, Program Studi Pendidikan Fisika UKWMS dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan laboratorium, diantaranya:

– Ruang kuliah dan lingkungan yang nyaman
– Perpustakaan dengan koleksi buku yang sangat lengkap
– Laboratorium Mekanika dan Kalor
– Laboratorium Listrik Magnet dan Elektronika
– Laboratorium Optika dan Fisika Modern
– Laboratorium Komputasi dengan fasilitas internet
– Laboratorium Media Pembelajaran Sains
– Bengkel Pengembangan Laboratorium yang dilengkapi dengan mesin-mesin kayu
– Studio Produksi Video Media Pembelajaran Fisika
– Ruang baca fisika
– Laboratorium Microteaching
– Laboratorium Multimedia
– Ruang Kegiatan Kemahasiswaan

Kontak Kami

Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Kalijudan 37 Surabaya-60114
+62 31 389 1264 – +62 31 381 3070
@fisikawm