Program Studi Profesi NERS

Profil

Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya telah memperoleh mandat untuk menyelenggarakan Program Studi Profesi Ners dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan no.Register 201 108 244 55 dan nomor surat 1783/E/T/2011 tanggal 11 November 2011, serta telah memperoleh Izin Penyelenggaraan Program Studi Profesi Ners berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 132/E/O/2013 tanggal 18 April 2013.
Pada bulan Februari 2016 Program Studi Profesi Ners telah diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), dengan hasil peringkat B (Baik) berdasarkan SK LAM-PTKes No. 0426/LAM­PTKes/Akr/Pro/11I/2016. Berdasarkan SK Kemenristek Dikti No. 1356/KPT/I/2018 telah terjadi perubahan nama Program Studi menjadi Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi.
Pada tahun 2020 Program Studi Pendidikan Profesi Ners telah mengajukan re-akreditasi dan telah memperoleh hasil akreditasi peringkat “Baik Sekali” dengan SK LAM PT-Kes No. 0033/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2021. Keputusan tersebut tertanggal 26 Februari 2021 dan memiliki masa berlaku lima tahun sampai dengan tanggal 25 Februari 2026.
Tujuan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi adalah (1) menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional, serta mampu melaksanakan pelayanan keperawatan meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif menuju peningkatan kualitas hidup manusia yang optimal, (2) menghasilkan lulusan yang mampu memberdayakan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kebutuhan dan peka budaya terutama pada keperawatan paliatif, dan (3) menghasilkan lulusan yang memiliki jejaring alumni yang kuat dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Visi Misi

Visi
Sebagai penyelenggara pendidikan profesi keperawatan yang berkualitas dalam mengembangkan praktik keperawatan yang holistik dan komprehensif, terutama keperawatan paliatif serta mampu bersaing di era global dengan  semangat  pelayanan  cinta  kasih dalam  kurun waktu tahun 2017 – 2027.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesi keperawatan yang berkualitas dan profesional terutama dalam bidang keperawatan
  2. Menyelenggarakan praktik keperawatan di tatanan nyata klinik dan lapangan, untuk memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas, terutama keperawatan
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kebutuhan dalam upaya memberdayakan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang
  4. Mengembangkan jejaring dan peran alumni dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi

Akreditasi

Program Studi Pendidikan Profesi Ners terakreditasi dengan peringkat “Baik Sekali” berdasarkan SK LAM PT-Kes No. 0033/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2021.

Daftar Staff

No Nama Bidang Minat Email
1 Ninda Ayu Prabasari Panglipurningsih, S.Kep.,Ns.M.Kep –     Keperawatan Komunitas

–     Keperawatan Keluarga

–     Keperawatan Gerontik

[email protected]
2 Maria Manungkalit, S.Kep., Ns.M.Kep. Keperawatan Medikal Bedah [email protected]
3 Maria Theresia Arie Lilyana, M.Kep.,Sp.Kep.M.B Keperawatan Medikal Bedah [email protected]
4 Nia Novita Sari, S.Kep.,Ns.M.Kes Manajemen Keperawatan [email protected]
5 Abigael Grace Prasetiani,S.Kep.,Ns.M.Kep –   Keperawatan Komunitas

–   Keperawatan Keluarga

–   Keperawatan Gerontik

[email protected]
6 Agustina Chriswinda Bura Mare, S.Kep.,Ns.M.Kep. Keperawatan Dasar [email protected]

Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Profil Profesional Mandiri (PPM)

Setelah 4 tahun bekerja, lulusan Prodi Pendidikan Profesi Ners UKWMS mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dengan semangat pelayanan cinta kasih yang berlandaskan nilai peduli, komit dan antusias yang diperoleh dari program pendidikannya untuk kehidupan:

PPM 1
Mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional di bidang keperawatan medikal, bedah, anak, maternitas, kritis, jiwa, komunitas, keluarga, gerontik, manajemen dan terutama keperawatan paliatif di bawah tanggungjawabnya dengan memanfaatkan IPTEKS keperawatan di fasilitas pelayanan kesehatan yang meliputi rumah sakit, puskesmas, komunitas, klinik sesuai standar dan kode etik keperawatan.

PPM 2
Mampu mengelola pelayanan keperawatan secara komprehensif bagi individu, keluarga, kelompok dan komunitas di bawah tanggung jawabnya sesuai dengan standar pelayanan keperawatan.

PPM 3
Mampu melakukan pengembangan bidang ilmu keperawatan menuju nurse-preneurhsip yang mengarah pada kebutuhan industri 4.0 secara inovatif, kreatif, dan kompetitif, sehingga dapat berdampak positif bagi masyarakat di era global.

PPM 4
Mampu melakukan refleksi dalam rangka pengembangan diri secara berkesinambungan dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor untuk melaksanakan asuhan keperawatan terkini yang dijiwai dengan semangat pedulit, komit dan antusias.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL 1
Mampu menerangkan ilmu keperawatan dasar dan penunjang

CPL 2
Mampu melaksanakan asuhan keperawatan yang profesional di bidang keperawatan medikal bedah, anak, maternitas, kritis, jiwa, komunitas, keluarga, gerontik, manajemen dan terutama keperawatan paliatif sesuai standar dan kode etik keperawatan

CPL 3
Mampu mengelola pelayanan keperawatan secara komprehensif bagi individu, keluarga, kelompok dan komunitas sesuai dengan standar pelayanan keperawatan

CPL 4
Mampu mengaplikasikan riset melalui pendekatan evidence based nursing menuju nursepreneurhsip yang mengarah pada kebutuhan industri 4.0.

CPL 5
Mampu melakukan evaluasi secara kritis dalam rangka pengembangan diri secara berkesinambungan dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor untuk melaksanakan asuhan keperawatan

Kurikulum

Prodi Pendidikan Profesi Ners UKWMS menyelenggarakan pengembangan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dan mengacu pada KKNI. KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.
KKNI terdiri atas 9 jenjang dimulai dari jenjang 1 sebagai jenjang terendah sampai dengan jenjang 9 sebagai jenjang tertinggi. Lulusan Prodi Pendidikan Profesi Ners setara dengan KKNI level 7. KKNI mensyaratkan adanya 4 unsur deskripsi berbagai jenjang kualifikasi yang diperoleh dari pendidikan yaitu: 1) Sikap, 2) Penguasaan Pengetahuan 3) Keterampilan khusus 4) Keterampilan Umum.

Adapun kurikulum pada Prodi Pendidikan Profesi Ners UKWMS, untuk mendapatkan gelar Ners (Ns.)., memiliki besar beban studi sebesar 36 sks yang ditempuh selama dua semester.

Peminatan

Prodi Pendidikan Profesi Ners UKWMS mencetak perawat generalis yang diwajibkan menguasai 11 bidang keperawatan yaitu keperawatan medikal, keperawatan bedah, keperawatan maternitas, keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan kritis, keperawatan paliatif, manajemen keperawatan, keperawatan komunitas, keperawatan keluarga, dan keperawatan gerontik.

Keunggulan

Prodi Pendidikan Profesi Ners UKWMS memiliki core statement tentang keunggulan yang menjadikan ciri khas yaitu tentang “keperawatan paliatif”. Keperawatan paliatif ini menjadi nafas dapat setiap kegiatan prodi dan proses pembelajarannya. Lulusan Prodi Pendidikan Profesi Ners UKWMS memiliki nilai plus terutama dalam memberikan pelayanan keperawatan paliatif, karena hal ini sudah terintegrasi secara baik dalam kurikulum prodi keperawatan, dan juga pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen.

Keunggulan lain yaitu terkait dengan kerjasama praktik klinik yang ditempatkan pada lahan praktik Rumah Sakit dan Komunitas yang memiliki berbagai macam kasus yang sesuai dengan kompetensi pada masing-masing bidang keperawatan.

Prospek Karir

Melalui kompetensi yang dimiliki seorang lulusan Sarjana Keperawatan Ners (S.Kep.,Ns), dapat memasuki lapangan kerja sebagai berikut :

  1. Rumah Sakit
  2. Klinik/ Poliklinik Umum
  3. Dinas Kesehatan
  4. Puskesmas
  5. Lembaga Pendidikan
  6. Lembaga Penelitian
  7. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
  8. Panti Werdha
  9. Praktik Keperawatan Mandiri (dengan memenuhi persyaratan tertentu)
  10. Bekerja dalam bidang kesehatan di luar negeri (dengan memenuhi persyaratan tertentu)

Fasilitas dan Laboratorium

Lahan praktik kerja sama yang meliputi:

  1. Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) Dr. Ramelan Surabaya
  2. Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya
  3. Rumah Sakit Adi Husada Kapasari Surabaya
  4. Rumah Sakit PHC Surabaya
  5. Rumah Sakit Royal Surabaya
  6. Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya
  7. Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya
  8. Instalasi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr.Soetomo Surabaya
  9. Rumah Sakit Panti Nirmala Malang
  10. Puskesmas
  11. Panti Werdha

Kontak Kami

Program Studi Pendidikan Profesi Ners
Fakultas Keperawatan 
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 
Jl. Raya Kalisari Selatan 1, Surabaya – 60112
P: +62 31 990 05299 – +62 31 990 05294 
F: +62 31 990 05278 
[email protected]