Magister Teknik Kimia

Di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang berbasis sains, peluang karir lintas negara semakin terbuka. Peningkatan kompetensi dan ketrampilan dalam sistem informasi dan teknologi spesifik agar dapat bersaing sangat diperlukan, salah satunya dengan menempuh pendidikan di Program Studi Magister Teknik Kimia (PS-MTK) UKWMS.

Vision
Menjadi program magister Teknik Kimia terdepan dalam rekayasa dan teknologi berbasis pendidikan dan penelitian untuk dapat menghasilkan lulusan Teknik Kimia yang memiliki integritas tinggi dalam menjunjung ilmu pengetahuan, bermartabat, berjiwa profesional dan entrepreneur serta mengutamakan solidaritas dan pengabdian, dijiwai prinsip-prinsip Katolik.

Mission

1. Menyelenggarakan pendidikan Magister (S-2) yang bermutu untuk menghasilkan Magister Teknik Kimia yang profesional dan berjiwa entrepreneur sehingga mampu menghadapi revolusi industri 4.0, beradaptasi dalam dunia kerja bahkan menciptakan lapangan kerja.

 2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dengan memanfaatkan sumber daya alam untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat.

 3. Meningkatkan jaringan kerjasama dengan industri profesional, lembaga penelitian dan institusi pendidikan nasional maupun internasional dan juga pemerintah.

Program Studi Magister Teknik Kimia UKWMS, meraih Akreditasi Baik Sekali sesuai SK LAM Teknik No. 0252/SK/LAM Teknik/AM/VIII/2023.

List of Staff

No Name Field of Interest Email
1 Prof. Ir. Suryadi Ismadji, M.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. Nanomaterials
Energy
Wastewater Treatment
suryadiismadji@yahoo.com
2 Prof. Ir. Felycia Edi Soetaredjo, S.T., M.Phil., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. Water and Wastewater Treatment
Process Engineering
felyciae@ukwms.ac.id
3 Dr. Ir. Suratno Lourentius, M.S., IPM. Renewable Energy
Adsorption
suratno.lourentius@ukwms.ac.id
4 Ir. Wenny Irawaty, S.T., M.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. Wastewater Treatment
Nanomaterials
Advanced Oxidation Technology
wenny_i_s@ukwms.ac.id
5 Ery Susiany Retnoningtyas, S.T., M.T., Ph.D., IPM. Biomaterials ery@ukwms.ac.id
6 Ir. Aning Ayucitra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. Composites and Nanomaterials
Environment and Waste Valorization
Renewable Energy
Starch Modification
aning@ukwms.ac.id
7 Ir. Sandy Budi Hartono, S.T., M.Phil., Ph.D., IPM. Nanoporous materials
Drug Delivery
Renewable Energy
sandy@ukwms.ac.id
8 Ir. Shella Permatasari Santoso, S.T., Ph.D., IPM. Wastewater Treatment
Metal-Ligand Complex
Composite Materials
shella@ukwms.ac.id
9 Ir. Maria Yuliana, S.T., Ph.D., IPM. Renewable Energy
Catalyst
Sorption Technology
mariayuliana@ukwms.ac.id
10 Ir. Jindrayani Nyoo Putro, S.T., Ph.D., IPM. Nanomaterials
Drug Loading and Release
Adsorption Technology
jindrayani@ukwms.ac.id
11 Ir. Jenni Lie, S.T., Ph.D., IPP. Metal recovery from e-waste
Metal leaching
Process intensification
Renewable and sustainable energy
Precipitation
liejenni@ukwms.ac.id
12 Ir. Nathania Puspitasari, S.T., Ph.D., IPP. Proteins
Biomaterial
Environmental Engineering
Genetic Engineering
nathania.puspita@ukwms.ac.id
13 Ir. Chintya Gunarto, S.T., Ph.D., IPP. Solid Lipid Nanoparticles
Biomaterials
chintya@ukwms.ac.id
14 Dr. Christian Julius Wijaya, S.T., M.T., IPP. Nanomaterials and Biomaterials
Metal-Organic Frameworks
Drug Loading and Release
Adsorption
christian_wijaya@ukwms.ac.id

Independent Professional Profile (IPP)

PPM-1: Mampu menerapkan ilmu teknik kimia untuk merancang dan mengembangkan suatu sistem teknologi dan penelitian secara komprehensif dan mendalam dengan memperhatikan kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup melalui pendekatan inter- atau multidisipliner
PPM-2: Mampu mendesain produk inovatif dengan memanfaatkan kearifan lokal dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini dan didasari jiwa technopreneurship.
PPM-3: Mampu mengembangkan jiwa kepemimpinan, adaptif, dan integritas kepribadian dalam lingkup profesional dengan didasari tanggung jawab moral dan etika profesi.
PPM-4: Mampu mengembangkan kompetensi diri secara berkelanjutan baik melalui pendidikan formal maupun non-formal, dan dalam skala nasional maupun internasional.

