Pustakawan Se-APTIK Perlu Terobosan

Pustakawan Se-APTIK Perlu Terobosan

DSC_0406UKWMS-25/7/2017 – Untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam mengoptimalkan pelayanan di perpustakan universitas, sebanyak 20 peserta Pelatihan JPA (Jaringan Perpustakaan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik) dibekali pelatihan membangun repositori institusi menggunakan perangkat lunak E-prints. Diikuti oleh perwakilan perpustakaan se-APTIK diantaranya pustakawan, pengelola perpustakaan, staff IT, pelatihan ini diadakan di Laboratorium Komputer Fakultas Bisnis (FB) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), terhitung Senin – Selasa , 23 – 24 Juli 2017.

MembukDSC_0414a acara pelatihan hadir Wakil Rektor I UKWMS, Drs. Harto Pramono, Ph.D., kemudian dilanjutkan pelatihan hari pertama oleh Yanuarius J. Nugroho S. Si dari Universitas Katolik Sanata Dharma Yogyakarta mengenai ‘Instalasi E-Prints’. Sedangkan pemateri  hari kedua oleh Vincentius Widya Iswara SS. M.A. dari UKWMS mengenai bagaimana mengelola E-Prints misalnya cara customize halaman E-prints, serta hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan.

 

Josefine Hira Eksi, S.Sos, yang akrab disapa Hira menyatakan, “perpustakaan UKWMS bersama dengan Jaringan Perpustakaan APTIK selaku penanggungjawab pelatihan ini mempunyai tanggung jawab yang sama untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan dan pengembangan program perpustakaan bagi pustakawan,” ujarnya. Hira pun menambahkan, “posisi perpustakaan era kini adalah sebagai sumber belajar utama dan referensi bagi pengguna perpustakaan baik mahasiswa maupun akademisi. Karena itu, dibutuhkan terobosan dengan melakukan otomasi perpustakaan, guna meningkatkan layanan serta kemudahan dalam penyimpanan dan temu kembali informasi serta melestarikan hasil kekayaan intelektual karya civitas akademika,” jelas Hira.

Repositori sendiri merupakan suatu wadah untuk konten lokal sebuah institusi. Melalui repositori, penyebaran ilmu dan informasi akan lebih mudah dijangkau untuk kalangan masyarakat. Berbeda dengan E-Prints yakni perangkat lunak open source yang dikembangkan oleh School of Electronics and Computer Science, University of Southampton, England, United Kingdom. Aplikasi ini berbasis web yang digunakan untuk membangun sebuah repositori, karena itu membutuhkan aplikasi pendukung utama seperti Apache, MySQL, Perl dan mod_perl. E-Prints pertama kali dirilis pada tahun 2000 dengan versi 1.0 yang disponsori oleh CogPrints dan didukung oleh OAI 0.2, namun sekarang didukung oleh Komite Bersama Sistem Informasi (JISC), sebagai bagian dari open citation project oleh NSF. Untuk itu pelatihan ini memiliki tujuan untuk membantu perpustakaan yang tergabung dalam jaringan perpustakaan APTIK dalam mendirikan dan mengembangkan repository. (Pram/red)