industri-main

Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Widya Mandala menghasilkan sarjana yang mampu

  1. menyelesaikan permasalahan industri manufaktur dan jasa secara komprehensif sehingga lebih efisien dan efektif.
  2. merancang dan menganalisis suatu sistem industri secara menyeluruh mulai dari riset pasar, perancangan produk dan proses serta sistem pemasaran dan distribusi yang terdiri dari faktor manusia, mesin, material, metode kerja, modal dan informasi secara efektif dan efisien.
  3. mampu secara kritis dan peka menganalisa sistem kerja untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan di tempat kerjanya dengan penuh tanggung jawab untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

 

Apa saja yang dipelajari di Program Studi Teknik Industri?

Materi yang diajarkan diantaranya : Perencanaan dan Pengendalian Kualitas, Manajemen Persediaan dan Pergudangan, Penjadwalan Produksi, Manajemen Rantai Pasok, Marketing Research, Perancangan Sistem & Ergonomi, Perancangan Sistem Industri, Psikologi Industri, Penelitian Operasional, Sistem Produksi, dan Ekonomi Teknik.

Dengan kurikulum yang diperkaya dengan topik-topik terbaru (up-to-date) dalam Mata Kuliah Pilihan mulai semester V, antara lain: Rekayasa Kualitas, Manajemen Teknologi, Teknik Keandalan, Analisis Keputusan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Perancangan Industri Jasa, Manajemen Lingkungan, Six Sigma Philosophy, Manajemen Proyek, Manajemen Perawatan, dan ISO 9000.

Lulusan Teknik Industri juga dibekali kemampuan komunikasi dan pengelolaan sumber daya manusia dan organisasi dengan mengambil mata kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Psikologi.

Selain diselenggarakan pendidikan Reguler, mahasiswa juga dapat mengambil DUAL PROGRAM.

DUAL PROGRAM :

Major Teknik Industri dan Minor Manajemen Keuangan : Lulusan disamping mahir dalam bidang Teknik Industri juga mempunyai kemampuan dalam manajemen keuangan perusahaan.

 

Bagaimana studi di Program Studi Teknik Industri ?

Sebagai pemenang Program Hibah Kompetisi A1 tahun 2005-2006, pelaksana Program PHKI tahun 2009-2011 dan Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) tahun 2014, Program Studi Teknik Industri berpengalaman untuk menyelenggarakan perkuliahan yang berkualitas. Perkuliahan dilengkapi dengan kegiatan laboratorium yang lengkap dengan internet dan wi-fi, plant visit (kunjungan pabrik), study tour, dan kuliah tamu dengan desain kurikulum yang memungkinkan mahasiswa lulus dalam 3,5 tahun. Standar program internasional juga diupayakan dengan kerjasama (Exchange Program) dengan Adamson University, Philippines.

 

Selain pendidikan formal, pengembangan diri mahasiswa juga melalui organisasi kemahasiswaan, praktek kewirausahaan dan magang di industri, penyertaan dalam Industrial Challenge, Seminar Nasional dan berbagai lomba nasional, outbond dan pembentukan team work, character building dan soft skills lainnya.

 

Apa dan di mana saja lulusan bisa berkarir?

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja diberbagai bidang pekerjaan, baik di industri manufaktur maupun industri jasa, antara lain : Wirausaha, Plant Manager, Marketing Manager, Supervisor Produksi, Sales Manager, Production Planning Control Manager, System Management and Development, Purchasing, konsultan manajemen,

Berita

Saya Widya Mandala, Saya Indonesia, Saya Pancasila

(UKWMS-5/6/2017) - Turut merayakan Pekan Pancasila yang digelar pada tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menyelenggarakan kegiatan Apel Kebangsaan pada 2 Juni 2017 dengan melibatkan segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikannya. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan, Pekan Pancasila digelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan [...]

Industrial Challenge 2016: Ajarkan Bersaing Efektif & Efisien

(UKWMS-11/11/2016) – Industrial Challenge (IC) 2016 merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Program tahunan yang melibatkan teman-teman SMA se-Nasional tersebut tahun ini kembali diselenggarakan pada tanggal 11 November 2016 di kampus UKWMS Kalijudan. Kali ini tema yang diusung IC 2016 adalah The Worth of Fight […]

Mabok Durian Bersama Delegasi Jepang dan Taiwan

(UKWMS-9/2/2017) – Tepat pada Kamis, 9 Februari 2017, sejumlah empat belas orang delegasi asal negara Jepang dan Taiwan bertandang ke Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan (TPP) di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Jurusan Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Rombongan terdiri dari delapan orang mahasiswa serta dosen asal Osaka Institute of Technology (OIT) Jepang dan [...]