Mahasiswa Merayakan Kemerdekaan Indonesia

Merah Putih Dikibarkan Mahasiswa Merayakan Kemerdekaan Indonesia

(UKWMS – 16/8/2024) Merayakan kemerdekaan Indonesia adalah momen yang sangat istimewa bagi setiap warga negara. Terutama bagi golongan pelajar termasuk mahasiswa. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia dengan semangat yang tinggi dan bermakna.

1. Mengikuti Upacara Bendera

Upacara bendera adalah tradisi yang sangat penting dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Mahasiswa dapat mengikuti upacara ini di kampus atau di lingkungan sekitar. Upacara ini membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kemerdekaan dan membangkitkan semangat patriotisme.

2. Mengadakan Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial seperti kerja bakti dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. Bentuknya bisa berupa pemberian sembako, membersihkan lingkungan, atau mengajar anak-anak jalanan. Kegiatan sosial ini tidak hanya membawa dampak positif bagi masyarakat. Bakti sosiali juga meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab sosial mahasiswa.

3. Mengunjungi Tempat Bersejarah

Mengunjungi tempat bersejarah seperti museum atau monumen kemerdekaan dapat membantu memahami perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Ini juga merupakan cara yang kreatif untuk merayakan kemerdekaan, yakni dengan mempelajari sejarah.

4. Mengikuti Lomba Kreatif Bertema Kemerdekaan

Selain lomba karya tulis, membuat tulisan opini, kritik, penelitian, ataupun refleksi kemerdekaan, mahasiswa bisa berpartisipasi dalam lomba kreatif. Termasuk lomba bertema kemerdekaan seperti kontes dekorasi rumah, pentas seni ataupun membuat karya seni digital. Ini dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk merayakan kemerdekaan. Lomba-lomba ini membantu meningkatkan kreativitas dan semangat patriotisme mahasiswa.

5. Belajar dengan Giat

Belajar dengan giat adalah salah satu cara untuk mengisi kemerdekaan. Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, mahasiswa dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Merayakan Kemerdekaan Indonesia dalam Berbagai Bentuk

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan di atas, mahasiswa dapat merayakan kemerdekaan Indonesia dengan semangat yang tinggi dan bermakna. Merayakan kemerdekaan bukan hanya tentang berpartisipasi dalam upacara. Melainkan juga tentang meningkatkan kesadaran dan berkontribusi pada kemajuan bangsa. 

Semoga semangat non scholae sed vitae discimus dapat membawa civitas UKWMS turut merayakan kemerdekaan Indonesia dengan baik. Mari tunjukkan, selain termasuk dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia, masih ada banyak prestasi yang bisa kita capai untuk harumkan nama bangsa. (VW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penyerahan anggota alumni baru UKWMS oleh Rektor (Kiri) kepada Ketua Ikatan Alumni Marselinus Jeramun S.E

Wisuda UKWMS: Langkah Awal Menuju Masa Depan

(UKWMS – 28/9/2024) – Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) sukses menggelar upacara wisuda semester genap tahun akademik 2023/2024. Upacara digelar pada Sabtu (28/9), di

Para wisudawan berprestasi dan Rektor UKWMS berfoto bersama sekaligus menutup rangkaian acara press conference Wisudawan Berprestasi

Mengejar Beasiswa; UKWMS Cerdaskan Bangsa

(UKWMS – 27/9/2024) – Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), kembali gelar Upacara Wisuda Semester Genap 2023/2024. Pada kesempatan ini, beberapa wisudawan UKWMS berhasil menuntaskan