industri-main

Visi

Terbentuknya Jurusan Teknik Industri yang semakin terpercaya dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan inovasi serta mampu berfikir sistemis yang dilandasi oleh nilai-nilai  Pancasila dan prinsip-prinsip Katolik.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan teknik industri yang sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan semangat cinta kasih dan pelayanan dalam berkarya.
  2. Melakukan penelitian yang berguna bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menerapkan keilmuan teknik industri untuk membantu pengembangan masyarakat dan lingkungan.

 

Profil lulusan

Lulusan program studi Teknik Industri Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya diharapkan:

  1. Mampu mengaplikasikan keilmuan Teknik Industri untuk merancang dan menganalisis sistem industri, baik untuk korporasi maupun usaha kecil dan menengah.
  2. Mampu mengidentifikasi peluang perbaikan dan memperbaiki sistem industri baik dari aspek manusia, meterial, mesin, metode kerja, modal dan informasi
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja dalam tim serta aktif memberikan kontribusi dalam lingkungan kerja.
  4. Mampu bekerja secara profesional, antusias dan komit serta bertanggung jawab terhadap setiap tugas dan pekerjaannya
  5. Mempunyai sikap peduli terhadap pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
  6. Mampu mengembangkan potensi diri secara terus-menerus baik melalui pendidikan formal, keahlian maupun non formal.

 

Apa saja yang dipelajari di Program Studi Teknik Industri?

Materi yang diajarkan diantaranya : Perencanaan dan Pengendalian Kualitas, Manajemen Persediaan dan Pergudangan, Penjadwalan Produksi, Manajemen Rantai Pasok, Marketing Research, Perancangan Sistem & Ergonomi, Perancangan Sistem Industri, Psikologi Industri, Penelitian Operasional, Sistem Produksi, dan Ekonomi Teknik.

Dengan kurikulum yang diperkaya dengan topik-topik terbaru (up-to-date) dalam Mata Kuliah Pilihan mulai semester V, antara lain: Rekayasa Kualitas, Manajemen Teknologi, Teknik Keandalan, Analisis Keputusan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Perancangan Industri Jasa, Manajemen Lingkungan, Six Sigma Philosophy, Manajemen Proyek, Manajemen Perawatan, dan ISO 9000.

Lulusan Teknik Industri juga dibekali kemampuan komunikasi dan pengelolaan sumber daya manusia dan organisasi dengan mengambil mata kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Psikologi.

Selain diselenggarakan pendidikan Reguler, mahasiswa juga dapat mengambil PROGRAM BUNDLING

PROGRAM BUNDLING
Program Bundling merupakan program yang memberikan peluang bagi mahasiswa S1 Jurusan Teknik Industri Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang memenuhi persyaratan tertentu untuk dapat mengikuti perkuliahan di Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) UKWMS peminatan
Strategic Management Accounting.

Fokus bahasan Peminatan Strategic Management Accounting adalah pengelolaan biaya dalam
industri pemanufakturan dan lainnya sehingga dapat memudahkan mahasiswa S1 TI untuk mengikuti
perkuliahan di S2 Akuntansi.

Manfaat Program Bundling :
1. Memberikan keunggulan bagi S1 Teknik Industri UKWMS, karena belum ada prodi S1 TI di perguruan tinggi lain yang mempunyai program ini.
2. Mahasiswa yang mengikuti program ini dapat memperoleh dua gelar (Sarjana Teknik dan Magister Akuntansi) dalam jangka waktu 5 tahun.
3. Penghematan biaya pendidikan di PS MAKSI (pengurangan biaya pendidikan sampai dengan Rp. 6.400.000 atau enam juta empat ratus ribu rupiah)

Kurikulum PS MAKSI Peminatan Strategic Management Accounting:

Kurikulum PS MAKSI Peminatan Strategic Management Accounting

 

Bagaimana studi di Program Studi Teknik Industri ?

Sebagai pemenang Program Hibah Kompetisi A1 tahun 2005-2006, pelaksana Program PHKI tahun 2009-2011 dan Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) tahun 2014, Program Studi Teknik Industri berpengalaman untuk menyelenggarakan perkuliahan yang berkualitas. Perkuliahan dilengkapi dengan kegiatan laboratorium yang lengkap dengan internet dan wi-fi, plant visit (kunjungan pabrik), study tour, dan kuliah tamu dengan desain kurikulum yang memungkinkan mahasiswa lulus dalam 3,5 tahun. Standar program internasional juga diupayakan dengan kerjasama (Exchange Program) dengan Universitas di luar negeri.

Selain itu semua lulusan dibekali dengan sertifikasi SAP  dan Sistem Manajemen ISO 9000:2015

SAP dan ISO 9001_2015

Selain pendidikan formal, pengembangan diri mahasiswa juga melalui organisasi kemahasiswaan, praktek kewirausahaan dan magang di industri, penyertaan dalam Industrial Challenge, Seminar Nasional dan berbagai lomba nasional, outbond dan pembentukan team work, character building dan soft skills lainnya.

 

Apa dan di mana saja lulusan bisa berkarir?

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja diberbagai bidang pekerjaan, baik di industri manufaktur maupun industri jasa, antara lain : Wirausaha, Plant Manager, Marketing Manager, Supervisor Produksi, Sales Manager, Production Planning Control Manager, System Management and Development, Purchasing, konsultan manajemen,

Berita

Edukasi Masyarakat Hasilkan Briket Sampah Organik

(UKWMS-10/7/2019) - Inovasi Briket Arang dari sampah organik yang digagas oleh tim dosen Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FT UKWMS) rupanya dilirik oleh Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya. Adalah Yuliati, S.Si., MT., Dr. Ir. Suratno Lourentius, MS., Ir. Setiyadi, MT., Ir. L.M. Hadi Santoso, MM. yang membuat inovasi Alat Pencetak [...]

Cari Kombinasi Optimal, Hasilkan Paving Berkualitas

(UKWMS 29/4/2019) Dalam membuat paving diperlukan kombinasi yang optimal untuk dapat memenuhi standar yaitu kuat tekan dan daya tahan terhadap gesekan. Optimalisasi kombinasi bahan sering kali hanya mengukur salah satu parameter yaitu kuat tekan atau daya tahan terhadap gesekan. Oleh karena itu perlu dicari kombinasi bahan baku yang optimal dengan mempertimbangkan dua respon secara bersamaan. […]

Inovasi Alat Pencetak dan Kompor Briket dari Sampah Organik

(UKWMS-8/2/2019) Teknologi tidak harus rumit apalagi mahal. Teknologi yang murah dan bermanfaat bagi masyarakat tentunya akan membawa berkah bagi kemajuan kehidupan bangsa. Inilah yang terpikir oleh Tim dosen Jurusan Teknik Industri, Teknik Elektro dan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala (FT UKWMS) sehingga tercipta rangkaian inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan memanfaatkan barang-barang [...]

Lokakarya INDOPED Kerjasama UKWMS dan UKWMM

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan INDOPED Dissemination Workshop on Innovation Pedagogy: Learning from Europe and Experiences from Indonesia yang berlangsung pada tanggal 5 Februari 2018 di Auditorium Kampus Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Jl. Manggis 15-17 Madiun. Acara yang terselenggara satu hari penuh tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 80 [...]