Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Teknik didirikan pada tanggal 8 Juni 1982 dengan jurusan yang dikelola adalah Jurusan Teknik Elektro sesuai Surat Keputusan Yayasan Widya Mandala No. 022/Ya/1982. Jurusan ini merupakan pengembangan dari Lembaga Pendidikan Elektro (LPE) – setingkat D3 yang didirikan pada tahun 1973. Selanjutnya berkembang dengan mendirikan Jurusan Teknik Kimia pada tahun 1986 dan Jurusan Teknik Industri pada tahun 1997.

Jurusan Teknik Elektro memulai kegiatan pendidikan S-1 dengan Surat Keputusan Yayasan Widya Mandala Surabaya nomor 022/I/Yay/Div/1982 tanggal 8 Juni 1982.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 2886/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/V/2022, Program Studi Teknik Elektro memperoleh status Terakreditasi dengan peringkat “Baik Sekali”.

Vision

Menjadi pusat dan komunitas pembelajaran di bidang teknik elektro yang berkualitas, dinamis dan terbuka terhadap perkembangan teknologi, dengan dijiwai nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik.

Mission

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik elektro untuk menyiapkan lulusan yang unggul dan profesional.
  2. Meningkatkan kapasitas riset di bidang teknik elektro yang berguna bagi masyarakat dan pengguna teknologi.
  3. Meningkatkan jumlah pengabdian masyarakat, terutama yang berhubungan dengan hasil riset.
  4. Mengembangkan jejaring komunitas pembelajaran dan riset.

Program Studi Teknik Elektro memperoleh status Terakreditasi dengan peringkat “Baik Sekali”, berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 2886/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/V/2022.

No Name Field of Interest Email
1 Drs. Ir.Peter Rathodirjo Angka, M.Kom., IPM., ASEAN Eng. Teknik Komputer peter@ukwms.ac.id
2 Ir. Rasional Sitepu, M.Eng., IPU., ASEAN Eng. Energy Planning & Policy rasional@ukwms.ac.id
3 Ir. Albert Gunadhi, ST., MT., IPU., ASEAN Eng. Teknik Elektro, Mikroelektronik albert@ukwms.ac.id
4 Ir. Hartono Pranjoto, Ph.D., IPU., ASEAN Eng. Teknik Elektro, Signal Processing, Instrumentation System pranjoto@ukwms.ac.id
5 Ir. Andrew Joewono, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng., APEC Eng. Teknik Elektro, Solar Energy andrew_sby@ukwms.ac.id
6 Ir. Diana Lestariningsih, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Teknik Biomedika diana@ukwms.ac.id
7 Ir. Yuliati, S.Si, MT., IPU., ASEAN Eng. Matematika, Instrumentasi & Kontrol yuliati@ukwms.ac.id
8 Ir. Lanny Agustine, ST., MT., IPU., ASEAN Eng. Teknik Biomedika lanny.agustine@ukwms.ac.id
9 Widya Andyardja Weliamto, Ph.D. Computer Engineering widya_andy@yahoo.com

PROFIL PROFESIONAL MANDIRI

IPP 1

Memiliki kompetensi yang unggul di bidang Teknik Elektro

IPP 2

Mengedepankan profesionalisme dan memiliki etika kehidupan yang unggul

IPP 3

Mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki sifat kepemimpinan

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

KODE CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL-1 Mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu dasar (matematika, fisika, kimia) dan keteknikan dasar.
CPL-2 Mampu merancang sistem perangkat keras dan lunak untuk memenuhi berbagai kebutuhan, terutama di bidang biomedika, telekomunikasi multimedia, artificial intelligent dan internet of things, atau energi baru terbarukan.
CPL-3 Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik elektro  yang diperukan untuk praktek keteknikan.
CPL-4 Mampu menganalisa data dan membuat pemecahan masalah.
CPL-5 Mampu beradaptasi dengan perkembangan pekerjaannya.
CPL-6 Mampu bekerja sama secara profesional.
CPL-7 Mampu berkomunikasi lisan dan tertulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
CPL-8 Mampu menggunakan komputer dan program aplikasinya termasuk internet.
CPL-9 Mampu mempelajari teknologi baru atau peralatan modern yang dibutuhkan dalam praktek keteknikan, terutama di bidang biomedika, telekomunikasi multimedia, artificial intelligent dan internet of things, atau energi baru terbarukan.
CPL-10 Bertanggung jawab secara moral dan etis sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik.
CPL-11 Mampu mengembangkan potensi diri untuk menjadi entrepreneur.
CPL-12 Mampu melakukan analisis kelayakan ekonomi.

Untuk mendapatkan gelar sarjana (S-1) pada Prodi Teknik Elektro maka jumlah SKS minimal yang harus ditempuh adalah 144 SKS. Jumlah SKS minimal (144 SKS) tersebut terdiri dari matakuliah wajib dan matakuliah pilihan wajib. Yang disebut dengan mata kuliah wajib adalah matakuliah yang jumlah kreditnya (SKS)  termasuk dalam SKS minimal (144 SKS) yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk lulus program S1 sedangkan matakuliah pilihan wajib adalah matakuliah pilihan yang jumlah kreditnya (SKS) termasuk dalam SKS minimal (144 SKS) yang harus ditempuh mahasiswa untuk program S1.

Prodi Teknik Elektro juga menawarkan matakuliah pilihan bebas. Matakuliah pilihan bebas adalah matakuliah pilihan yang boleh diambil mahasiswa diluar jumlah SKS minimal baik yang tersedia di Fakultas Teknik maupun lintas Prodi.

