Wisudawan Berprestasi

Wisudawan Berprestasi

(UKWMS 26/4/2019) Mempelajari teknik elektro di Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FT UKWMS) selama empat tahun di bangku perkuliahan, menggugah niat Fatoni untuk bisa mengaplikasikannya bagi masyarakat. Kondisi yang menjadi fokusnya adalah orang dengan lemah otot lengan. Lemah otot lengan adalah kondisi yang terjadi ketika lemahnya kinerja sinyal biolistrik otot-otot yang berada pada lengan yang disebabkan oleh adanya plexus brachialis injury. “Keistimewaannya dibanding alat-alat yang sudah ada sebelumnya adalah alat ini lebih sederhana dan fleksibel dengan harapan bisa digunakan di segala tempat dan dibawa kemana-mana. Serta fokus utama dapat membantu lengan subyek yang terkena lemah otot untuk bergerak, dengan mengandalkan motor servo sebagai penggerak siku lengannya,” papar Fatoni.

Ada pula karya unggulan lainnya karya Christina Amelia Hendrawan dan Celine Christina Handoko, mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Keduanya mengolah sayur bayam menjadi bubuk untuk selanjutnya menghasilkan chips (keripik) bayam. “Tujuan dari pembuatan bubuk bayam ini adalah agar untuk memperpanjang umur simpan, mempertahankan warna snack yang dihasilkan menjadi lebih stabil, serta dapat memaksimalkan jumlah bayam yang digunakan untuk membuat snack bisa lebih banyak, sehingga kandungan zat besi pada snack bayam bisa menjadi lebih tinggi,” terang Amel. Pada penelitian keduanya terdapat perbedaan, yakni adanya penambahan Isolat Protein Kedelai pada penelitian Amel yang salah satunya berguna untuk meningkatkan kerenyahan.

Selain dua karya ilmiah di atas, masih ada sejumlah karya ilmiah lain dari Wisudawan dengan predikat Mahasiswa Prestasi Akademik Terbaik dan Mahasiswa Aktif Berprestasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 yang dipertunjukkan maupun diperagakan pada kesempatan konferensi pers wisudawan berprestasi. Karya-karya tersebut antara lain Ekstrak Kulit Jeruk Purut yang mengandung senyawa fenolik dan kaya manfaat; Formulasikan Paving Block yang dapat membantu industri kecil bersaing; dan adapula Program Studi Program Profesi Insinyur yang telah meluluskan angkatan pertamanya. Bertujuan agar manfaat dari karya-karya ilmiah tersebut dapat disebarluaskan kepada masyarakat luas, konferensi pers pun diadakan pada hari Jumat, 26 April 2019 di Ruang Rektorat Kampus Dinoyo UKWMS.

Pada upacara wisuda semester gasal kali ini dikukuhkan 569 Wisudawan. Mereka terdiri dari Pasca Sarjana 15 Wisudawan, Program Profesi Insinyur (Ir) 6 Wisudawan, Strata Satu (S1) 536 Wisudawan, Diploma Tiga (D3) 12 Wisudawan. Upacara Wisuda ini juga akan memberikan penghargaan kepada Mahasiswa Berprestasi Akademik Terbaik sebanyak 20 Wisudawan dan Mahasiswa dengan predikat Aktif Berprestasi sebanyak 8 Wisudawan.