Program Studi Psikologi – Kampus Madiun

Fakultas Psikologi adalah Fakultas termuda di lingkungan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, didirikan atas dasar Surat keputusan Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Madiun No. 69/C/YWMM/VII/1999 yang ditetapkan di Madiun 1 Juli 1999. Selanjutnya, Fakultas ini mendapatkan status “Terdaftar” berdasarkan Surat keputusan Dirjen Dikti No.176/DIKTI/Kep/2000 tertanggal 6 Juni 2000, telah mengajukan dan memperoleh perpanjangan izin penyelenggaraan Program Studi ke Dirjen Dikti dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 2525/D/T/2005 tertanggal 18 Juli 2005.
Dalam usianya yang relatif masih muda, Program Studi Psikologi senantiasa berbenah diri, mengembangkan diri, meningkatkan kualitas pelayanan, dengan mengikuti dinamika masyarakat. Sejalan dengan perkembangan tersebut, Program Studi Psikologi “Menyiapkan calon Sarjana Psikologi yang berkemampuan handal sebagai ilmuan Psikologi yang memiliki kompetensi di bidang testing, training, dan konseling”.
Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut, Program Studi Psikologi mengajak mahasiswa terampil di bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan akademik berupa melibatkan mahasiswa di bidang administrasi tes psikologi, perancangan pelatihan, role play konseling. Kegiatan non akademik berupa melibatkan mahasiswa sebagai pemateri dalam acara bedah buku, forum diskusi, debat ilmiah, peserta seminar, penyelenggara seminar, narasumber dalam siaran radio, dan studi lapangan.

Vision
Program Studi Psikologi Strata Satu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya merupakan “komunitas akademik di bidang psikologi yang memposisikan diri sebagai agent of change dengan berlandaskan pada psikologi positif.

Mission
Misi Fakultas Psikologi UKWMS dan Program Studi S1 Psikologi UKWMS memiliki rumusan yang sama, misi ditetapkan guna mewujudkan visi Fakultas Psikologi & misi Program studi S1 Psikologi UKWMS, yaitu :
1. Menerapkan the scientist-practitioner model di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama dengan berlandaskan psikologi positif.
2. Menerapkan experiential learning sebagai metode dalam proses kependidikan, pengembangan karakter dan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa.
3. Menerapkan psikologi positif, melalui kegiatan tri darma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan kerja sama, yaitu a). Fokus Sosio Klinis: mengembangkan dan menerapkan promosi kesehatan mental berbasis pemberdayaan komunitas yang bersifat preventif dan kuratif guna menyikapi perubahan. b). Fokus Sosio Industri: mengembangkan SDM/Human Capital menuju kesejahteraan berkelanjutan (sustainable development) yang dikembangkan dan diterapkan guna menyikapi perubahan.

Program Studi Psikologi UKWMS Kampus Madiun, meraih Akreditasi Baik Sekali sesuai SK BAN PT No. 10162/SK/BAN-PT/Ak/S/XII/2022.

List of Staff 

No Name Field of Interest Email
1 Andi Cahyadi, M.Psi., Psikolog Psikologi Perkembangan andi.cahyadi@ukwms.ac.id
2 David Ary Wicaksono, S.Psi, M.Si Psikologi Sosial david.ary.wicaksono@ukwms.ac.id
3 Herdina Tyas Leylasari, M.Psi, Psikolog Psikologi Pendidikan herdina.tyas.leylasari@ukwms.ac.id
4 Marcella Mariska Aryono, S.Psi., M.A. Psikologi Klinis marcella.m.aryono@ukwms.ac.id
5 Robik Anwar Dani, M.Psi., Psikolog Psikologi Klinis robik.anwar.dani@ukwms.ac.id
6 Yonathan Setyawan, M.Psi. Psikologi Industri dan Organisasi yonathan.setyawan@ukwms.ac.id

 

Independent Professional Profile (IPP)

IPP 1: Menguasai dan menerapkan konsep dasar teori psikologi khususnya psikologi positif guna memformulasikan prosedur penyelesaian masalah psikologi, melalui kemampuan menginterprestasikan perilaku manusia, menggunakan asesmen psikologi dan perancangan intervensi psikologi sesuai kaidah kode etik psikologi dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

IPP 2: Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dengan pemanfaatan dan penguasaan IPTEKS dalam kegiatan penelitian psikologi dan asesmen psikologi yang dapat dipergunakan untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah, pengambilan keputusan berdasarkan hasil riset/analisis hasil asesmen dan memberikan saran/rekomendasi sesuai dengan kaidah psikologi.

IPP 3: Mampu bertanggungjawb pada proses dan hasil pekerjaan serta pengembangan potensi diri melalui internalisasi psikologi positif, dan nilai PeKa dalam upaya menjadi agent of change di bidang psikologi guna menginspirasi, mengembangkan atau memberdayakan diri dan potensi manusia secara individu maupun kelompok.

Capaian Pembelajara Lulusan (CPL)

KODE Capaian Pembelajara Lulusan (CPL)
GLO 1 Mampu menjalankan tugas dan menunjukkan sikap tanggung jawab atas pekerjaannya di bidang psikologi secara mandiri, disiplin, dan menghargai perbedaan individu maupun kelompok dengan cara menginternalisasi psikologi positif dan nilai PeKA (Peduli, Komit, dan Antusias, melaksanakan Kode Etik Psikologi dan menjunjung tinggi nilai Pancasila.
GLO 2 Mampu memahami konsep / teori dasar psikologikonsep dasar asesmen dan intervensi psikologi yang bersifat non klinis guna menggambarkan, menganalisis berbagai gejala psikologi dan menerapkan prinsip perubahan perilaku pada individu, kelompok, organisasi dan masyarakat.
GLO 3 Mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi, termasuk rancangan penelitian, analisis data dan interpretasinya serta penggunaan prinsip literasi data.
CPL 4 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistimatis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu dan implementasi teknologi di bidang psikologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, dan pengambilan keputusan yang tepat, melalui kemampuan adaptasi kerjasama, kreasi, kontribusi dan inovasi.
CPL 5 Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostika dan Kode Etik Psikologi Indonesia (kemampuan asesmen psikologi).
CPL 6 Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan modern (kemampuan pengukuran psikologis).
CPL 7 Mampu menganalisis persoalan psikologis non klinis dan persoalan perilaku serta menyajikan alternatif pemecahan permasalahan melalui kemampuan memperoleh informasi data dan melakukan analisis data dalam konteks psikologi dengan penggunaan teknologi secara bertanggung jawab (kemampuan pemecahan permasalahan psikologis, kemampuan literasi data, dan kemampuan literasi teknologi).
CPL 8 Mampu melakukan intervensi psikologis non klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan dan teknik intervensi lainnya yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia (kemampuan intervensi psikologis).
CPL 9 Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif generikserta mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme (kemampuan penelitian dan publikasi ilmiah).
CPL 10 Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia dan mampu merencanakan serta mengembangkan karir dan pengembangan diri (career & personal development; kemampuan pengembangan diri dan karir serta kemampuan melaksanakan Etika Psikologi).

Berdasarkan Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka berdasar Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 18 bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana dan SK AP2TPI NOMOR: 02/Kep/AP2TPl/2020 tentang Standar Proses Pembelajaran Terkait Hak Belajar Tiga Semester Di Luar Program Studi Dalam Rangka lmplementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pada Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana, maka pelaksanaan merdeka belajar di Fakultas Psikologi-Prodi S1 Psikologi UKWMS ditatakelola sebagai berikut :

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi: Perguruan Tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela (dapat diambil atau tidak). Dapat mengambil SKS di luar perguruan tinggi sebanyak 2 semester (setara dengan 40 sks). Ditambah lagi, dapat mengambil sks di prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak 1 semester (setara dengan 20 sks).

  • Pasal 6 ayat 1 SK AP2TPI menyatakan bahwa Beban Belajar Mahasiswa pada Prodi Sarjana Psikologi minimal 144 SKS, yang terdiri dari:
  1. 84 SKS untuk Mata Kuliah Wajib dari Kementerian, Mata Kuliah Wajib Universitas, dan Mata Kuliah Keprodian.
  2. 20 SKS (setara satu semester) untuk Mata Kuliah di Prodi yang berbeda pada Perguruan Tinggi yang
  3. 40 SKS (setara dua semester) dapat berupa:
    • Pembelajaran pada Prodi yang sama di Perguruan Tinggi berbeda
    • Pembelajaran pada Prodi yang berbeda di Perguruan Tinggi berbeda dan/atau
    • Pembelajaran di luar Perguruan Tinggi dapat berupa mengajar di sekolah, magang/pratek industri, proyek di desa, pertukaran pelajar, penelitian/riset, wirausaha, studi/proyek independen, dan proyek kemanusiaan.

Penerjemahan pemenuhan beban belajar ini akan ditetapkan alur skemanya oleh Prodi S1 Psikologi UKWMS.

  • Model proses pembelajaran Kampus Merdeka di Fakultas Psikologi UKWMS akan diatur berdasarkan skema kurikulum merdeka belakar yang dapat diambil oleh mahasiswa dengan pembimbingan
  • Kegiatan yang dapat diambil oleh mahasiswa (dalam tiga semester di luar kampus) di Fakultas Psikologi Prodi Psikologi UKWMS dapat dipilih meliputi 8 skema di antaranya:
  1. Magang atau Praktik lndustri
  2. Proyek di Desa
  3. Perukaran Pelajar
  4. Penelitian / riset
  5. Wirausaha
  6. Studi/Proyek Independent
  7. Proyek Kemanusiaan
  8. Mengajar di Sekolah

lmplementasi pelaksanaan 8 skema diatas disusun berdasarkan pemenuhan CPL dan PPM Prodi S1 Psikologi UKWMS.

Fokus bidang sosio klinis dan sosio industri berbasis psikologi positif diterjemahkan pada fokus masing-masing bidang minat yang ada di Fakultas Psikologi UKWMS yaitu:

Bidang Minat Psikologi Klinis: Promosi kesejahteraan mental dengan fokus preventif dan Psikologi Positif.

Bidang Minat Psikologi Perkembangan: Perkembangan pada Anak Usia Dini (AUD) dan keluarga berlandaskan psikologi positif (intervensi anak & keluarga).

Bidang Minat Psikologi Pendidikan: Optimalisasi potensi dasar peserta didik untuk mengoptimalkan potensi belajar, pengembangan kurikulum, manajemen pendidikan, pengembangan karakter dan psikoedukasi.

Bidang Minat Psikologi Sosial: Pemberdayaan berbasis komunitas untuk menjadi agen perubahan.

Bidang Minat Psikologi Industri & Organisasi: Merancang dan mengembangkan desain intervensi berbasis strenght dan kesejahteraan di tempat kerja.

Program Studi Psikologi merupakan satu-satunya program studi Psikologi yang berada di wilayah Jawa Timur bagian Barat yang memiliki fokus keunggulan pada bidang Psikologi Positif.
Kegiatan akademik dan non-akademik yang melibatkan siswa dalam pendampingan komunitas, sekolah, LSM dan Pemerintah Daerah secara langsung.

  1. Asisten Psikolog
  2. Asisten Terapis
  3. Administrator tes Psikologi
  4. Pengajar
  5. Staf Konsultan bidang Psikologi
  6. Konselor
  7. Trainer
  8. Staf atau Supervisor
  9. Fasilitator pengembangan komunitas
  10. Asisten Peneliti
  11. Research Surveyor
  12. Entrepreneur
  13. Staf Pengembangan Organisasi

– Laboratorium Psikodiagnostika
– Laboratorium Eksperimen
– Biro Psikologi
– Perpustakaan Program Studi
– Akses Jurnal Online

Program Studi Psikologi
Faculty of Psychology
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Manggis 15-17 Madiun
P: +62 351 463311
psikologi@widyamandala.ac.id
@psikologi.wima

UKWMS Works Hard to Prepare Every Student For Their Professional Life