Matakuliah pilihan yang tersedia di Prodi Teknik Elektro terbagi dalam 4 bidang minat yaitu :

  1. Telekomunikasi Multimedia
  2. Artificial Intelligent dan Sistem Internet of Things (IoT)
  3. Energi Baru dan Terbarukan
  4. Biomedika

Kurikulum Merdeka Belajar

Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mendikbud, 2020) mensyaratkan semua program studi pada Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia untuk memberi hak pada mahasiswa untuk belajar di luar program studi asalnya selama lamanya 3 semester atau setara 20 SKS per semester. Untuk itu, kurikulum PS-TE FT UKWMS dilakukan penyesuaian sehingga ada dua bentuk kurikulum yang ditawarkan. Pertama yaitu kurikulum reguler (Kurikulum 8:0) yang artinya 8 semester ditempuh sesuai kurikulum PS-TE UKWMS 2021. Kedua yaitu kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang terdiri dari 3 skema yaitu Kurikulum 7:1, Kurikulum 6:2, dan Kurikulum 5:3 yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar di luar PS-TE UKWMS setara beban belajar 1 semester, 2 semester, atau 3 semester. Kurikulum MBKM mulai semester 5 hingga semester 8. Bentuk pembelajaran diluar prodi yang disediakan dalam kurikulum ini ada 4 bentuk dari 8 bentuk kegiatan MBKM yang ditawarkan DIKTI (DIKTI, 2020) yaitu pertukaran mahasiswa, magang/praktik industri, kuliah kerja nyata tematik (KKNT)/membangun desa, dan penelitian. Bentuk kegiatan pembelajaran pertukaran mahasiswa dapat berupa kuliah di prodi lain di UKWMS, PS-TE di Perguruan Tinggi (PT) lain, dan prodi lain di PT lain.

Mahasiswa mempunyai hak untuk memilih skema kurikulum dan dengan persetujuan dosen Penasihat Akademik yang dilakukan saat memprogram KRS semester berikutnya setelah lulus minimum 75 SKS.

Matakuliah pilihan yang tersedia di Prodi Teknik Elektro terbagi dalam 4 bidang minat yaitu :

  1. Telekomunikasi Multimedia
  2. Artificial Intelligent dan Sistem Internet of Things (IoT)
  3. Energi Baru dan Terbarukan
  4. Biomedika

Keunggulan studi di Jurusan Teknik Elektro UKWMS:

  1. JTE-WM termasuk program studi bermutu, terakreditasi dengan peringkat B (2019-2024) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
  2. Merupakan salah satu dari sedikit Jurusan Teknik Elektro yang mempunyai konsentrasi di bidang elektronika kedokteran (biomedical engineering).
  3. Kerja sama dengan universitas luar negeri dalam bentuk pertukaran staf dan penelitian, serta kegiatan mahasiswa seperti Summer Camp, Winter Camp, dan beasiswa untuk melanjutkan ke S2.
  4. Merintis penerapan student centered learning (dengan dukungan hibah dari DIKTI), dengan menerapkan TIK untuk mendukung proses belajar mengajar.
  5. Peran aktif dan antusiasme mahasiswa dalam berbagai kegiatan lomba di tingkat nasional (LCEN, KRI, KRCI, KRSI, KORINDO).

Sarjana Teknik Elektro dapat bekerja hampir di bidang yang melibatkan teknologi elektronika, teknologi informasi dan komunikasi, kontrol, dan kelistrikan. Beberapa bidang industri atau bidang jasa dimana alumni JTE-UKWMS berkarya yaitu: industri elektronika, teknologi informasi, otomatis industri, peralatan laboratorium kedokteran, otomotif, modifikasi alutsista, BUMN Perbankan, pendidikan. Sejumlah lulusan juga mendirikan dan menjalankan usaha sendiri. Beberapa bidang wirausaha yang dijalankan alumni: industri kecil pembuatan transformator, industri kecil pembuatan AVR (Automatic Voltage Regulator), instalasi sistem otomasi industri, instalasi security and surveillance system, distributor-retailer komponen elektronik, perawatan dan retailer komputer, jasa kesehatan lingkungan, international packing-moving-and-transportation, industri makanan.

Prospek karir lulusan teknik elektronika:

  1. Product Designer / Design Engineer
  2. Programmer
  3. Project Manager
  4. Engineering / Teknisi
  5. Sales Problem Solving Engineer
  6. Teknopreneur
  7. Peneliti

Laboratorium

  1. Laboratorium Rangkaian dan Pengukuran Besaran Listrik
  2. Laboratorium Elektronika
  3. Laboratorium Pemrosesan Sinyal Digital
  4. Laboratorium Sistem Mikro
  5. Laboratorium Mekanik dan Robotik
  6. Laboratorium Instrumentasi
  7. Laboratorium Konversi Energi Listrik
  8. Laboratorium Kontrol Industri
  9. Laboratorium Jaringan Komputer
  10. Laboratorium Komputasi
  11. Laboratorium Teknik Biomedika
  12. Laboratorium Telekomunikasi

Fasilitas lain di Program Studi

Semua laboratorium terhubung dengan Jaringan Komputer dan Internet. Ruang kuliah yang dilengkapi dengan AC. Alat penunjang perkuliahan: Multimedia Projector. Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku yang up to date.

Program Studi Teknik Elektro
Faculty of Engineering
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Gedung A Lantai 1
Jl. Kalijudan no. 37 Surabaya
hod-electreng@ukwms.ac.id
@teknikelektro_ukwms

UKWMS Works Hard to Prepare Every Student For Their Professional Life