Program Studi Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Profil

Program Studi PG-PAUD diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan lzin penyelenggaraan Kepmenristekdikti nomor 137/KPT/2016 tertanggal 30 Maret 2016.

Program Studi S1 PG-PAUD UKWMS menghasilkan lulusan yang berkepribadian luhur, memiliki kemampuan mendidik sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini dan mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan kehidupan masyarakat lokal, nasional dan global.

Visi Misi

Visi

Visi Prodi PG-PAUD adalah “Terwujudnya penyelenggaraan Program Studi S1 PG-PAUD UKWMS dengan keunggulan intelektual, spiritual, kreatif, dan inovatif serta memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional.

Misi

Menyelenggarakan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam upaya menghasilkan:

  1. Pendidik anak usia dini yang berkarakter, profesional dan mampu menggunakan Bahasa lnggris dalam proses pembelajaran.
  2. Pendidik anak usia dini yang kreatif dan
  3. Pendidik Anak Usia Dini yang peka terhadap perubahan-perubahan sosial, berkompeten dalam menemukan dan mengembangkan gagasan terkait Pendidikan Anak Usia Dini di masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional

Akreditasi

Program Studi PG-PAUD UKWMS pada tahun 2019 berhasil mendapatkan Akreditasi B sesuai dengan SK BAN-PT No. 2761/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019. 

Daftar Staff

Dosen

No Nama Bidang Minat Email
1 Dr. Brigita Puridawaty, S.Psi., M.Pd. Early Childhood Education brigitamahar@ukwms.ac.id
2 Cresensia Dina Candra K.D., S.Psi., M.Pd. Education Psychology dinacandra@ukwms.ac.id
3 Anita Roslina Simanjuntak, S.Pd., M.Pd. Early Childhood Education anitaroslina@ukwms.ac.id
4 Kristin Anggraini, S.Pd., M.Pd. Early Childhood Education kristinanggraini@ukwms.ac.id
5 Sindy Anugerah Wati,S.Pd,M.Pd Early Childhood Education sindy@ukwms.ac.id
6 Regina Christine Takumansang,M.Pd. Early Childhood Education regina@ukwms.ac.id

Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan 

  1. Keterampilan kerja
    Mampu melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menerapkan berbagai metode pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini yang tercantum dalam kurikulum lokal, nasional dan internasional di lembaga pendidikan anak usia dini dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengembangan kurikulum dan media pembelajaran bagi anak usia dini.
  1. Cakupan keilmuan / pengetahuan
    Menguasai konsep teoritis perkembangan anak, kurikulum, media pembelajaran untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan anak usia dini.
  1. Metoda dan tingkat kemampuan
    Mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai upaya yang berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan anak usia dini yang secara nyata terjadi di kelompok belajar anak dengan memilih salah satu metode (solusi) dari berbagai alternatif solusi yang mungkin, mulai dari perancangan proposal, pelaksanaan PTK, dan pelaporan hasil penelitian.
  1. Kemampuan manajerial
    Bertanggung jawab pada proses pembelajaran yang holistik integratif, menarik dan menyenangkan di lembaga pendidikan anak usia dini dan memiliki dedikasi tinggi untuk membantu setiap peserta didik mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Kurikulum

Penyelenggaraan pendidikan PG-PAUD mengacu pada sistem kredit semester (SKS) dengan beban total 144 SKS yang tersebar dalam 8 semester, namun dapat diselesaikan dalam 7 semester.

Kurikulum dirancang berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sedemikian rupa sehingga lulusan memiliki kompetensi-kompetensi berikut:
a. Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Menyelenggarakan dan mengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang menjunjung hak anak akan pendidikan yang layak bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak usia dini.

b. Bidang Pengetahuan Anak Usia Dini
Menganalisis kebutuhan dan permasalahan anak usia dini, menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang holistik bagi anak usia dini, merancang dan mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini yang relevan dengan kebutuhan anak usia dini
– Menghasilkan rancangan dan pengembangan model kurikulum, Alat Permainan Edukatif (APE) dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini secara kreatif dan inovatif

c. Bidang Komunikasi Bahasa Inggris
Menyampaikan pembelajaran AUD dalam Bahasa Inggris

d. Bidang Entrepreneurship
Menjadi entrepreneur dalam penyelenggaraan, pengembangan, dan pengelolaan lembaga PAUD

Di samping itu, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) juga mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengadakan kerja sama dengan sekolah – sekolah mitra di Surabaya dimana nantinya mahasiswa bisa melakukan kegiatan magang di sekolah mitra tersebut guna menerapkan hasil belajarnya dari beberapa mata kuliah seperti PLP1, dan PLP 2. Hasil dari kegiatan magang itu nantinya akan di konversikan ke dalam nilai dari mata kuliah tersebut. 

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

Keunggulan dari Program Studi PG-PAUD, diantaranya:

  1. Program pendidikan dengan keunggulan pada bidang pendidikan anak usia dini yang didukung dengan mata kuliah spesifik untuk keunggulan tersebut.
  2. Tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional di bidangnya dan berkomitmen tinggi untuk pencapaian excellence.
  3. Kurikulum yang kompak dan up to date yang memungkinkan untuk penyelesaian studi lebih cepat untuk Program Studi PG PAUD dan lebih sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  4. Pengembangan soft skills mahasiswa melalui program sadari, mentorship, outbond, magang dan Poin Kegiatan Kemahasiswaan (PK2).
  5. Fasilitas kelas dan laboratorium yang baik, dengan jumlah yang cukup.
  6. Banyaknya beasiswa yang ditawarkan.
  7. Jaringan alumni yang cukup kuat sehingga memudahkan dalam proses pencarian kerja setelah lulus dan pertukaran informasi antar alumni maupun terselenggaranya pendidikan berkelanjutan bagi alumni.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi PG-PAUD UKWMS dapat memiliki karir sebagai berikut:
a. Menjadi guru anak usia dini TK/RA, KB, TPA
b. Menjadi guru anak usia dini yang mampu menggunakan dua bahasa (lnggris & Indonesia)
c. Menjadi instruktur/pembimbing/pengembang materi kurikulum & media pembelajaran anak usia dini
d. Menjadi peneliti di bidang pendidikan anak usia dini

e. Menjadi konsultan pendidikan anak usia dini
f. Menjadi Edupreneur dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan anak usia dini

Fasilitas dan Laboratorium

Fasilitas pendukung kelancaran proses belajar mengajar meliputi:

  1. Ruang kuliah yang sejuk dan nyaman
  2. Perpustakaan
  3. Laboratorium Pengembangan Alat Permainan Edukatif
  4. Laboratorium Komputasi dengan fasilitas internet
  5. Laboratorium Studio Produksi Video Media Pembelajaran
  6. Laboratorium Seni dan budaya
  7. Laboratorium Micro-teaching
  8. Laboratorium Early Childhood Education Learning Center (ECELC)
  9. Ruang Kegiatan Kemahasiswaan

Kontak Kami

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Kalijudan 37 Surabaya-60114
+62031 389 1264 – +62 31 381 3070
hod-ece@ukwms.ac.id