Mandat Sang Menteri demi Insinyur

Mandat Sang Menteri demi Insinyur

(UKWMS-26/4/2016) Kualitas telah berbuah kepercayaan. The fruit of quality is trust. Ungkapan ini pantas diberikan kepada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.  Hal ini terkait dengan kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).  Sebab pada tanggal 13 April 2016 yang lalu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah mengundang Ketua Yayasan Widya Mandala dan Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya ke Jakarta untuk menerima Surat No.679/CCH/KL/2016 perihal Penugasan Universitas  Katolik Widya Mandala Surabaya untuk mendirikan Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI). PS PPI tersebut harus mulai beroperasi pada bulan Agustus 2016 atau tahun akademik 2016/2017. Undangan itu dihadiri langsung oleh Dr. Kuncoro Foe, selaku Rektor UKWMS, sedangkan Ketua Yayasan tidak bisa menghadiri secara langsung karena bertepatan dengan acara lain yang tidak dapat ditinggalkan.

“Mandat  penugasan ini bukanlah sembarangan. Begitu banyak perguruan tinggi yang berminat mendirikan PS PPI meski tidak ditugaskan”, ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir. Dalam sambutannya saat penyerahan Surat Penugasan, ia menjelaskan bahwa Perguruan Tinggi yang dipilih untuk mendirikan Program Studi Program Profesi Insinyur adalah perguruan tinggi yang termasuk 150 perguruan tinggi berkualitas teratas di Indonesia. Dari 150 PT tersebut diseleksi lagi sehingga menghasilkan 40 PT dimana salah satu yang terpilih adalah Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Masyarakat umum mungkin masih awam dengan PS PPI. Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI) adalah Program Studi yang diperuntukkan bagi para Sarjana Teknik yang ingin menjadi seorang profesional dibidang keteknikan baik untuk bekerja sebagai dosen maupun bekerja di dunia industri. Mereka yang kelak lulus dari program studi ini akan mendapat gelar Insinyur (Ir) yang diletakkan di depan namanya. Sebagai contoh : Fransiskus Gunawan yang lulus sarjana teknik dan lulus program profesi insinyur akan bergelar: Ir. Fransiskus Gunawan, ST. Program Profesi Insinyur setara dengan program Profesi dalam bidang kesehatan atau profesi lainnya yang telah lebih dulu berkembang, misalnya dokter, apoteker, akuntan, dan lain-lain. Masa pendidikan PSPPI kurang lebih selama satu sampai dua semester atau satu tahun.

PS PPI merupakan jawaban pemerintah dan dunia pendidikan Indonesia atas terbitnya Undang-Undang Nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Menurut  UU 11/2014 pasal 10 ayat (2): Setiap insinyur yang akan melakukan praktik Keinsinyuran di Indonesia harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI). Lalu untuk mendapatkan STRI mereka harus lulus sarjana teknik dan lulus program profesi insinyur.

Proficiat untuk sivitas akademika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Semoga kepercayaan ini mampu dijawab oleh para insinyur lulusan Program Studi PPI Universitas Katolik Widya Mandala dengan mampu bersaing tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia internasional. Tuhan memberkati kita semua. (Rasional Sitepu/Red)