Program Studi Akuntansi - Kampus Madiun

Profil

Program Studi Akuntansi Diploma III merupakan program vokasional yang menghasilkan lulusan yang siap kerja. Program vokasional merupakan program yang paling dekat dengan dunia usaha dan dunia industri. Program Studi Akuntansi Diploma III memiliki kerja sama dengan Kantor Akuntan Publik, Kantor Konsultan Pajak, dan juga Instansi Perusahaan di bidang magang (internship) sehingga menjadikan lulusan dari Prodi Akuntansi D-III terampil dan siap bersaing di dunia kerja.
Program Studi Akuntansi Diploma III terdiri atas 110 SKS dalam waktu 6 semester dan pada semester akhir mahasiswa akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (magang). Keunggulan Prodi Akuntansi Diploma III ini membentuk lulusan yang berkarakter PeKA yaitu Peduli, Komit, dan Antusias yang tertuang dalam setiap pembelajaran dan juga ditunjang dengan matakuliah penciri prodi yaitu Ekspor Impor, Administrasi Perkantoran, Praktika Penyusunan Laporan Keuangan, Praktika Pengauditan, Praktika Akuntansi Berkomputer dan Akuntansi Pajak.

Visi Misi

Visi
Menjadi Program Studi Diploma-Tiga Akuntansi terdepan di Indonesia pada tahun 2025 dalam menghasilkan tenaga vokasional di bidang akuntansi yang terampil, adaptif dan beretika.

Misi

  1. Melaksanakan tata kelola pendidikan vokasional yang terencana dan bermutu dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan vokasi akuntansi dengan penekanan pada pemanfaatan teknologi informasi.
  3. Mengembangkan keterampilan teknis bidang akuntansi yang bermanfaat bagi pemberdayaan bisnis dan kemasyarakatan.
  4. Memperluas dan memperkuat jejaring kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk membangun kemandirian lulusan.

Akreditasi

Pada 23 April 2019 Program D-III Jurusan Akuntansi mendapatkan status akreditasi peringkat “A” sesuai dengan Keputusan BAN- PT No. 119/S/BAN-P/Akred/Dipl-III/IV/2019. Status akreditasi A ini berlaku mulai tanggal 23 April 2019 sampai dengan 23 April 2024.

Daftar Staff

insert konten here

Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Profil Profesional Mandiri (PPM)

  • PPM1: Mampu menyusun laporan keuangan secara terampil dengan memanfaatkan teknologi informasi berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum dan kode etik profesi.
  • PPM 2: Mampu melaksanakan audit secara independen dengan mengembangkan skeptisme profesional atas laporan keuangan perusahaan dan jasa audit lainnya dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan etika profesi.
  • PPM 3: Mampu menyusun laporan pajak secara terampil dan beretika sesuai dengan ketentuan umum perpajakan.
  • PPM 4: Mampu mengembangkan potensi diri untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan semangat peduli, komit dan antusias, serta adaptif terhadap perkembangan zaman dengan dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL 1: Menguasai proses penyusunan dan analisis laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum.
CPL 2: Menguasai perhitungan harga pokok produksi untuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan serta penyusunan anggaran pada perusahaan manufaktur.
CPL 3: Mampu menghitung pajak, membuat jurnal dan menyusun laporan keuangan fiskal dan mengisi SPT untuk WP OP dan badan non multinasional sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.
CPL 4: Mampu melakukan prosedur audit di bawah supervisi sesuai dengan standar profesional akuntan publik dan kode etik akuntan publik.
CPL 5: Menguasai konsep dan prosedur sistem informasi akuntansi.
CPL 6: Mampu menguasai prosedur administrasi perkantoran, komunikasi bisnis, dan ekspor impor
CPL 7: Mampu menguasai teori dan konsep-konsep keuangan untuk pengambilan keputusan jangka pendek dan jangka panjang.
CPL 8: Mampu menguasai konsep lingkungan bisnis, ekonomi dan manajemen.
CPL 9: Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan YME serta menerapkan nilai kemanusiaan, norma dan etika dalam berkontribusi untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.

Kurikulum

insert konten here

Peminatan

insert konten here

Keunggulan

Program Studi Diploma III Akuntansi adalah program studi yang menghasilkan Ahli Madya Akuntansi yang profesional dengan memiliki kemampuan bidang akuntansi keuangan bisnis, audit dan perpajakan berbasis teknologi informasi. Program Studi Akuntansi Diploma III UKWMS memiliki kerja sama dengan Asosiasi Profesi yaitu Institut Akuntan Publik Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia dalam menunjang pembelajaran melalui kuliah tamu serta sertifikasi. Selain itu, Prodi Akuntansi D-III memiliki kerja sama dengan Kantor Akuntan Publik, Kantor Konsultan Pajak, dan Perusahaan ternama untuk magang dan tempat kerja.

Prospek Karir

Menjadi Ahli Madya Akuntansi yang menguasai pengetahuan dan keterampilan dibidang akuntansi untuk suatu entitas dengan didukung kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif, dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil kerja mandiri maupun kelompok kerja dibawah supervisi akuntan.

Ahli Madya, meliputi posisi jabatan:

  – Accounting officer / Staf Akuntansi

  – Tax Officer / Staf Pajak

  – Account Officer (A/R, A/P, dll) / Staf Akun tertentu

  – Budgeting Officer / Staf Anggaran

Junior/ Senior Auditor/Anggota pemeriksa (Teknis)

Fasilitas dan Laboratorium

Laboratorium yang ada pada Prodi Akuntansi D-III adalah di bawah pengelolaan Fakultas Vokasi, diantaranya adalah:

  • Laboratorium Praktika Akuntansi
  • Laboratorium Digital Filing
  • Office Application Laboratory
  • Self-Access Center
  • Professional Ethics Laboratory

    Fasilitas lain di Program Studi

  • Ujian Sertifikasi Keahlian Akuntansi
  • Sertifikasi Accurate Profesional
  • English Profeciency Test
  • Sertifikasi Akuntansi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Kontak Kami

Program Studi Akuntansi D3
Fakultas Vokasi
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya – Kampus Madiun
Jl. Manggis 15-17 Madiun