Tetap Sehat & Selamat di Musim Hujan Akhir Tahun

Tetap-Sehat-Selamat-di-Musim-Hujan-Akhir-Tahun_Ilustrasi-digital-oleh-tree_sumber-Pngtree.jpg

(UKWMS – 4/12/2023) Musim hujan pada akhir tahun di Surabaya dapat membawa dampak pada kesehatan dan keselamatan masyarakat. Civitas UKWMS yang termasuk masyarakat di Surabaya perlu menjaga diri tetap sehat demi menjalani aktivitas di tengah musim hujan. Sebagai satu dari beberapa universitas swasta terbaik di Surabaya, UKWMS mendukung kebijakan pemerintah terkait hal ini.

Pemerintah Kota Surabaya telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi genangan saat musim hujan. Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai selama musim hujan meliputi diare, demam berdarah dengue, leptospirosis, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), penyakit kulit, dan penyakit pencernaan. 

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan selama musim hujan, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan. Langkah-langkah itu antara lain; menggunakan pakaian hangat, sedia payung atau jas hujan, menjaga kebersihan rumah. Demi kesehatan pribadi, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan rutin mengkonsumsi vitamin. Selain itu, jika terlanjur kehujanan, maka dianjurkan untuk segera mandi.

Menjaga Keselamatan di Musim Hujan

Selain menjaga kesehatan, keselamatan juga perlu diperhatikan selama musim hujan. Banjir yang sering terjadi pada musim hujan dapat memperburuk situasi kesehatan, terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah yang sering terkena banjir. Air banjir dapat terkontaminasi oleh kuman dan bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi kulit, saluran pencernaan, dan bahkan penyakit menular yang serius seperti leptospirosis.

Oleh karena itu, selama musim hujan, sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menghindari kontak dengan air banjir. Selain itu, saat berkendara, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi jalan dan menghindari daerah yang rawan banjir. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari berkendara saat hujan deras dan pastikan kendaraan dalam kondisi baik.

Dalam rangka menjaga keselamatan selama musim hujan, Pemerintah Kota Surabaya juga telah mengeluarkan surat edaran kepada sekolah untuk mengantisipasi cuaca ekstrem. Surat edaran tersebut memberikan himbauan khusus kepada kepala sekolah untuk memperhatikan keselamatan para pelajar yang ada di Kota Surabaya.

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan normalisasi saluran dan menjaga kontinuitas rumah pompa untuk mengantisipasi genangan saat datangnya musim hujan. Dengan melakukan upaya-upaya tersebut, diharapkan masyarakat di Surabaya dapat tetap sehat dan aman selama musim hujan. (VW/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang