Tema Abdimas

Pengabdian pada masyarakat (abdimas) yang dilaksanakan oleh civitas akademika UKWMS mengacu pada roadmap abdimas. Tema abdimas dapat pula bersumber dari Rencana Induk Penelitian (RIP) UKWMS  karena merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian, kebutuhan mitra, dan kebutuhan nasional. RIP UKWMS terdiri dari 7 kelompok yang meliputi kemandirian pangan; energi baru dan terbarukan; teknologi kesehatan dan pengembangan obat; teknologi informasi dan komunikasi; material maju; sosial, humaniora, pendidikan, seni dan budaya; dan penanggulangan bencana.

Kumpulan abstrak abdimas dosen bersama mahasiswa dapat diakses disini.

Abdimas Mahasiswa

UKWMS mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk terlibat dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Peran serta dalam pengabdian pada masyarakat dapat melalui berbagai program berikut ini:

  1. PKM-M (Program Kreatifitas Mahasiswa) bidang pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia
  2. KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa mitra yang dikelola oleh universitas.
  3. KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) MBKM yang ditawarkan di dalam kurikulum dan dikelola oleh masing-masing program studi di dalam UKWMS maupun yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan perguruan tinggi kerjasama yang dapat dikonversi ke nilai matakuliah dan sks
  4. Kegiatan abdimas dosen yang secara rutin diadakan setiap tahun ajaran
  5. Bakti sosial dalam rangkaian acara Dies Natalis universitas

Mitra Abdimas

P3M (Pusat Pengembangan Pendidikan Masyarakat) yang merupakan bagian dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) selalu berusaha menyelaraskan kegiatan abdimas berdasarkan lokasi dan mitra. Beberapa program studi dan fakultas memiliki lokasi dan mitra sendiri sebagai tempat penyelenggaraan abdimas baik di lokasi kelurahan, komunitas UMKM, lembaga pendidikan, dan kategorial umum. Pemilihan mitra dan lokasi oleh setiap fakultas sesuai dengan bidang keilmuan dan peminatannya. Kemitraan yang telah dan sedang terlaksana dapat dilihat pada tabel berikut:

mitra abdimas UKWMS