Asah Kemampuan Perencanaan Pabrik Lewat Industrial Challenge 2023

Para Juara Industrial Challenge berfoto bersama usai pengumuman pemenang bersama dewan juri dan ketua pelaksana acara

(UKWMS – 12/12/2023) Industrial Challenge 2023 adalah acara yang diadakan Program Studi Teknik Industri bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri (HMPSTI). Merupakan acara lomba tingkat nasional yang terdiri dari Karya Tulis Ilmiah, Rally Games, hingga babak final. Lomba ini membuat siswa mengasah kemampuan untuk perancangan pabrik.

Tema Industrial Challenge kali ini adalah “Factory Layout Planning Contest: Optimization Space and Result (FLAPMARS)”. Peserta yang hadir datang dari berbagai SMA dan SMK se-Jawa Timur. 

Sementara itu, tema Karya Tulis Ilmiah (KTI) kali ini ialah “Industri 4.0”, sedangkan Rally Games ada versi akademis dan non akademis. “Jadi, kalau dilihat dari babak final, kan ada lahan-lahan juga mesin-mesin. Ini awalnya peserta diminta untuk membuat produk yang bisa dijual ke QC. Jika berhasil, mereka akan mendapatkan uang yang bisa dipakai membeli lahan. Di lahan yang terbeli, di letakkanlah mesin-mesin. Mesin-mesin itu ditata sesuai dengan lahan yang telah disediakan” papar Jesica Kusuma Wardani, Ketua Pelaksana Industrial Challenge 2023. 

Pelaksanaan acara IC 2023 sendiri diawali dengan pertemuan teknis. Sebelum itu, sudah diumumkan bahwa pengumpulan KTI bisa dilakukan setelah pertemuan. Oleh sebab itu, acara hari pertama langsung diisi dengan rally games. Terkait rally games non akademis, permainannya bernama ‘tapak kuda’, ‘build the castle’, ‘build the storage’, lalu  ‘fill the storage’. Kemudian untuk yang akademis, pertama ada ‘pengantar teknik industri’. Kedua ada ‘linear programming’, ketiga adalah ‘kuis industri, disusul dengan ‘vogel’.

KTI & Rally Games menjadi fase penentuan bagi tim mana saja yang bisa maju ke babak final. Hasil KTI dinilai 20%, sedangkan Rally Games menjadi 80% penilaian untuk penentuan lolos tidaknya. “Awalnya ada 33 tim, yang bertanding di final ada 15 tim termasuk tim kita yang lolos. Acaranya seru banget! Lombanya menarik, dan jarang ada di jurusan Teknik Industri yang lain,” ujar Jasmine Vanessa, peserta dari SMA Kristen Petra 1. 

Tim yang berlaga di final, harus melakukan presentasi di depan para juri. Seluruh juri berasal dari kalangan dosen internal Jurusan Teknik Industri. Mereka adalah Ir. Julius Mulyono, ST., MT., CIOMP., IPM., ASEAN Eng. dan Dr. Ir. Ignatius Jaka Mulyana, STP., MT., CIOMP., IPM., ASEAN Eng. Setelah presentasi selesai, dilakukan pengumuman pemenang yang telah ditunggu oleh para peserta. 

Juara I diraih oleh tim Equilateral dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo, Juara II  diraih oleh tim Falcon dari SMAK St. Louis 1 Surabaya dan Juara III diraih oleh tim Do The Best dari SMK Kristen Harapan Sejati. (VW/Red1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang