Kenalan dengan Energi Baru Terbarukan

Foto bersama peserta kegiatan edukasi dan praktik energi baru terbarukan di Fakultas Teknik UKWMS

(UKWMS – 07/11/2023) – Pada Senin (6/11), Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FT UKWMS) mengadakan kegiatan edukasi dan praktik energi baru terbarukan yang dihadiri oleh SMPK Dharma Mulya dan SMAK St Stanislaus. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung mengenai energi baru terbarukan kepada para siswa.

Acara dimulai dengan penjelasan singkat di ruangan Auditorium Albertus Kampus Kalijudan, dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Ir. Wenny Irawaty, S.T., M.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. selaku Wakil Dekan II FT at. “Terima kasih atas kunjungannya dan semoga para siswa dapat memperoleh pembelajaran yang menarik mengenai energi baru terbarukan,” sambutnya. Para siswa kemudian dibagi menjadi lima pos untuk masing-masing berkegiatan dan mengenal mengenai energi baru terbarukan.

Setiap pos didampingi oleh dua mahasiswa dari Fakultas Teknik UKWMS yang memberikan penjelasan dan praktik mengenai energi baru terbarukan. Pos pertama adalah Rumah Energi Hijau yang terletak di dekat pos satpam pintu masuk kampus. Di pos ini, para siswa mendapat penjelasan tentang sebuah rumah tempat pengendalian solar panel yang telah dipasang untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Selain itu, ada juga alat untuk penyiram tanaman secara otomatis yang bisa diatur kapan mau melakukan penyiraman.

Pos kedua adalah Briket yang terletak di Laboratorium OTK (Operasi Teknik Kimia). Di pos ini, para siswa mendengarkan penjelasan tentang pembuatan briket arang dari limbah daun-daun kering sebagai pemanfaatan ulang dari sampah organik. Pos ketiga adalah BBM yang juga terletak di Laboratorium OTK (Operasi Teknik Kimia). Di situ, para siswa diberikan penjelasan tentang alat pirolisis yang dibuat oleh Fakultas Teknik. Alat ini dapat mengubah sampah plastik menjadi minyak bahan bakar dan minyak tanah. Hal ini adalah sebentuk kepedulian dalam mewujudkan UKWMS sebagai green campus atau kampus hijau demi mengurangi limbah sampah plastik.

Berikut Siswa dari SMPK Dharma Mulya memperhatikan pembuatan arang briket yang dipraktikan oleh mahasiswa Fakultas Teknik UKWMS

“Senang banget rasanya bisa datang langsung, dan nggak cuman belajar lewat materi tetapi bisa praktik dan mencoba langsung tentang energi baru,” ujar Michelle siswa SMAK St. Stanislaus. Rahma, salah satu mahasiswa pendaping dari Jurusan Teknik Industri mengatakan ia pun antusias untuk mendampingi dan menjelaskan pada siswa-siswi yang hadir.

Pos keempat adalah PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yang menjelaskan tentang bagaimana tenaga air dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai tenaga listrik. Ada alat peraga yang dibuat oleh mahasiswa untuk mempraktekkan secara sederhana namun jelas, dan dapat dicoba oleh para siswa. Pos kelima adalah PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang kurang lebih sama dengan pos pertama. Di pos ini, para siswa diberikan penjelasan mengenai fungsi solar panel yang terletak di parkiran motor kampus.

Siswa dari SMAK St. Stanislaus mendengarkan penjelasan mengenai PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang berada di area parkir motor kampus Kalijudan oleh mahasiswa Fakultas Teknik UKWMS.

Kegiatan edukasi dan praktik energi baru terbarukan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para siswa. Mereka dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman langsung mengenai energi baru terbarukan yang sangat penting untuk masa depan bumi kita. Semoga pengalaman dari mengunjungi UKWMS yang termasuk universitas swasta terbaik di Surabaya, turut membuka jalan ke ide-ide inovasi hijau lainnya. (VW/Red1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang