Hari Konservasi Energi Nasional

Ilustrasi-Hari-Konservasi-Energi-Nasional_sumber-Depositphotos.jpg

(UKWMS – 14/12/2023) Hari Konservasi Energi Nasional (HKEN) diperingati setiap tanggal 14 Desember di Indonesia. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi energi dan mengajak masyarakat untuk mengambil tindakan nyata dalam menghemat energi. Pemerintah Indonesia juga telah melaksanakan program Konservasi Energi Goes to Campus untuk mengenalkan konservasi energi kepada mahasiswa.

Bila di India, Hari Konservasi Energi Nasional juga diperingati pada tanggal 14 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini dimulai pada tahun 1991 dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi energi dan mengurangi penggunaan energi fosil.

Demi niatan yang sama, Kementerian ESDM Indonesia telah melakukan berbagai upaya meningkatkan konservasi energi. Antara lain seperti memperkenalkan Alat Penyalur Daya Listrik (APDAL) dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS).

Konservasi Energi di Rumah Sendiri

Selain itu, di kampus kita sendiri, pada Senin (6/11), FT UKWMS mengadakan kegiatan edukasi dan praktik energi baru terbarukan. Acara ini dihadiri oleh SMPK Dharma Mulya dan SMAK St Stanislaus. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung mengenai energi baru terbarukan kepada para siswa.

Dalam rangka memperingati HKEN, masyarakat dapat melakukan berbagai tindakan untuk menghemat energi, seperti mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan, menggunakan lampu hemat energi, menggunakan kendaraan ramah lingkungan, dan mengurangi penggunaan air panas.

Dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut, masyarakat dapat membantu mengurangi penggunaan energi fosil dan menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. Sebagai warga dari jajaran universitas swasta terbaik di Jawa Timur, mari dimulai dari rumah sendiri. (VW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang