Ignasius Jonan Menerima Bintang Ordo Gregorius Agung

Nunsius Apostolik (Duta Besar) Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo (kanan) mengalungkan tanda kehormatan kepada Ignasius Jonan (tengah). (Sumber: Instagram @ignasius.jonan)

(UKWMS – 17/11/2023) Selamat kepada Ketua Umum Yayasan Widya Mandala Surabaya, Drs. Ignasius Jonan, CPA., MA., yang dianugerahi Bintang Ordo Gregorius Agung (Order of St. Gregory the Great). Selain anugerah tersebut, beliau juga diangkat menjadi Komandan Ksatria St. Gregorius Agung. Penganugerahan dan pengangkatan dilakukan dalam selebrasi The Tenth Anniversary of The Election of His Holiness Pope Francis pada 16 November 2023 kemarin.

Penghargaan ini diberikan kepada orang awam yang dianggap berjasa di sebuah negara atau bagi Gereja Katolik. Selain Jonan, penghargaan ini juga diberikan kepada Lucia Maria Liando dan Rudy Lawantara. Ignasius Jonan yang dianugerahi Bintang Ordo Gregorius Agung ini dikenal sebagai seorang yang taat beragama Katolik. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2017, Jonan menyatakan bahwa ia “100 persen Katolik, juga 100 persen Indonesia“. 

Pengembangan Kemanusiaan dalam Bintang Ordo Gregorius Agung

Ordo Santo Gregorius Agung (Order of St. Gregory the Great): adalah salah satu  penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Paus kepada orang awam. Penghargaan ini diakui sebagai tanda penghormatan atas layanan yang luar biasa bagi Gereja. Khususnya di bidang kemanusiaan bagi masyarakat, terutama untuk mereka yang termarjinalisasi. “Pak Jonan juga telah memelihara jalinan hubungan kerjasama yang baik antara 2 negara yaitu Vatican dan Indonesia,” ungkap Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt. selaku Rektor UKWMS.

Lebih lanjut, Kuncoro juga menjelaskan bahwa kehadiran Jonan akan mewarnai dan mengarahkan misi UKWMS pada pengembangan kemanusiaan. “Itu termasuk memelihara lingkungan hidup dan menegaskan dampak sosial yang harus dinikmati oleh setiap pemangku kepentingan dari institusi ini,” ujar Kuncoro.

Penghargaan yang diterima Jonan menunjukkan bahwa Gereja Katolik Indonesia menghargai kontribusinya dalam membangun bangsa dan negara. Jonan sendiri mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. “Saya berharap dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara,” ujar Jonan.

Semoga capaian prestasi beliau kian menginspirasi segenap civitas UKWMS untuk semakin giat berkarya. Sebagai kampus penyandang gelar perguruan tinggi swasta unggulan di Jawa Timur, sudah sepantasnya kita berikan yang terbaik. Mari kerahkan intensi kita untuk terus menebar benih kebaikan lewat pendidikan dan inovasi. (VW/Red1)

2 Responses

  1. Trimakasih yg sebesar2 nya untuk penghargaan yg dianugerahkan kpd Bpk Jonan. Smoga semakin menginspirasi kpd umat Katolik awam yg lain untuk semakin perduli dng sesama terlebih bagi yg membutuhkan. Selamat kpd Bpk Jonan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ilustrasi-untuk-artikel-Sadari-Kondisi-dan-Penyakit-Pendarahan_-sumber_pexels-karolina-grabowska

Hari Hemofilia Sedunia

(UKWMS – 17/04/2024) Hari Hemofilia Sedunia adalah peringatan internasional yang diperingati setiap tanggal 17 April. Peringatan ini diprakarsai oleh Federasi Hemofilia Sedunia (WFH) pada tahun

Pameran-Karya-Seni-Budaya-Asli-Australia_sumber-flickr.com-sebagai-iIlustrasi-untuk-artikel-memperingati-hari-seni-dunia.jpg

Memperingati Hari Seni Dunia

(UKWMS – 15/04/2024) Hari Seni Sedunia, yang dirayakan setiap 15 April, adalah peringatan global yang diperingati untuk mengakui pentingnya seni dalam kehidupan manusia. Perayaan ini

Ilustrasi-Berita-Bersiap-Menghadapi-Arus-Mudik_Sumber-Wikipedia

Bersiap Menghadapi Arus Mudik

(UKWMS – 05/04/2024) Sebagai kampus swasta unggulan, UKWMS sangat peduli pada semua warganya, baik yang Katolik maupun non Katolik. Toleransi antar umat beragama, digaungkan melalui