Graduate Learning Outcomes

CPL-1: Mampu merancang dan mengembangkan suatu teknologi dengan menggunakan teknologi informasi dan program-program pendukung untuk analisa, desain, manajemen dan pengembangan sistem.
CPL-2: Mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi proses secara komprehensif dan mendalam.
CPL-3: Mampu merancang suatu metodologi penelitian yang reliable, mengelola penelitian secara mandiri, dan mengolah serta menampilkan data dengan baik.
CPL-4: Memiliki tanggung jawab moral dan etika profesi, mampu bekerja secara mandiri dan kelompok, serta mampu beradaptasi dengan pekerjaan dan lingkungannya.
CPL-5: Memiliki jiwa kepemimpinan, kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup, serta mampu menerapkan life-long learning.
CPL-6: 
Mampu memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan teknologi terapan di bidang Teknik Kimia melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
CPL-7: Mampu mendesain produk inovatif dengan memanfaatkan kearifan lokal dan ramah lingkungan dengan jiwa technopreneurship.

Studi di PS-MTK UKWMS dapat diselesaikan dalam waktu 4 semester dimana perkuliahan akan dilaksanakan selama 2 semester sedangkan penelitian dengan topik sesuai dengan bidang minat dapat dilaksanakan selama 2 – 4 semester. Selain itu, dalam peningkatan wawasan keilmuan, pengalaman lapangan dan ketrampilan, mahasiswa PS-MTK diwajibkan untuk menghadiri seminar grup maupun seminar nasional, publikasi ilmiah serta kunjungan studi.

Terdapat dua jalur pada Program Studi Magister Teknik Kimia, yaitu:
1. Jalur Reguler/by course (dengan dua bidang minat. (1) Teknologi Material Maju dan (2) Teknologi Bioenergi) 
Mahasiswa pada jalur ini mengikuti kelas mata kuliah wajib dan pilihan, masing-masing sebesar 16 SKS dan 12 SKS (total 28 SKS). Tesis (riset penelitian) memiliki kredit sebesar 8 SKS. Syarat kelulusan pada jalur ini adlah mahasiswa menyelesaikan penelitian dan mempublikasikannya melalui kegiatan seminar internasional terindeks Scopus dan/atau submit pada jurnal internasional bereputasi.

2. Jalur Riset/by-research 
Mahasiswa pada jalur ini mengikuti kelas mata kuliah wajib sebesar 4 SKS dan riset (mulai proposal hingga laporan akhir/tesis) sebesar 32 SKS. Syarat kelulusan pada jalur ini adalah mahasiswa menyelesaikan penelitian dan telah mempublikasikannya pada jurnal internasional bereputasi.

Kerja sama dengan Program Studi Teknik Kimia (S1) juga telah dilaksanakan melalui program BUNDLING, di mana mahasiswa dapat berkuliah selama 3,5 tahun di Program Sarjana dan langsung melanjurkan Program Magister selama 1,5 tahun.

Program Studi Magister Teknik Kimia UKWMS memiliki dua bidang peminatan yakni: Teknologi Material Maju dan Teknologi Bioenergi.

Kebutuhan tenaga kerja profesional yang berkualitas mulai menjadi kebutuhan berbagai perusahaan nasional maupun internasional. Salah satu indikator berkualitas tidaknya sumber daya manusia (SDM) adalah berdasarkan strata pendidikan. Kemampuan profesional yang lebih komprehensif dan mendalam terutama pada bidang keilmuan Teknik Kimia berdasarkan pengembangan teknologi terkini dan perancangan teknologi masa depan dapat dipelajari di Program Studi Magister Teknik Kimia (PS-MTK) ini.
Keunggulan dari PS-MTK ini adalah adanya 2 konsentrasi atau bidang minat yaitu: Teknologi Material Maju dan Teknologi Bioenergi yang saat ini juga menjadi fokus dari pemerintah dalam rangka revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang berbasis sains. Studi di PS-MTK UKWMS dapat diselesaikan dalam waktu 4 semester dimana perkuliahan akan dilaksanakan selama 2 semester sedangkan penelitian dengan topik sesuai dengan bidang minat dapat dilaksanakan selama 2 – 4 semester. Selain itu, dalam peningkatan wawasan keilmuan, pengalaman lapangan dan ketrampilan, mahasiswa PS-MTK diwajibkan untuk menghadiri seminar grup maupun seminar nasional, publikasi ilmiah serta kunjungan studi.

Prospek karir dari lulusan PS-MTK sangatlah luas baik di industri kimia, minyak/gas, pangan, kosmetik, maupun pendidikan sebagai Environmental Risk Assessor; Environmental, Safety & Health Engineer; peneliti; dosen;  Staff Research and Development; Project Engineer; Process Engineer; Management Consultant; Engineering Consultant; Process Safety Engineer; Liaison Engineer; Analyst; Quality Control/Assurance Engineer, dll.

Laboratorium
– Laboratorium Analisa Instrumen
– Laboratorium Kimia Analisa
– Laboratotium Kimia Organik dan Kimia Fisika
– Laboratorium Teknologi Bioproses
– Laboratorium Teknologi Proses
– Laboratorium Operasi Teknik Kimia
– Laboratorium Komputasi Proses
– Laboratorium Pengendalian Proses

Facility
– Student Lounge
– Co-working Space
– Direct Coaching dengan pakar riset

Magister Teknik Kimia
Faculty of Engineering
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 
Jl. Kalijudan 37 Surabaya 
+62 31 568 1377 | WA +62 823 3668 6800 (Ery Susiany, Ph.D)
E: hod-chemengmaster@ukwms.ac.id
IG: @teknikkimia.ukwms

UKWMS Works Hard to Prepare Every Student For Their Professional Life