Peringatan Hari Obesitas Sedunia

Ilustrasi-Peringatan-Hari-Obesitas-Sedunia_sumber-PxHere.png

(UKWMS – 4/03/2024) Peringatan Hari Obesitas Sedunia merupakan hari penting yang diperingati setiap tanggal 4 Maret. Sejarahnya dimulai dengan beberapa dekade terakhir, di mana di seluruh dunia, berbagai hari yang diperingati sebagai kesadaran obesitas telah diadakan. 

Salah satu yang pertama kali adalah Hari Obesitas Eropa pada tahun 2010. Demi meningkatkan kesadaran lebih lanjut, Federasi Obesitas Dunia meluncurkan World Obesity Day atau Hari Obesitas Sedunia pada tahun 2015. Tanggal 4 Maret dipilih dan ditetapkan sebagai peringatan Hari Obesitas Sedunia.

Tema Hari Obesitas Sedunia tahun 2023 adalah “Changing Perspectives: Let’s Talk About Obesity”. Tema ini bertujuan untuk mengubah perspektif dan membincarakan tentang obesitas. Lalu tema Hari Obesitas Sedunia 2024 adalah “Let’s Talk About Obesity And…” yang artinya “Mari Kita Bicarakan Obesitas Dan…“. 

Ada berbagai cara untuk turut serta dalam Peringatan Hari Obesitas Sedunia, antara lain:

  – Mengedukasi diri dan masyarakat tentang masalah obesitas dan kesalahpahaman terkait obesitas.

  – Menjaga diri untuk menghindari dari masalah obesitas dengan pola hidup dan pola makan yang baik.

  – Mengedepankan suara orang-orang dengan pengalaman hidup terkait obesitas dan bertindak untuk meningkatkan pemahaman, pencegahan, dan pengobatan obesitas..

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang kian mengkhawatirkan di Indonesia. Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Padjadjaran, Gaga Irawan Nugraha, mengatakan 1 dari 5 orang Indonesia terkena obesitas. Tidak hanya di Indonesia, obesitas ini telah menjadi masalah global.

Sebagai universitas swasta terbaik di Surabaya, UKWMS sangat peduli akan hal ini. Satu dari beberapa caranya adalah dengan mengadakan dan mendukung penelitian terkait obesitas. Keluaran dari penelitian – penelitian tersebut bisa berupa banyak hal, salah satunya adalah suplemen kesehatan.

Maka dari itu, Andre Wijaya mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) berinovasi dengan bahan green coffee dalam sediaan granul effervescent dengan nama Rønfé. Granul effervescent yang merupakan produk minuman kesehatan berupa serbuk kasar atau granul yang dikemas dalam bentuk sachet. (VW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AnanyaGrover_Kampanye-untuk-kepositifan-menstruasi-di-TED-Talk_Hari-Aksi-Kesehatan-Perempuan-Internasional_Creator-Ryan-Lash

Aksi Kesehatan Perempuan Internasional

(UKWMS – 28/05/2024) Hari Aksi Kesehatan Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan

UKWMS Menuju Kampus Inklusi Disabilitas

(UKWMS – 20/05/2024) Sosialisasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Menuju Kampus Inklusi Disabilitas diselenggarakan pada Rabu (15/5) kemarin. Acara ini diadakan dalam rangka inisiasi pembentukan

Tiada Batas untuk Peradaban Kasih

(UKWMS – 15/5/2024) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (LPPM UKWMS), kembali gelar acara tahunan, Gelar Karya. Tema yang