Ungkap Faktor Penting Penyebab Customer Loyalty

(UKWMS-3/2/2017) Citra perusahaan terdiri dari dua komponen utama; pertama adalah fungsional seperti karakteristik nyata yang dapat diukur dan dievaluasi dengan mudah. Kedua adalah emosional seperti perasaan memiliki, sikap dan keyakinan seseorang terhadap organisasi. A.J. Jan Wellyan, S.E. M.Si, membuktikan sendiri bahwa citra perusahaan atau corporate image  berpengaruh besar terhadap kesetiaan konsumen serta kepercayaan konsumen PT. Garuda Indonesia. Temuan ini dikukuhkannya pada Ujian Terbuka Doktor Ilmu Manajemen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Sabtu 21 Januari 2016.

Jan yang juga merupakan dosen tetap di Fakultas Bisnis UKWMS ini memilih perusahaan penerbangan sebagai obyek penelitiannya karena menurutnya perusahaan ini memiliki resiko yang sangat besar. Berbagai pemberitaan kurang sedap kerap menghiasi nama perusahaan penerbangan. Namun, ia percaya bahwa perusahaan yang ia pilih yakni PT. Garuda Indonesia memiliki corporate image yang terpercaya, karena Garuda Airlines telah bergabung dengan jajaran maskapai penerbangan luar negeri terbaik tingkat dunia sehingga pelayanannya dijamin yang terbaik. “Memang, saya tidak meneliti kepada penumpang yang merupakan member Garuda Airlines, saya memilih responden berdasarkan orang yang telah naik Garuda selama tiga kali. Dengan begitu saya bisa melihat apakah dia akan kembali memilih Garuda sebagai pilihannya, saat ia melihat fasilitas yang diberikan Garuda,” jelas Jan.

Ia juga mencontohkan pengaruh dari corporate image terhadap kesetiaan konsumen dari UKWMS. “Setelah mendapat predikat Akreditasi A, tentu saja citra UKWMS baik di masyarakat maupun calon mahasiswa menjadi meningkat, sehingga kesetiaan mahasiswa, dan segenap sivitas akan meningkat, orang yang akan mendaftarkan anaknya pun juga akan merasa bangga,” ujar Jan. Sebanyak sembilan pertanyaan dilontarkan oleh para penguji. Jan akhirnya dinyatakan lulus dengan predikat nilai sangat memuaskan, dan menjadi doktor yang ke-19 di Program Doktor Ilmu Manajemen UKWMS. Melengkapi hari kebahagiaannya, dirayakan pula oleh beberapa panitia yaitu Ulang Tahun Jan yang ke-45. Ia mengaku sangat senang, terutama dengan kedatangan Ibu, dan keluarga terdekatnya. (hra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Para peserta CED 2025 berfoto bersama dalam kunjungannya ke Gereja Sakramen Mahakudus Pagesangan Surabaya (dok. CED 2025)

Kolaborasi Tiga Universitas dalam CED 2025

(UKWMS – 31/7/2025) – Memiliki nilai keutamaan Peduli, Komit, Antusias (PeKA), Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) senantiasa berkontribusi bagi masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan

Ragam Makna Kuliner Indonesia

(UKWMS – 30/7/2025) – Kekayaan ragam pangan di Indonesia begitu beragam. Hampir setiap daerah di Nusantara ini memiliki makanan khas dan bahan-bahan, yang mana mengandung

Zakaria Executive Chef Grand Mercure Surabaya Grand Mirama (tengah) sebagai narasumber Special Course Culinary Delicacy FTP UKWMS (dok. PKP UKWMS)

Beda Tangan Beda Rasa

(UKWMS – 24/7/2025) – Semasa liburan semester, Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan tetap ramai melalui program Special Course Culinary Delicacy milik Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik