Serba Serbi Februari

Ilustrasi-Patung-Numa-Pompilius-untuk-Serba-Serbi-Februari_-sumber-PICRYL.jpg

(UKWMS – 6/2/2024) Bulan Februari memiliki sejarah yang panjang dan keunikan yang membuatnya penting dalam penanggalan.  Berikut, mari kita simak bersama aneka informasi serba serbi bulan Februari.

Awalnya, bulan Februari terdiri dari 28 hari serta berakar dari kalender Romawi kuno. Rupanya ini ditetapkan pada masa pemerintahan Raja Romawi ke dua, Numa Pompilius. Masyarakat Romawi di masa itu, menganggap angka genap sebagai angka sial. Jadi, cukup ketika, Numa memutuskan untuk membuat bulan Februari terdiri dari 28 hari.

Bisa jadi, ini dilakukan dalam rangka menghormati orang meninggal. Terlihat dari dialek suku Sabine kuno, yang mana kata “februare” berarti “menyucikan”. Sehingga masuk akal bila Februari dipilih sebagai bulan dengan jumlah angka genap, karena bangsa Romawi melakukan ritual penyucian.

Serba serbi Februari berikutnya, berkaitan dengan jumlah harinya yang bisa berubah-ubah. Itulah keunikan bulan Februari, karena adanya konsep tahun kabisat. Demi menyelaraskan penanggalan dengan pergerakan matahari, satu hari ditambahkan ke bulan Februari setiap empat tahun.

Hal ini menjadikan Februari memiliki 29 hari pada tahun kabisat. Sebagaimana yang terjadi pada tahun 2024. Konsep tahun kabisat ini diperkenalkan oleh Julius Caesar dalam Kalender Julian pada tahun 45 SM.

Selain dari segi penanggalan, bulan Februari juga menjadi saksi dari berbagai peristiwa bersejarah di dunia. Termasuk peristiwa-peristiwa penting seperti perang, penaklukan kota, dan perubahan kekuasaan. Demikianlah pentingnya bulan Februari dalam catatan sejarah manusia.

Wahai para pembaca dan civitas at warga kampus unggulan Jawa Timur, sepenting apa Februari bagimu? (VW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia agar memberikan keadilan secara kemanusiaan bagi para korban kejahatan dan perang.

Mendukung Hari Keadilan Sedunia

(UKWMS – 17/07/2024) Hari Keadilan Sedunia diperingati setiap tanggal 17 Juli. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya sistem pengadilan di dunia. Terutama dalam rangka mendukung

UKWMS Open Hiring

(UKWMS – 3/7/2024) – Pusat Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (P3SDM UKWMS), adakan Open Hiring. Pada kesempatan ini, UKWMS